Penjelasan perbedaan cara kerja mesin 4T dan 2T pada sepeda motor

Selamat malam buat para pengunjung, (padahal munkin blog ini tak ada pengunjung ny) :D

Oke langsung saja, pada kesempatan kali ini kum3nBlog akan memberikan sedikit pengetahuan tentang perbedaan motor 4 langkang (4tak) dan mesin 2 langkah (2tak).

sedulur pasti sudah tahu kan kalau mesin sepeda motor berdasarkan siklus nya ada dua jenis. yaitu :

  • MESIN 4 LANGKAH (four stroke) atau yg sering kita sebut dngan mesin 4 tak.
  • MESIN 2 LANGKAH (two stroke) atau 2 tak.

Penjelasan cara kerja mesin 4 langkah.


Yang pertama akan kita bahas kenapa di sebut mesin 4 langkah, karena dalam satu siklus terdapat 4 kali langkah piston 2 ke atas dan 2 ke bawah. sehingga dalam satu siklus ny tercpai dalam 2 putaran poros engkol. apa saja 4 langkah itu mari kita simak

1. Langkah Hisap.

Katup masuk terbuka, katup buang tertutup, piston bergerak dari TMA ke TMB, akibat gerakan piston menimbulkan kevakuman di dalam silinder sehingga campuran bahan bakar dan udara terhisap masuk ke ruang silinder.

2. Langkah Kompresi.

Katup masuk dan katup buang tertutup, torak bergerak dari TMB ke TMA, akibat gerakan piston terjadi penekanan atau kompresi campuran bahan bakar dan udara sehingga temperatur di dalam ruang bakar meningkat, sesaat sebelum piston mencapai TMA busi memercikkan bunga api.

3.Langkah Usaha.

Katup masuk dan katup buang tertutup, akibat percikan bunga api busi terjadi ledakan pembakaran yang menimbulkan tekanan yang menyebabkan piston bergerak dari TMA ke TMB, bergeraknya torak ke TMB meneruskan tenaga penekanan ke poros engkol.

4.Langkah Buang.

Katup masuk tertutup, katup buang terbuka, torak bergerak dari TMB ke TMA, akibat gerakan piston gas sisa pembakaran terdorong ke luar melalui exhouse manifol.

Penjelasan cara kerja mesin 2 langkah.


Sedangkan Motor 2 tak adalah motor dimana dalam menyelesaikan 1 sklus pembakaran memerlukan 2 kali langkah piston dengan 1 kali putaran poros engkol.

  • Saat piston bergerak dari TMB ke TMA: 

Di bawah piston terjadi penghisapan campuran bahan bakar dan udara dari karburator, diatas piston terjadi kompresi sehingga temperatur meningkat sesaat sebelum piston sampai TMA busi memercikkan bunga api.

  • Saat piston bergerak dari TMA ke TMB: 

Di atas piston terjadi usaha akibat terjadinya ledakan pembakaran yang diteruskan ke poros engkol, saluran buang terbuka sehingga gas sisa pembakaran keluar, rongga bilas terbuka sehingga gas baru masuk ke ruang bakar. di bawah torak saluran masuk tertutup akibat gerakan piston dari TMA ke TMA terjadi kompresi bawah yang mendorong campuran bahan bakar dan udara naik ke ruang bakar melalui rongga bilas.

Okeh mungkin sampai di sini penjelasan dan perbedaan cara kerja mesin 4langkah dan 2langkah. kita jumpa lagi di kesempatan brikutny. Semoga bermanfaat.
matursuwun....

Comments