Pentingnya dowel pin untuk sambungan antar blok mesin



Sebagai mekanik kita sering kan bongkar-bongkar mesin lur. Misalnya ganti kampas kopling, ganti spul, ganti seher, atau bahkan overhoul.

Tapi apakah anda sering meremehkan part yang satu ini, yaitu dowel pins (busing) sebagai sambungan antar blok mesin. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya, karena munkin akan berbeda cara anda menyebutnya.


Pasti kalian sudah tau bukan. Saya sebenarnya juga sering menyepelekan dowel pins (busing) tersebut.

Baca juga:
Oli habis tetapi tidak berasap.

Tapi berawal dari keluhan seorang konsumen yang katanya belum lama mengganti seher tetapi motor ngebul kembali, dan ada juga yang mengeluhkan rantai kamprat (mesin) cepat rusak.

Dan setelah saya bongkar ternyata si dowel pins (busing) cuma di pasang dua, bahkan ada juga yang tidak di pasang sama sekali. Padahal standarnya pada buring ada 4 buah pin dowel.

Penting:

Nah disini saya menyimpulkan kalo busing / dowel pin ini fungsiny tidak hanya untuk menyambung blok mesin, tetapi juga berfungsi agar letak antar blok mesin sejajar/presisi. Jadi posisi jalan seher center tidak memakan lemeran buring.


Oya harga pin dowel ini juga murah lur, dan banyar juga beredar di pasaran. Saya sering membelinya di toko spart part, untuk jaga-jaga saat bongkar mesin pin dowel nya rusak atau bahkan tidak ada.

Baca juga:
Ketahui Akibat karet peredam rangka lepas

Saya rasa cukup sampai di sini pembahasan kum3n.com tentang oentingnya pin dowel (busing). Semoga bermanfaat.


Comments