Awass!! Inilah penyebab Oli gardan berubah warna putih



Di motor matic terdapat gearbox / gardan yang berfungsi sebagai penerus putaran dari mesin / kruk as ke bagian CVT dan di lanjutkan oleh sistem gearbox sebelum tenaga sampai ke roda belakang.

Di blok gearbox ini terdapat oli nya yang harus di lakukan pergantian secara periodik, jika menurut catatan buku servis milik AHM mereka mematok pergantian oli gearbox / gandan ini di kisaran 8000KM.

Tetapi saya sendiri sering bilang ke konsumen untuk menggantinya jika dua kali ganti oli mesin maka oli gardan harus di ganti satu kali.

Walaupun oli gardan yang terdapat di gearbox ini jarang sekali atau bahkan munkin tidak bisa berubah warna menjadi hitam, alasan nya di sana tidak terdapat ruang pembakaran seperti di mesin, jadi oli tidak akan berubah warna hitam.

Lalu kenapa saat oli gardan di tapi malah berubah warna menjadi putih?

Jika oli anda seperti itu silangkan periksa selang pernapasan yang terdapat di bawah box filter, biasanya selang rusak, lihat gambar berikut.


Untuk mengatasinya bisa anda potong bagian selang yang pecah. Atau langsung ganti saja lur. Harganya juga murah kok.

Kadang yang terjadi juga selang tidak sesuai tempatnya, yaitu seharusnya masuk ke box filter.

Dan bila motor anda habis di paksa melewati banjir segeralah periksa kondisi oli nya, di khawatirkan oli tercampur dengan air akan bisa merusak mesin.


Akhirnya cukup sampai di sini, semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Comments