Catatan Kelistrikan Honda C70 Platina yang memakai CDI Suzuki RC

Salah satu syarat Sepeda motor akan bisa hidup jika sistem pengapian normal, selain itu juga harus ada kompresi dan bahan bakar.

Ngomong-ngomong soal pengapian, kemaren saya ada pasien motor C70 yang sudah di rombak pengapian nya memakai CDI suzuki RC.

Sebenarnya saat melihat jalur pengapian nya saya jadi bingung. Nah loh kok bingung? Ya bingung lah, spul masih bawaan tanpa adanya pulser, yaitu masih menggunakan platina. Lha tapi ini kok di pasang CDI.

Setelah itu saya coba cari info sama teman bengkel. Memang pengapian c70 platina bisa di ganti dengan CDI Suzuki RC tanpa membongkar spul, alasan nya pengapian CDI rc tipe tanpa pulser.

Di artikel ini saya akan berbagi jalur kabel di motor c70 yang memakai cdi RC kemaren.
Berikut ini adalah diagramnya.



Bisa di lihat rangkaian nya lur.
Dari spul sebenarnya ada 3 kabel tapi kita ambil 2 saja yaitu;

Putih / W sambungkan ke input CDI suzuki RC, kalau yang dari CDI warnanya hitam/merah "Bl/R".

Kuning "Y" kabel dari spul menuju kiprok untuk lampu.

Biru/putih "Bu/W" kabel output dari CDI menuju Coil.

Hitam/Putih "Bl/W" kabel massa CDI.

Hijau "G" kabel massa body.

Ya walaupun saat kita rangkai seperti itu motor bisa menyala tetapi pengapian tidak bisa maksimal. Namanya juga tanpa pulser, jadi timing pengapian nya kurang pas menurut saya.

Oya di kasus yang saya temui kemaren troubelnya pengapian ada tapi sangat kecil. Penanganan yang saya lakukan adalah mengganti CDI nya dengan yang baru.


Akhirnya saya rasa cukup sampai di sini, kalau membingungkan bisa tinggalkan komentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Comments

  1. Saya mau nanya
    Kalo cdi ny di pasang di motor gl 100 itu apa harus menggeser2 magnet ny buat nentuin timing wktu pengapianya ?
    Atau tidak perlu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pake RC gak usah jg gak papa, tpi biasanya pada pake pengapian supra.

      Delete
  2. punya saya cg125 memakai pengapian rc100 1bulan normal tapi setelah itu susah hidup (seperti timing pengapian gak pas ) apa yg bermasalah ya bos ??

    ReplyDelete
  3. Kalau c700 pakai cdi rc kabel kontak ikut jalur yg mana ya ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal mindah to, intinya kan mematikan motor, bisa dengan ambil massa coil masukin ke kontak, jadi saat kontak of massa terputus, itu misalnya.

      Delete
  4. Kalo di yamaha v80 spul nya pake spul apa mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadduh maaf, saya belum prnah liat motor nya. Terlalu tua wkwkwk

      Delete
  5. Motor saya gl 100, pake cdi rc, tapi nggak mau idup, kenapa ya mas ? Api nya kecil banget kata kawan saya, di tempel ke deket blok aja nggak keliatan percikan api nya. Tapi motor nggak mau idup?

    ReplyDelete
  6. motor saya c800, kendala motor saya tiba-tiba mati, api kecil, kadang ada tp sering nya hilang api.
    sudah ganti koil, cdi rc baru, kiprok kaki tiga masih digunakan. Sampai saat ini saya belum bongkar bagian spull.

    Pertanyaan:
    1. apakah kemungkinan spul api nya sudah hangus?
    2. apakah karena tidak menggunakan pulser?
    3. apakah lebih baik kembali menggunakan platina?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa jadi karna spul nya lemah.
      2. Ini hanya pengaruh di waktu pengapian, karna pulser lah yg seharusnya memerintahkan cdi mengeluarkan api.
      3. Kalau masih normal pakai platina, mending itu saja.

      Delete
  7. C70 saya sudah ganti spul sama cdi rc tpi waktu bongkar lupa ngasih tanda titik topnya,gimana ya mas cara nemuin titik top yg pas soalnya spi magnitnya sdah tidak ada
    Trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Bang mtr saya C70 Udah di ubah platina ke CDI,nah pas saya mau hidupin motor ko dari coil nya ngga ada percikan ya,kelistrikan yg lain nya padahal normal sen/lampu rem tlakson.tapi ko dari coil ngga keluar api sama sekali ? Mohon solusinya bang ?

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.