Efek melewati banjir saat mengendarai motor



Selamat malam sedulur, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam kebaikan.

Ok pada kali ini kum3n.com akan menulis artikel tentang efek mengendarai motor saat terjang banjir.


Karena saat ini lagi musim berkembang biak, eeeh musim hujan maksud saya 😂, dan banyak terjadi banjir di mana-mana lur.

Baca juga:
Oli habis tetapi tidak berasap

Saran saya sih saat anda bepergian dan menemui banjir dan kira-kira motor yang di kendarai tidak mampu (tinggi air setengah daru tinggi motor) lebih baik jangan di terjang, karena akibat motor teredam/mogor karena banjir sangat fatal lur.

Munkin akan lebih baik anda matikan mesin dan jalan pelan-pelan sekalian main air juga hehe.

Nah di sini saya akan memberi tahu anda beberapa efek akibat motor mogok teredam banjir yang pernah saya temui di bengkel.

Beberapa efek akibat terjang banjir.

∆. Efek yang pertama minimal motor anda mogok saat terkena air. Penyebab mogok ini biasanya cup busi anda bocor.

∆. Oli tercampur dengan air. Efek ini biasanya di akibatkan karena anda terjang banjir dengan kecepatan yang tidak setabil atau dengan menggeber-geber gas. Akibat nya air masuk dari lobang knalpot dan masuk lagi ke ruang bakar. Bisa juga air masuk dari lobang-lobang filter udara. Jadi jika anda habis terjang banjir lebih baik di periksa kondisi oli, untuk motor matic jangan lupa periksa oli gardan nya sekalian.


∆. Efek yang selanjutnya ini yang terparah. Batang piston (stang seher) bengkong. Lihat penampakan gambar di atas. Itu adalah salah satu contoh akibat mengendarai motor matic terendam banjir.

Kenapa bisa sampai seperti itu? Kejadian nya bisa di sebut water hammer, berawal dari air masuk ke lubang kenalpot dan ruang bakar. Biasanya motor akan mogok dan fatal nya anda paksa menghidupkan motor padahal kondisi ruang bakar terdapat air. Diiiiiaaarr stang seher bengkong.

Bisa juga anda mengendarai motor di saat banjir lalu menurun kan gas dan kemudian menghentakkan gas/therotle dengan kencang, padahal pada saat anda menurunkan gas air masuk ke lubang knalpot/ruang bakar. Ambyar dah mesin motor nya. 😭

Untuk efek lain saya juga pernah membahasnya di post tips mengendarai motor saat kondisi hujan/banjir.
bagi motor injeksi yang kotak sekringnya berada di bawah juga hati-hati jika banjir nya air asin, atau akan kropos kabel-kabel nya seperti artikel kabel kotak sekring beat fi

Naah itulah beberapa akibat kita terjang banjir saat mengendarai motor. Selalu hati-hati ya sedulur.
Semoga bermanfaat.

Comments