Trouble Injektor Yamaha Mio J tidak mau ngabut

Selamat malam broo,..!!!

Jumpa lagi dengan kum3n.com, pada postingan pertama di tahun 2020 ini, saya akan membahas tentang trouble yang di alami oleh seorang pengunjung blog ini juga, sebut saja mas huda.

Beberapa waktu lalu dia menanyakan trouble nya lewat WA, motor yang mengalami masalah yaitu Yamaha Mio J.

Penjelasnya seperti ini.
Jadi di yamaha mio J itu saat kontak di putar On semua kelistrikan hidup normal, fuel pump pun berdengung, pengapian jg ada, tetapi pada injektor tidak mengeluarkan kabut bahan bakar.

Karena saya sendiri juga agak awam di montor yamaha Injeksi, jadi saya hanya menjawab untuk cek jalur ke injektor nya.

Namun beberapa hari kemudian mas huda menghubungi saya kembali, ternyata kerusakan terdapat pada sensor MAQS.

MAQS adalah singkatan dari Modulated Air Quantity Sensor. Fungsinya menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).

Keusakan sensor maqs

Sensor maqs nya yang saya lingkari.

Tetapi trouble tidak cuma sampai di sini, ternyata setelah sensor di ganti dan di coba jalan kurang lebih 1KM, sensor tersebut mati lagi.
lalu si mas huda juga sudah beberapa kali menggantinya lagi, namun tetap sama, setelah di buat jalan juga mati lagi,

Sampai disini saya hanya memberi beberapa saran, yaitu:
  • cek jalur sensor MAQS nya, bisa jadi ada kebocora arus.
  • pastikan arus pengisian juga normal, karena menurut saya jika arus tidak normal akan berakibat suplay ke sensor tidak stabil dan berujung rusak.
Baca juga:
Beberapa hari kemudian mas huda mengabari saya kembali, dan benar saja, kerusakan sensor maqs di akibat kan arus pengisian yang tidak normal, pengisian terkadan 12v, kadang juga turun sampai 10v.

Lalu apa solusinya? kiprok pun di ganti, dan setelah di ganti kiprok lalu di coba jalan kisaran 5KM, tidak terjadi kendala lagi pada motor, alias trouble sudah tertasi.

Kesimpulan:
Menurut saya dari awal si kiprok memang bermasalah, dan saat pengisian tidak stabil mengakibatkan kerusakan pada sensor MAQS.

Ciri sensor MAQS rusak pada motor ini:
Kontak on semua kelistrikan normal, fuel pum juga berdengung.
tetapi si injektor tidak mau mengeluarkan bahan bakar.

OK bro, saya rasa sampai di sini saja bahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat jika anda mengalami trouble yang sama, coba cek kerusakan seperti yang sudah saya tulis di atas.

mohon maaf jika penjelasan blepotan, cukup sekian dan terimakasih.


Comments