Tips Alternatif Pemakain Kopling Ganda Honda Beat ke Yamaha Mio



Selamat malam sedulur, Maaf blog www.kum3n.com jadi jarang update di karenakan agak sibuk di dunia real. 😂

Ok kali ini mumpung lagi kepengen posting pengalaman saat perbaikan sepeda motor, saya akan membahas alternatif penggunaan part kopling ganda untuk yamaha mio yang ternyata bisa menggunakan kampas kopling ganda kepunyaan honda beat lama yang mempunyai kode KVY.

Penggunaan kopling ganda ini bisa memperkecil biaya perbaikan, karena umum nya saat saya mencari-cari part ganda original yamaha mio di juat secara full set dengan rumah kopling ganda nya. Dengan harga kisaran Rp 240.000,.

Sedangkan jika kita mengganti nya dengan kepunyaan honda beat lama hanya dengan harga kisaran Rp 120.000,. Yah munkin beda tempas akan berbeda harga nya, harga di atas hanya di buat patokan saja ya.

 
Kode part kampas ganda Beat lama yang bisa di pakai untuk yamaha mio adalah berikut ini. 22535-KVY-900 dengan harga Rp 120.000,.
Oya saya mengetahui kalau kampas ganda beat lama ini bisa di pakai untuk yamaha mio karena saat bertanya ke counter part ternyata jika ingin mengganti kampasnya saja tanpa rumah koplingnya bisa memakai part honda beat lama.

Cara pembongkaran dan pemasangan kampas Ganda Yamaha Mio.

Pertama anda buka dahulu cover penutup v-belt nya dengan menggunakan T8 mm, oya agar bisa di buka anda juga harus mengendorkan pustep nya juga. Setelah terbuka anda tahan pully belakang dengan menggunakan treker, saya sendiri menggunakan Flexible Holder Trecker dan kunci kacamata pembuka tutup klep,
lebih jelas nya lihat gambar berikut ini.

 

Setelah terbuka anda lepas mur koplingnya, gunakan kunci kopling seperti gambar berikut,

 

 Lepas semua klip dan per kopling gandanya.

 

Dan jangan lupa ganti sekalian karet kopling ganda nya, untuk karet kopling bisa anda gunakan kepunyaan honda, harganya kisaran Rp 5000/unit.

 

 Langkah pembongkaran juga hampir sama dengan matic honda seperti yang sudah saya bahas di artikel Cara mengganti bearing driven pully

Untuk Langkah pemasangan kebalikan dari pembongkaran.

Nah itulah sedikit pengalaman saya melakukan pergantian kampas ganda di yamaha mio menggunakan part kopling ganda honda beat lama, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments