Penyebab stang kemudi motor terasa goyang dan tidak stabil

Pada artikel ini kum3n.com akan membahas penyebab utama stang kemudi motor terasa goyang dan tidak stabil saat di kendarai

Pasti anda pernah saat mengendarai motor merasakan stang terasa tidak stabil dan terasa goyang pada saat jalan lurus. Kondisi ini sangat beresiko ketika mengendarai stang motor yang sudah tidak stabil dan terasa goyang karena dapat membahayakan keselamatan anda.


Penyebab dari stang goyang pun sangat beragam, salah satunya kendaraan tersebut pernah jatuh atau sering melibas jalan berlubang. Namun untuk memastikan penyebab nya kita harus memeriksa satu persatu karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi motor bisa seperti ini.

Info Lain:
Beberapa keunggulan sistem PGM FI

Berikut ini beberapa hal yang harus di periksa ketika stang motor terasa goyang dan tidak stabil.
  • Periksa kondisi ban.
Yang pertama cobalah periksa kondisi ban motor anda, apakah permukaan ban rata atau tidak, periksa juga tekanan ban apakah sudah sesuai ukuran, terkadang ban juga oleng di akibatkan di congkel saat proses penambalan. Jika sudah seperti itu gantilah ban anda dengan yang baru.
  • periksa kondisi velg.
Periksa visual velg roda apakah ada bagian yang bengkok atau retak. Periksa velg dalam kondisi standar tengah kemudian putar ban dan lihat gerakan roda.
  •  periksa bearing roda.
Bearing roda terdapat pada tromol dan berhubungan langsung dengan roda. Untuk memeriksa cobalah anda menggoyang roda ke kanan dan ke kiri, apabila terasa oblak berarti bearing roda memang harus di ganti.
  •  periksa kondisi komstir.
Komstir terdapat di sumbu antara segitiga garpu dengan rangka motor. Komstir ini berfungsi memegang peranan dalam pengendalian, usia pemakaian yang lama akan mengakibatkan komstir terasa oblak, susah di gerakkan, kerusakan komstir biasanya adalah mangkuk mangkuk dan bola bola besi yang telah aus, sebaiknya jika sudah seperti itu ganti saja dengan yang baru, dan usahakan ganti dengan spart part yang asli.
  • periksa shockbreaker.
Fungsi penting shockbreaker diantaranya adalah menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat berkendara semakin nyaman dan nikmat. Shockbreaker juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Tabrakan dan bekas jatuh biasanya menyebabkan rusaknya shockbreaker ini sehingga posisi shock tidak presisi / lurus. Penyebab lainnya yaitu akibat seal seal shock yang aus yang berakibat oli shockbreaker habis. Untuk mengatasi masalah ini bawa saja ke bengkel motor terdekat anda.
  • Segitiga dudukan stang.
Periksa segitiga dudukan stang motor yang menghubungkan antara stang dengan shockbreaker. Biasanya sering terjadi ketidaksejajaran antara garpu kiri dan kanan. Apalagi jika motor anda habis jatuh, Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara meluruskan pada tempat yang rata atau datar dengan mengukur menggunakan fuller. Apabila ditemukan ketidaksejajaran sebaiknya bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.

Saya rasa cukup sekian artikel ini, semoga bisa membantu anda untuk memastikan penyebab stang motor anda tidak stabil dan terasa goyang, terimakasih telah berkunjung.

Comments