Sistem ACG stater membuat stater halus motor Honda

Sebelum kita menjelaskan sistem ACG stater pada motor honda, kami ingin memberi tahu dahulu keunggulan dari sistem ini. Berikut adalah beberapa keunggulan dari ACG stater:

• mengurangi getaran dan bunyi saat menyalakan sepeda motor karena sudah tidak ada lagi suara "pruuak".
• mengurangi konsumsi BBM, karena adanya sistem decompression yang mempermudah kerja piston.
• pengisian aki secara otomatis.
• perawatan motor lebih ringan karena tidak menggunakan brush yang biasanya terdapat pada dinamo stater.

Teknologi ACG stater "alternating current generator" ini adalah salah satu fitur canggih oleh honda untuk produk-produk terbarunya, fitur ini bisa di bilang sebagai fitur menghilangkan "pruuaak" pada saat stater awal motor anda. Dan juga beberapa keunggulan yang sudah kita bahas di atas.

Pengertian ACG stater. Alternating current generator (ACG) yaitu sistem alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak balik (AC). Sedangkan stater yaitu alat untuk memulai kerja mesin. Sehingga keduanya di kombinasikan dan di sebut menjadi ACG stater.

Sistem atau fitur ACG stater sebenarnya sudah lama di gunakan pada motor honda yaitu pada honda pcx series. Namun kini teknologi ini dapat anda rasakan juga pada honda vario 125 fi, beat pop fi, Scoopy fi. Pada dasarnya teknologi ACG stater yang terdapat pada motor honda merupakan kombinasi dari teknologi ISS (idling stop system). Perbedaan nya jika ISS bekerja untuk mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang percuma sedangkan ACG stater bekerja untuk menyalakan mesin dengan lebih halus.

Perbedaan ACG stater dengan stater konvensional. Berbeda dengan sepeda motor yang masih menggunakan slidding, gear stater, yang cenderung konvensional dengan menggunakan dinamo stater sehingga menimbulkan hentakan suara kasar pada saat menghidupkan mesin.

Pada system stater lama terdapat dua buah gear berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk memulai menghidupkan mesin. Gesekan tersebut menghasilkan bunyi kasar yang biasanya anda dengar ketika mulai menyalakan mesin motor.

Berikut adalah cara kerja sistem ACG stater:

Ketika mesin di nyalakan, arus listrik akan mengalir melalui stator yang berlaku sebagai magnet listrik (elektromagnet). Stator tersebut pada dasarnya memiliki prinsip cara kerja yang mirip dengan alternator, hanya saja pada sistem ini stator lebih mengandalkan mekanisme antar magnet. Misalnya pada honda vario 125 ISS terdapat 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri dari kutub magnet tidak tetap. Kumparan-kumparan tersebut masih di bagi lagi menjadi 3 hall.

Berikut gambarnya:


Pada saat tombol stater di tekan, maka otomatis arus listrik akan mengalir ke FET circuit yang terdapat di dalam Electronic Control Module (ECM). yang kemudian di bagi secara merata ke dalam 3 hall. Selanjutnya, stator yang telah menjadi elektromagnet akan bertemu dengan magnet flywheel. Pertemuan antar magnet inilah yang menyebabkan flywheel bergerak kemudian menggerakkan piston untuk menyalakan mesin motor. Setelah motor dalam kondisi hidup, maka secara otomatis ECM akan memutus tegangan listrik ke stator dan beralih fungsi menjadi generator AC. Generator ini akan mengubah arus listrik dari AC menjadi DC untuk mengisi Aki.

Secara sistem karena gesekan yang terjadi adalah berasal dari pertemuan antara dua magnet, maka tidak akan ada lagi suara berisik akibat gesekan antar gear yang terjadi ketika anda mulai menyalakan sepeda motor seperti pada sistem stater konvensional. Jadi yang anda rasakan mesin seketika menyala tanpa ada suara "kruuuak".

Itulah penjelasan tentang ACG stater pada motor honda, yang saat ini banyak di gunakan pada motor matic nya, munkin saja nanti akan di gunakan ke semua jenis cub dan sport. jadi stater akan lebih halus. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments

  1. Untuk pengisiannya masih warna merah apa warna merah putih

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.