Penyebab kapasitas oli mesin cepat habis

Oli merupakan salah satu komponen pada mesin motor yang sangat penting, selain sebagai pelumas mesin, oli juga berfungsi sebagai pendingin dari gesekan yang terjadi di dalam mesin, dan oli juga bertugas sebagai pelindung celah antara satu komponen dengan komponen lain untuk mereduksi gesekan antar komponen mesin.

Terkadang saat memeriksa oli mesin motor anda cepat habis dan berkurang secara tiba-tiba. Padahal anda tidak lama baru menggantinya. Apabila itu terjadi pastilah ada penyebabnya. Berikut adalah beberapa penjelasan mengapa oli mesin bisa berkurang atau habis.


1. Seal klep bocor

Penyebab oli mesin cepat habis dan berkurang yang jarang di sadari ialah kebocoran pada seal klep. Letak seal klep ini berada di bagian kop buring, part ini terbuat dari karet, jadi seal klep ini memiliki usia seiring berjalan nya waktu akan mengeras dan memicu ke ausan pada komponen ini. Keausan ini akan menyebabkan oli cepat berkurang. Tanda nya mengetahui seal klep rembes pada saat stater dalam kondisi mesin dingin knalpot akan mengeluarkan asap putih.
Solusinya jika seal klep bocor :
Lakukan pembongkaran pada kop buring, dan ganti seal klep nya dengan yang baru, jangan lupa lakukan juga sekur klep agar lebih makimal.

2. Mesin bocor

Penyebab oli berkurang juga bisa di sebabkan kebocoran pada packing blok mesin dan juga seal seal yang terdapat pada mesin, misal nya, oring klep, seal kick stater, seal perseneleng dan seal gear rantai depan. Apabila ini terjadi biasanya kebocoran terlihan dengan kasat mata.
Solusinya:
Ganti oring atau seal seal yang bocor dengan yang baru, maka semua akan normal kembali.

3. Piston aus.

Penyebab oli cepat habis yang selanjutnya adalah piston aus/ring piston lengket. Hal ini akan menyebabkan oli mesin yang berada pada cylinder tidak tersapu bersih oleh ring piston, sehingga oli tadi ikut terbakar dan akan membuat oli mesin cepat habis dalam waktu yang cepat. Biasanya jika ini terjadi knalpot akan mengeluarkan asap putih. Dan busi juga basah oleh oli.
Solusinya jika piston aus:
Lakukan pembongkaran pada mesin bagian atas (kop buring-cylinder) dan ganti piston baru deng over size di atasnya.

3. Oli mesin motor menguap.

Oli mesin pada dasarnya berbentuk cairan dan mudah menguap apabila terkena panas. Biasanya oli menguap karena sering terjebak kemacetan maka suhu pada mesin akan tinggi. Hal inilah yang menyebabkan penguapan pada oli.

Solusinya :
Lakukan pergantian atau pengecekan oli secara berkala jika anda sering mengalami kemacetan.

Itukah beberapa penyebab oli mesin motor cepat habis. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments