Tips agar kabel motor terhindar dari gigitan Tikus



Tikus menjadi musuh utama bagi motor matic karena sering masuk ke dalam cover lantai motor, Si tikus juga sering menggigiti kabel kabel body. Bahkan saya juga pernah menemui si tikus sampai beranak di dalam cover juga. Keren kan lur.

Nah yang paling sering saya temui pada motor matic honda dia tidak mau di stater padahal kondisi aki, switch rem juga bagus.


Dalam kondisi ini jika anda memeriksa bunga api busi tidak akan ada karena kabel switch standar samping putus di gigit tikus. Anda tau kan lur jika kabel standar ini berfungsi mematikan mesin motor karena kabel tersebut di ambil dari massa ECM.

Baca juga:
Merangkai sistem pengapian DC tanpa aki.

Untuk memperbaiki kerusakan ini cukup mudah, anda buka cover front lower posisinya di belakang ban depan lalu terlihatlah kabel yang di makan tikus dan sambung maka motor akan normal kembali.

Lalu bagaimana agar motor kita terhindar dari serangan tikus?
Berikut ini kum3n.com punya sedikit tips agar motor kita tidak di masuki tikus lagi.

Tips agar kabel motor tidak di makan tikus.

  • Anda bisa memberi gemuk (vaseline) pada kabel-kabel agar si tikus tidak doyan gigit kabel nya.
  • Berikan kapur barus (bahasa umum nya apa ya, pokok nya itu lho yang di buat pengharum di ruangan) letakkan pada sisi dalam trowongan bawah body.
  • Jika tikus masih kembali lagi silangkan anda tulis "TIKUS DI LARANG MAKAN KABEL" haha

Yang sering saya lakukan adalah memberi kapur barus, dan terbukti si tikus tidak lagi ngerjai kabel-kabel motor saya. Dengan catatan kapur barus nya tidak hilang.

Baca juga:
Jalur in out kabel kotak sekring beat fi esp

Bagaimana lur. apa anda juga pernah menemui kasus seperti ini juga, coba critakan di komentar ya. 😁

Comments