Mengatasi mesin motor mogok saat di perjalanan



Pada postingan artikel ini Kum3n.Com akan menulis tentang bagaimana cara mengatasi mesin sepeda motor yang mogok saat di perjalanan. Tentunya sangat menyebalkan apabila saat dalam perjalanan sepeda motor yang kita pakai mogok, tapi tenang tidak perlu kuatir, kita juga bisa melakukan perbaikan tanpa harus ke bengkel. Terkecuali mogok nya akibat kerusakan yang serius, maka solusinya adalah membawa motor ke bengkel terdekat atau ke bengkel langganan kita.

Sepeda motor mogok ada beberapa penyebabnya, dan di bawah ini adalah kerusakan yang bisa kita atasi sendiri tanpa membawa ke bengkel.

  • Busi (sparkplug).


  • Yang pertama penyebab motor mogok adalah busi, bisa jadi busi kita kotor atau bahkan mati, solusinya bongkar dan coba di bersihkan. Atau ganti apabila membawa busi cadangan. Jadi selalu membawa kunci busi setiap kita melakukan perjalanan agar saat motor mogok kita bisa melakukan pengecekan.

    baca juga:
    materi dasar tentang karburator

  • Bahan bakar habis atau tidak mengalir.


  • Apabila bahan bakar habis solusinya ya di belikan 😂. Tapi apabila kita cek tangki bahan bakar masih ada isinya, munkin saja bahan bakar tidak mengalir, coba bersihkan filter bahan bakar dan saluran nya, dan coba buka tutup tangki bahan bakar apabila pernapasan tangki tersumbat dan mengganggu aliran.

  • Mesin ngempos tidak ada tenaganya saat di stater.


  • Kerusakan ini di sebut juga kompresi hilang, penyebab nya terjadi penumpukan kerak kotoran di ruang bakar dan mengganjal payung klep. Jika ini yang terjadi maka lakukan tips berikut:

    Yang perlu di persiapkan.

    ✓ setiap hendak bepergian siapkan kunci busi sesuai motor yang di kendarai.

    ✓ bawa oli mesin dalam botol kecil, bisa anda gunakan juga botol bekas tetes air mata, agar mudah membawanya.

    ✓ bawa kain lap secukup nya.


    Langkah perbaikan saat mogok di jalan.

    ✓ Buka busi kemudian bersihkan.

    ✓ masukkan oli yang di bawa tadi dengan botol tetes air mata sebanyak 5-10 tetes ke dalam lubang busi.

    ✓ tutup lubang busi dengan kain lap dan tekan dengan jari tangan.

    ✓ putar kunci kontak ke posisi OFF, kemudian hidupkan dengan kick stater beberapa kali sehingga oli di dalam ruang bakar tadi keluar.

    ✓ pasang kembali busi. Kemudian putar kunci kontak ke posisi ON dan hidupkan mesin.

    Seharusnya langkah ini bisa mengatasi mesin motor yang ngempos atau hilang kompresi.

    Munkin itu yang bisa saya tulis tentang mengatasi mesin motor yang mogok saat perjalanan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

    Comments