Penjelasan Jalur sistem Pengapian Honda Mega pro

Selamat malam dulur, kali ini kita akan membahas sistem kelistrikan di motor Honda Mega pro ya lur, maaf nih sekarang kum3n.com jarang membahas Masalah di Motor Injeksi karena sekarang jarang menemui motor tersebut, yaah namanya juga bengkel di desa lur, adanya motor-motor tua. 😂

Sebelum nya perlu anda ketahui di motor mega pro ini memiliki sistem pengapian DC, yaitu arus dari spul hanya berfungsi sebagai pengisian tidak ada spul pengapian nya.

Nah kok bisa hidup motornya ya? Ya bisa karena arus dari spul akan di olah oleh kiprok yang di teruskan ke CDI, dan ini juga perbedaan nya, CDI yang di gunakan adalah CDI tipe DC.

Ok langsung saja simak jalur sistem pengapian Honda mega pro dari spul sampai ke Coil berikut warna kabel nya.

Warna kabel spul Mega pro dan Fungsinya.



Penjelasan gambar:
G = "Hijau" kabel massa Body.
Bu/Y = "Biru/Kuning" kabel pulser.
Lg/R = "Hijau muda/Merah" kabel (-) Netral.
Y = "Kuning" kabel pengisian.
Y = "Kuning" kabel pengisian.

Uraian jalur kabel spul.
G "hijau" kabel massa body, bisa anda hubungkan dengan kabel massa lain nya atau sambungkan saja dengan Body.

Bu/Y "biru/kuning" kabel pulser yang akan menuju ke CDI, fungsi pulser sebagai pemberi sinyal CDI untuk menentukan waktu meletikkan api.

Lg/R "hijau muda/Merah" sebenarnya ini bukan kabel dari spul, tetapi dari sebelah blok kiri nya, karena kabel ini berada di grombolan kabel spul jadi saya jelaskan fungsinya juga, kabel ini berfungsi sebagai massa untuk lampu netral.

Y "kuning" dua kabel ini fungsinya sama, yaitu sebagai arus pengisian dari spul yang akan menuju kiprok.

Itulah warna kabel dan fungsinya di spul Mega pro, selanjutnya kita bahas warna kabel yang berada di Kiprok.

Warna kabel Kiprok Mega pro dan fungsinya



Penjelasan gambar:
A = kuning.
B = hijau.
C = hitam.
D = merah.
E = kuning.

"kuning" ada dua kabel jalur dan fungsinya sama, kabel ini dari spul dan menuju ke kiprok sebagai pemberi arus yang akan di olah kiprok.

"Hijau" sebagai kabel massa kiprok.

"Hitam" kabel ini akan menuju ke fungsi beban.

"Merah" kabel ini dari (+) aki yang memiliki arus 12v.

Sebenarnya saja sudah pernah membahas warna kabel kiprok mega pro di artikel yang lalu.

Selanjutnya kita ke warna kabel CDI di motor mega pro.

Baca juga:

Warna kabel CDI mega pro dan fungsinya



Penjelasan Gambar.
G = massa body.
Bu/Y = kabel pulser.
Bl/Y = output CDI menuju Coil.
Bl/W = kabel 12v dari Kontak.

Uraian kabel CDI mega pro.
G "hijau" seperti biasa kabel ini sebagai massa body.

Bu/Y "biru/kuning" adalah kabel pulser dari spul.

Bl/Y "hitam/kuning" adalah kabel output dari CDI yang akan memberikan arus ke Coil.

Bl/W "hitam/putih" kabel arus input 12v ke CDI.

Tonton Video penjelasan nya.


Nah itulah penjelasan warna kabel dari spul, kiprok dan CDi di motor honda mega pro. Jika ada materi yang ingin di sampaikan silahkan hubungi contact saya, dan apabila ada yang membingungkan mari diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments

  1. Klo kiprok megapro di pake ke GL max gimana ? Terus CDI nya harus di rubah juga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putih dan kuning dari spul masuk ke kiprok untuk ngisi aki, jadi yang kuning tidak nyabang ke lampu,
      Untuk CDI sama persis, gak usah di ganti.

      Delete
  2. Spull gl new tech di pakek ke Mega pro Primus bs ngk gan

    ReplyDelete
  3. Motor gl mak saya ganti mp primus kelistrikanya sama gk gan? Apa yg harus di rubah?

    ReplyDelete
  4. Motor gl maxneotec diganti mesin mp primus kelistrikanya sama gk gan? Apa yg di rubah trims

    ReplyDelete
  5. Mas kalo kabel yang pengisian yg ke kiprok sama kabel massa yang keluar dari kiprok terlalu panas kira2 penyebabnya apa ya ?

    ReplyDelete
  6. bisa tidak spul megapro di pake di motor GL MAX dan bagai rangkaian kebelnya mas

    ReplyDelete
  7. Untuk arus yg dr kabel merah bagian kiprok,barangkali Bukan arus, tapi tegangan

    ReplyDelete
  8. Tanya spool megapro primus dipasang di megapro lama 2001 knp ga keluar apinya. Pdhal spool baru ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pemasangan kurang pas, bisa spul memang mati

      Delete
    2. Pemasangan udah pas, tapi kedua kabel kuning dri spool gak keluar api, ttpi kalau satu kabel kuning di tempelin ke massa yg satunya bs keluar apinya. Apa spool megapro primus hrs makai kiprox fullwave? Soalnya kiproxnya masih bawaan megapro lama kayak model supra x

      Delete
  9. Gmna caranya merubah gl neotech, agar bisa hidup tanpa aki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output pengisian kiprok sambung ke input arus CDI

      Delete
  10. Massa untuk lampu netral itu mksdnya gmna bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu netral dia dapat arus dari aki, lalu massa lampunya akan terhubung saat gigi netral

      Delete
  11. Trobelnya busi gak nyala, mp hiu 05.
    Pertama saya ganti coil bisa jalan semingguan busi gak nyala lalu saya ganti spul selang sebulan jg gak nyala kadang bisa kadang nggak ada pengapianya dari busi gak keluar api, baru ganti coil sama spull.. Yg belum diganti pulser,kiprok,cdi.. Ini saya cek yg mana dulu? Soalnya saya gak begitu paham wereng perkabelan mbah hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca artikel nya dulu, pahami,.

      Dan kalau bisa saat gak ada api cek pengapian dari bawah, spul, kiprok, cdi, coil.

      Delete
  12. Sepeda saya Doble,lampu depan,sein,bel mati semua kenapa ya gan? Aki baru

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Saya habis servis rutin tadi sore , karena hari ini harus luarkota dan malam ini setelah motor saya pakai buat luar kota kok pas saya matikan buat beli rokok , saya nyalakan kembali kotaknya kelistrikan saya malah mati total, padahal sebelum2nya lancar jaya tanpa masalah sedikitpun, lampu ,sein, klalson, spedo double starter ga nyala semua kira2 apa yg kena , sekring kah atau apa , dan semisal sekring yg putus tandanya apa, dan sekring yg jalurnya ke bagian kontak motor di sebelah mana ya gan, moohon maaf posisi saya lagi jauh dari bengkel jadi mau ga mau saya musti bongkar sendiri , motor saya mp2008

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring di sebelah aki. Cek secara kasat mat jg keliatan. Di video jg sudah ada penjelasan

      Delete
  15. awalnya mau benerin stater megapro...pas di sela gax kluar api..tp kalo di star kluar api...karena kabel body udah berantakan...malah trs hilang total pengapianya...kira" apanya ya mas yg bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu udah tau kabel nya di benerin dulu 😁

      Delete
  16. Maaf gan ganggu awal nya normal stater trs ada yg koslet dibagian benik.saya copot trus tanpa stater motor nyala pas sampe rumah gak nyala lgi d cek dri koil kluar nya kcil kdang ada kdang engga,trs kw pke aki mlh ga kluar strum nya knpa ya

    ReplyDelete
  17. Kalo kabel body mp di pasang d gl200 bisa gak?

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.

Catatan Populer

Warna kabel kiprok dan fungsinya semua merk motor

Ukuran diameter klep speda motor standar pabrik

Rangkaian Jalur Pengapian dan Penerangan Vega lama / Cripton

Cara Merangkai sistem pengapian DC tanpa menggunakan aki

Diagram rangkaian sistem pengapian Suzuki Smash