Pegenalan sistem beban pada sepeda motor



Pengenalan sistem beban pada sepeda motor, sistem beban pada sepeda motor terutama terdiri dari lampu depan, klakson, dan saklar untuk pengoperasian.

Lampu depan menerangi Jalan depan kendaraan anda untuk memberikan jarak penglihatan dan membuat pejalan kaki dan kendaraan di dekatnya menyadari kehadiran anda dan tindakan yang anda akan ambil. Lampu sen berkedip untuk menunjukkan arah di mana Anda akan belok, klakson adalah untuk memperingatkan pejalan kaki atau kendaraan di sekitar Anda.

Diagram gambar dibawah ini menunjukkan sistem beban yang digunakan dalam sepeda motor, namun komponen akan berbeda dari model ke model.

Sistem beban

Fungsi dari sistem beban diantaranya adalah sebagai berikut:


Lampu depan.
Lampu depan yang menerangi jalan di depan kendaraan anda untuk memberikan jarak penglihatan dan membuat jajanan kaki dan kendaraan di dekat Anda menyadari kehadiran anda dan tindakan yang akan Anda ambil,

* lampu depan dapat beralih menjadi Sinar jauh dan sinar dekat. Sinar jauh menyala dengan jarak yang lebih jauh daripada sinar dekat. Mengendarai dengan sinar jauh membuat pengemudi kendaraan yang lewat tidak bisa melihat keadaan jalan yang dekat, maka lebih baik Kendari Kendari dengan lampu dekat saja.

* Pada panel speedometer ada indikator yang menyala ketika Sinar jauh menyala.

* Sumbu optik hingga sudut  pencahayaan dapat disetel.

Lampu Sein.
Lampu sein berkedip untuk memperingatkan pejalan kaki atau kendaraan lain bahwa anda akan berbelok.

* Pada speedometer ada indikator yang berkedip karena lampu sein berkedip.

Lampu rem atau lampu belakang.
Lampu belakang membuat kendaraan di belakang Anda menyadari keberadaan anda. Lampu rem memperingatkan kendaraan di belakang  bahwa anda sedang mengerem.

Lampu belakang

* lampu belakang menyala ketika lampu depan juga menyala, dan sebaliknya jika lampu depan mati maka lampu belakang juga akan mati.

* Beberapa model menggunakan lampu belakang mereka sebagai lampu plat nomor, yang lainnya dilengkapi dengan lampu plat nomor terpisah.

Lampu rem.

* lampu rem menyala dan mati jika tuas rem atau pedal rem dioperasikan.

Beberapa model menggunakan lampu tunggal yang berfilamen ganda sebagai lampu belakang dan lampu rem. Lampu rem lebih terang dibanding lampu belakang, karena lampu rem digunakan untuk memperingatkan kendaraan di belakang anda.

Klakson.
Suara klakson untuk memperingatkan atau memberi sinyal kepada orang atau kendaraan di sekitar Anda.

* klakson bersuara ketika ditekan tombolnya. Volume dan nada suara diatur oleh undang-undang dan peraturan setempat.

Indikator pada speedometer.
Indikator ini berfungsi untuk memperingatkan pengendara status operasi, meliputi indikator Sinar jauh, indikator lampu sein, dan indikator Netral. Selain itu beberapa model dilengkapi dengan indikator untuk kedua posisi gigi Netral serta posisi gigi lainnya.

Mengetahui:
Warna-warna kabel pada sepeda motor

Demikian beberapa sistem beban dan fungsinya. Terimakasih.

Comments