Mengatasi Troubleshooting pada rangkaian MIL

Pada suatu hari, wellah malah kayak mau dongeng hahaha, Begini saja langsung ke pokok bahasan 👊. Troubleshooting rangkaian MIL yang tidak menyala dan MIL yang tidak mau mati.

# Sewaktu kunci kontak di putar ke ON MIL tidak menyala

Jika anda menemui sepeda motor yang dapat di hidupkan tetapi MIL tidak menyala sewaktu kunci kontak di putar ke posisi ON periksalah rangkaian berikut ini :

• putar kunci kontak ke posisi OFF
• lepaskan cover sampai terlihat ECM
• lepaskan connector 33p ECM
• hubungkan terminal kabel biru/kuning konektor 33p ECM sisi kabel body ke massa dengan sebuah kabel jumper.


• putar kunci kontak ke posisi ON.
Seharusnya MIL menyala. Apabila MIL menyala ganti ECM dengan yang masih dalam keadaan baik dan periksa ulang indikator MIL. Dan jika MIL tidak menyala, periksa pada rangkaian terbuka pada kabel biru/kuning antara MIL dan konektor 33p ECM. jika kabel tidak ada masalah maka lakukan pergantian ECM

# Sewaktu kunci kontak di putar pada posisi ON, MIL tidak mati setelah beberapa detik.

Kasus ini sebaliknya dengan yang sudah kita bahas di atas, pada kasus ini MIL tidak mau mati kecuali kontak di putar ke posisi OFF, jika terjadi seperti itu lakukan pengecekan sebagai berikut:

• putar kunci kontak ke posisi OFF
• Lepas cover sampai terlihat ECM dan lepaskan konektor 33P ECM.
• Putar kunci kontak ke posisi ON, mil seharusnya menyala
Jika MIL menyala, periksa terhadap hubungan singkat pada kabel biru/kuning antara meter kombinasi dan konektor 33p ECM. Jika kabel biru/kuning tidak ada masalah ganti ECM dengan yang masih dalam keadaan baik dan periksa ulang.

Baca Juga



Jika MIL tidak menyala periksa rangkaian berikut ini :

Periksa kontinuitas antara konektor 33p ECM pada sisi kabel coklat dengan massa, standar nya tidak ada kontinuitas. Apabila ada kontinuitas periksa hubungan singkat pada kabel coklat antara DLC dengan ECM. dan jika ada kontinuitas ganti ECM dengan yang masih dalam keadaan baik, lalu periksa ulang.

Apabila penjelasan catatan teknik sulit di pahami mohon maaf ya, munkin bisa sambil praktek langsung agar tidak bingung, semoga bermanfaat Terimakasih.

Comments

  1. Warna kabel indikator MIL ini berlaku u/ semua motor matic honda atau hanya matic tertentu gan?

    ReplyDelete
  2. Saat tahap "putar kunci kontak ke on" konektor ecm terpasang atau tidak? Masih bingung nihs kalo konektor ecm dilepas jelas ga nyala dong? Oiya saya sedang troubleshoot yg MIL nya nyala terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada kabel konslet, biasanya ecm rusak..

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.