Penyebab Jupiter saat Gigi 3 ada bunyi dengung

Hello bro, gimana kabarnya neh.. gimana puasa kalian, lancar dong ya.. hehe tak terasa puasa udah lewat setengah saja ini. Semoga bagi yang menjalankan puasa di beri kemudahan dan kelancaran ya.


Ok pada kali ini saya akan berbagi pengalaman trouble yang hampir sering terjadi di motor yamaha jupiter.

Apa tuh penyakitnya?

Penyakit yang sering di mesin yamaha jupiter yaitu dengung saat di buat jalan, dan dengung nya rata-rata saat kondisi gigi persneleng di posisi 3.


Nah ternyata setelah di bongkar mesin, terlihat di gigi rasio pasangan gigi 3 terjadi ke ausan, maka menyebabkan suara dengung nangis.


Kondisi rasio yamaha jupiter saat di bongkar.



Terlihat sangat jelas keausan yang terjadi di rasio nya. Karena ini termasuk penyakit yang umum di jupiter, ada yang bilang keausan di sebabkan ukuran gigi yng hampir sama.


Untuk mengatasinya ya kita harus menggati part gigi yang aus tersebut, intinya yang aus kita ganti saja, karena posisinya di tengah, masa iya kita mau ambil resiko bongkar ulang, kan sangat merepotkan 😂.


Baca juga:


Namun rata-rata keausan terjadi hanya pada pasangan gigi tiga seperti di gambar di atas.


Saya beberapa kali menemui kasus ini dan di atasi dengan menggati part bekasan satu set, tapi tentunya kondisi part penggantinya masih sangat layak pakai ya bro. Jadi tetap aman sulaiman.


Munkin itu aja sih sharing pengalaman kali ini, 

Semoga bermanfaat dan terimakasih



Comments