Cara kerja Sensor IACV Dan Cara pemeriksaan MIL 29



Kali ini Kum3n.com akan membahas tentang IACV lur, and sudah tau kan Cara kerjanya, nanti Kita akan jelaskan di bawah.


oya, IACV terdapat pada motor All new CB 150 Dan all new Sonic. Vario 150, pcx Dan motor pgm fi lain nya. tapi jangan Salah, IACV juga sudah terdapat pada motor karbunya Honda, yaitu Varian matic nya seperti All Vario, beat Dan spacy.

Throttle CB 150

Letak perbedaan IACV Di motor honda all new CB Dan Sonic adalah jika di motor ini sudah di otomatis kan semua, jadi Kita tidak bisa menyetel mode langsam atau stasioner nya, karena stelan idle screw sudah di  hilangkan. Tetapi kalua di motor lain misalnya vario 150 Kita masih bisa menyetel langsam nya dengan memutar Idle screw di throttle body.

Penjelasan tentang IACV

IACV sensor atau Idle Air Control Valve adalah katup pengatur udara ketika kondisi motor dalam keadaan langsam (stasioner). Katup ini berfungsi layaknya choke pada motor karburator yang fungsinya untuk membuat campuran bahan bakar lebih kaya agar mesin lebih mudah menyala saat kondisi dingin.

Cara kerja IACV berkaitan dengan sensor pembaca suhu mesin yaitu EOT/ECT, ketika EOT/ECT membaca suhu mesin masih dingin maka EOT/ECT memerintahkan ECU untuk menaikkan RPM dan mengaktifkan IACV, dan sebaliknya, jika EOT pembaca suhu mesin telah layak digunakan maka EOT akan memerintahkan ECU untuk menurunkan RPM ke kondisi idle langsam (stasioner) dan menonaktifkan IACV.

Selain berfungsi sebagai choke otomatis IACV juga berfungsi agar mesin awet. Karena begini, Bahwa kerusakan mesin banyak disebabkan pada saat mesin pertama kali dinyalakan. Karena saat mesin lama today di nyalakan atau berhenti lama, oli dalam mesin akan turun kebawah karna adanya gaya gravitasi. sehingga kondisi head minim oli, bisa di bayangkan ketika head dan piston minim oli trus dipaksa bergesekan. komponen akan cepat aus karna besarnya gesekan, Dan agar oli cepat naik ke head di butuhkan 1500-2000 RPM.

Oleh karena itulah sensor IACV yang bekerja menaikkan RPM saat mesin dingin dan pertama kali menyalakan mesin, ini bertujuan untuk mempercepat naiknya oli dan meminimalisir keausan mesin. Karena dengan kondisi langsam (stasioner) yang tinggi oli akan cepat naik keseluruh bagian mesin dan head.

Di bawah ini Kita juga akan membahas Cara pemeriksaan jika IACV rusak, biasanya jika ini terjadi di tandai dengan kedipan MIL 29, tetapi terkada yang terjadi pada sepeda motor :
  • RPM tidak mau turun.
  • Motor brebet.
  • Susah di hidupkan saat mesin dalam kondisi dingin.
  • Stasioner tidak rata atau Naik turun.
Berikut Cara pengecekan DTC MIL 29 sensor IACV All new CB Dan sonic

Diagram sensor IACV
  1. pemeriksaan sensor IACV
  • Priksa IACV dengan MCS apakah DTC 29 terindikasi? Tidak : intermittentfailure (putus nyambung)k
  • kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor Apabila ada DTC 29 lanjut ke langkah ke 2 
   2. Periksa rangkaian IACV.
  • Periksa dari adanya hubungan arus terbuka atau pendek pada kabel But/W, Br/Bu Dan But/Bl. apakah ada rangkaian terbuka atau hubungan pendek? jika
  • Ya; kabel B/w, Br/Bu atau Bu/Bl rusak Dan apabila tidak terdeteksi rangkaian konsleting maka lanjut ke langkah ke 3.
   3. pemeriksaan tahanan sensor IACV.
  • hubungan : A-D, B-C apakah tahanan antara 110-150 ohm di suhu 25° C? apabila tahanan tidak sesuai maka IAcV rusak. tetapi jika tahanan sesuai maka lanjut ke pemeriksaan selanjutnya.
   4. pemeriksaan hubungan pendek IAcV
  •  hubungan A-B, C-D apabila ada kontinuitas maka IACV rusak, tetapi jika tidak ada kontinuitas maka ganti ECm yang masih dalam keadaan baik Lalu periksa Ulang.

Itulah penjelasan sistem sensor IACV Dan Cara pemeriksaan kedipan MiL 29 sensor IACV pada all new CB Dan sonic. Semoga bermanfaat terimakasih.

Comments