Struktur dan fungsi komponen kepala silinder



Kali ini kita akan membahas komponen komponen yang ada di kepala silinder dan fungsi dari komponen itu sendiri.

Oke langsung saja simak ulasan di bawah ini:


Katup

   Yang pertama kita bahas komponen katup (klep), fungsi komponen ini yaitu membuka dan menutup intake/exhaust port. Katup terbuka sesaat karena ada dorongan dari rocker arm ketika cam berputar, lalu menutup kembali karena ada gaya berlawanan dari pegas katup untuk menjaga ruang pembakaran kedap udara.

   Katup in dan ex di masukkan kedalam peluncur katup yang di pasang di dalam kepala silinder. Katup ini bergerak dengan kecepatan tinggi pada suhu dan dalam kondisi bertekanan tinggi. Maka dari itu di perlukan material yang kuat, tahan panas, tahan aus, dan kedap udara di dudukan katup sehingga memiliki konduktifitas termal yang baik.

• pegas katup (valve spring)

   Pegas katup berfungsi mencegah kebocoran kompresi dengan menekan katup ke posisi tertutup.
Beberapa model menggunakan pegas dengan pitch yang tidak sama. Dan ada juga yang menggunakan pegas ganda, sepasang pegas (pegas bagian dalam dan luar) dengan konstan berbeda.

penahan pegas
   Penahan pegas adalah komponen berbentuk cincin yang mempunyai lubang runcing atau miring (tapper) di tengah nya, dimana valve coter terpasang.

• valve cotter

   Valve cotter adalah komponen berbentuk baji yang berfungsi menghubungkan penahan pegas dan katup. Kompone ini terpasang dan terdorong di penahan pegas karena gaya dari pegas, sehingga valve cotter menekan dan menahan tangkai katup.
   Untuk memasang atau melepas valve cotter di perlukan alat khusus yang di desain untuk menekan pegas katup di sebut valve spring compressor

dudukan pegas (spring seat)

   Dudukan pegas berada di antara pegas katup dan kepala silinder, fungsinya mencegah kepala silinder aluminium bersentuhan dengan pegas yang dapat menyebabkan keausan.

• stem seal

   Stem seal atau seal klep fungsinya mencegah oli masuk ke dalam clearance antara tangkai katup (valve stem) dan peluncur katup (valve guide), yang dapat menyebabkan kebocoran oli dalam ruang bakar

• peluncur katup (valve guide)

   Peluncur katup adalah komponen tubular yang memegang tangkai katup.
Komponen ini di pasang dalam kepala silinder, bidang kontak nya dengan tangkai katup di lumasi dengan oli yang di kontrol oleh stem seal.

• dudukan katup (valve seat)

   Ketika katup tertutup dengan kekuatan pegas, dudukan katup bersentuhan dengan permukaan katup (valve face) untuk menutup ruang pembakaran.

• camshaft

   Komponen ini berfungsi menggerak kan rocker arm dan mengubah gerakan putaran pada cam dengan garakan bolak balik pada rocker arm yang menekan katup.
Camshaft berputar dengan tenaga dari crankshaft melalui cam chain dan komponen lain nya.

   Camshaft dengan dekompresor otomatis. Beberapa model menggunakan sebuah camshaft dengan decompresor otomatis untuk mengurangi kekuatan pedal pada kick stater (mengurangi beban saat awal stater). Komponen ini berfungsi membuka sedikit katup ex yang semula tertutup saat proses kompresi agar tekanan berkurang.

• rocker arm

   Rocker arm berfungsi untuk menekan valve . Komponen ini berisi mekanisme penyetelan valve clearance (jarak renggang katup).
   Jenis rocker ada 2 yaitu: jenis slipper yang sederhana dan jenis roller yang memiliki bantalan dan roller di slipper tersebut.

• cam sprocket

   Cam sprocket menempel pada camshaft dan memindahkan putaran crankshaft ke camshaft. Daya dari crankshaft di alihkan melalui cam chain.

• gasket kepala silinder

  Komponen ini di pasang antara silinder dan kepala silinder, gasket ini memiliki peranan penting dalam mencegah kebocoran gas pembakaran dan oli mesin. Gasket kepala silinder harus tahan panas dan tekanan, biasanya komponen ini terbuat dari satu atau lebih lembar baja tipis dengan lapisan khusus.

    Itulah struktur komponen kepala silinder dan fungsinya, semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments