Mengganti Gear set Yamaha Vixion

Sekarang Lagi musim hujan lur, jadi harus anda perhatikan kondisi motor jika anda seorang pekerja yang mengandalkan kuda besi untuk transportasi.
Karena akan merepotkan jika motor yang di naiki rewel saat di perjalan kan.

Salah satu yang harus anda perhatikan adalah kondisi rantai set di motor, karena musim seperti ini biasanya di jalan yang kita lewati akan banyak genangan air, nah jika kondisi gear set anda sudah tua, bisa-bisa rantai putus saat di jalan.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengganti gear set di motor yamaha vixion.

Karena di motor vixion ini agak berbeda, rantai yang di gunakan tanpa adanya sambungan seperti umumnya motor, jadi kita harus melepaskan swing arm untuk pergantian rantai nya.

Tapi ingat, pelepasan hanya jika anda mengganti rantai dengan original nya, kalau anda ganti yang merk KW, munkin di sana ada sambungan nya.

Catatan:
Pergantian gear set Original Sebenarnya tanpa melepas swing arm pun bisa, caranya anda lepas satu mata rantai, dan beri tambahan sambungan rantai, di toko banyak yang jual sambungan rantai yang cocok. Jadi nanti rantai akan seperti pada umumnya motor.

Langkah pergantian gear set Yamaha Vixion:

  • Pertama kita kendorkan dulu baut-baut gear, setelah kendor kita lepas ban belakang nya. Lalu pasang gear belakang nya.
  • Lepaskan baut tutup rantai jika ada.
  • Setelah itu lepas dua baut dudukan shock belakang, lihat gambar yang saya tunjukkan.
  • Setelah itu lepaskan baut swing arm nya, jika sudah lepas tinggal kita ambil rantai melewati celah swing arm. Lalu pasang rantai baru nya.
  • Lalu pasang kembali baut swing arm dan baut dudukan shock belakang tadi, dan pasang kembali semua yang kita lepas tadi, ban, tutup rantai.
  • Untuk pemasangan gear depan, tinggal kita lepas tutup gear depan nya dulu.

Simak video di bawah ini:


Sebenarnya gak ribet-ribet amat untuk pergantian gear set yamaha vixion ini, munkin para mekaniknya yang agak malas lebih dulu ketika harus melepas swing arm.

Saya pun juga begitu sih wkwkwk 😂.

Ndak apalah repot dikit, yang penting bayaran kita dapat. Ok?

Di bawah ini adalah kode part Gear set yang di pakai Vixion:


Untuk harga di sini kisaran Rp 250.000,00,.

Tapi munkin akan berbeda harga di tempat anda. Bisa lebih murah ataupun lebih mahal.

Saya rasa cukup sekian. Semoga kedepan nya kum3n.com akan selalu update, dukung kita dengan share artikel-artikel yang menurut anda berguna untuk teman-teman anda.

Terimakasih.


Comments