Akibat One way Kopling Ganda Jupiter Pecah

 Selamat malam bro,.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang kerusakan pada mesin jupiter z.

Ya bisa di katakan kasus ini juga sering terjadi di keluarga bebek Yamaha lain, misalnya: vega lama, vega new, jupiter z, jupiter robot, vega zr, pokoknya itulah.

Lalu apa saja efek yang di timbulkan ketika one way yang terdapat di kopling ganda ini rusak?

Berikut adalah beberapa akibat one way rusak:



1. Jika kerusakan belum terlalu parah, biasanya saat di stater terkadang terjadi los, atau tidak nyantol. Jadi saat kita selah menggunakan kick stater bagian gear di dalam tidak bergerak.

2. Yang kedua, ada juga yang saat kita injak persneleng untuk mengubah posisi Gigi terasa susah, walaupun kadang juga bisa, namun sering susah di oper posisi gigi persneleng nya.

3. Terparah yang saya temui biasanya tidak dapat membebaskan kopling, jadi gini.. Seperti motor sport jika tidak kita tarik handel kopling maka akan langsung jalan motornya, tetapi biasanya akan langsung mati sih. 
Walaupun agak susah, dalam kondisi ini motor masih bisa di buat jalan, caranya saat kita oper gigi jangan di lepas dulu, harus kita tekan dulu, lalu lepaskan secara pelan-pelan.

Munkin jika ada akibat yang anda temui dan belum saya tulis, silahkan tambahkan di kolom komentar.
Baca juga:

Cara mengatasi one way kopling error.

Sebenarnya untuk mengatasi trouble ini cukup mudah dan murah, karena kita tinggal mengganti saja part one way kopling nya dengan yang baru, maka semua akan kembali normal.

Harga one way pun cukup murah, biasanya saya mengganti dengan merk MPM (karena ada nya stock di toko terdekat hanya itu) harganya kisaran ± Rp 25.000,00

Namun agak ribet nya kita harus membongkar mesin bagian kanan, jadi jika anda tidak berani membongkar, lebih baik bagi-bagi rezeki kepada bengkel terdekat 😄.

Naah itulah sedikit sharing saya tentang trouble mesin pada motor jupiter z.

Semoga bermanfaat,
Dan terimakasih.

Comments

  1. motor smash saya
    gas tdk stabil naik sendiri.. dan knalpot ngobos.
    mohon solusinya terimakasih...

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.