Halaman

    Social Items

Trouble yang sering terjadi di bengkel adalah kedipan 52 yaitu sensor CKP, jika sepeda motor mengalami kerusakan pada sensor ini biasanya mengalami gejala brebet, sering mati sendiri, bahkan mogok.

Sedikit curhat:
Tragedi ECM beat FI eSP Terbakar

Jika kedipan mil 52 yang menunjukkan kerusakan pada sensor CKP periksalah poin poin di bawah ini.

1. pemeriksaan hubungan singkat saluran sensor CKP

Putar kunci kontak ke posisi OFF. lepaskan konektor 6p sensor CKP. periksa kontinuitas antara terminal konektor 6p sensor CKP dan massa. Menggunakan avometer skala OHM

Ukur kabel-kabel CKP berikut Ini:

putih/merah-massa.
Putih/biru-masaa.
Putih/hitam-massa
Biru/kuning-massa
Coklat/hitam-massa
Biru/hijau-massa

Jika semua kabel di atas saat di ukur tidak ada kontinuitas maka tidak terjadi hubungan singkat/konsleting di saluran sensor CKP.

Dan apabila ada kontinuitas maka ada hubungan singkat antara kabel body dan konektor sensor CKP/ECM. dan apabila tidak ada kontinuitas maka lanjut pengecekan ke dua.

2. Pemeriksaan rangkaian terbuka saluran sensor CKP

Caranya Lepaskan konektor 33p ECM. periksa kontinuitas antara terminal terminal konektor 33p ECM dan 6p CKP pada kabel berikut.

Ukur tahanan kabel denga avo skala OHM:

putih/merah-putih/merah.
Putih/biru-putih/biru.
Putih/hitam-Putih/hitam.
Biru/kuning-biru/kuning.
Coklat/hitam-Coklat/hitam.
Biru/hijau-biru/hijau.

Standard nya kabel-kabel di atas ada kontinuitas.

Jika tidak ada kontinuitas kemunkinan ada rangkaian terbuka antara konektor sensor CKP dan ECM, tp jika ada maka lanjut pengecekan selanjutnya.

3. Pemeriksaan sensor CKP

setelah semua di lakukan tapi masih saja kode kerusakan muncul maka Ganti sensor CKP dengan yang masih dalam keadaan baik. Hapus dtc atau reset ECM. hidupkan mesin dan panaskan. Setelah itu apakah mil masih berkedip, ? Jika iya maka ganti ECM dengan yang masih keadaan baik dan periksa ulang.

Bocoran. inilah yang sering terjadi di bengkel.


Adanya kabel yang mengelupas pada konektor CKP. ini sering terjadi pada motor beat FI esp, scoopy Esp.

nah sekian dulu semoga bermanfaat. jika ada yang di tanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Mengatasi Trouble MIL kedipan 52 Sensor CKP

Trouble yang sering terjadi di bengkel adalah kedipan 52 yaitu sensor CKP, jika sepeda motor mengalami kerusakan pada sensor ini biasanya mengalami gejala brebet, sering mati sendiri, bahkan mogok.

Sedikit curhat:
Tragedi ECM beat FI eSP Terbakar

Jika kedipan mil 52 yang menunjukkan kerusakan pada sensor CKP periksalah poin poin di bawah ini.

1. pemeriksaan hubungan singkat saluran sensor CKP

Putar kunci kontak ke posisi OFF. lepaskan konektor 6p sensor CKP. periksa kontinuitas antara terminal konektor 6p sensor CKP dan massa. Menggunakan avometer skala OHM

Ukur kabel-kabel CKP berikut Ini:

putih/merah-massa.
Putih/biru-masaa.
Putih/hitam-massa
Biru/kuning-massa
Coklat/hitam-massa
Biru/hijau-massa

Jika semua kabel di atas saat di ukur tidak ada kontinuitas maka tidak terjadi hubungan singkat/konsleting di saluran sensor CKP.

Dan apabila ada kontinuitas maka ada hubungan singkat antara kabel body dan konektor sensor CKP/ECM. dan apabila tidak ada kontinuitas maka lanjut pengecekan ke dua.

2. Pemeriksaan rangkaian terbuka saluran sensor CKP

Caranya Lepaskan konektor 33p ECM. periksa kontinuitas antara terminal terminal konektor 33p ECM dan 6p CKP pada kabel berikut.

Ukur tahanan kabel denga avo skala OHM:

putih/merah-putih/merah.
Putih/biru-putih/biru.
Putih/hitam-Putih/hitam.
Biru/kuning-biru/kuning.
Coklat/hitam-Coklat/hitam.
Biru/hijau-biru/hijau.

Standard nya kabel-kabel di atas ada kontinuitas.

Jika tidak ada kontinuitas kemunkinan ada rangkaian terbuka antara konektor sensor CKP dan ECM, tp jika ada maka lanjut pengecekan selanjutnya.

3. Pemeriksaan sensor CKP

setelah semua di lakukan tapi masih saja kode kerusakan muncul maka Ganti sensor CKP dengan yang masih dalam keadaan baik. Hapus dtc atau reset ECM. hidupkan mesin dan panaskan. Setelah itu apakah mil masih berkedip, ? Jika iya maka ganti ECM dengan yang masih keadaan baik dan periksa ulang.

Bocoran. inilah yang sering terjadi di bengkel.


Adanya kabel yang mengelupas pada konektor CKP. ini sering terjadi pada motor beat FI esp, scoopy Esp.

nah sekian dulu semoga bermanfaat. jika ada yang di tanyakan silahkan tinggalkan komentar.

20 comments:

  1. Joss gan, vario 110 esp, mil 52....betul ada kabel terkupas. Setelah di sambung langsung hidup....kadang mil masi menyala 52.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan anda reset ecm dahulu setelah melakukan perbaikan mas. Ini caranya

      https://www.kum3n.com/2017/07/cara-reset-ecm-sensor-tp-dan-setting-altitude.html

      Delete
  2. Gan ada diagram lengkap tentang sensor2 motor injeksi serta tempat2nya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diagram Untuk motor injeksi apa mas? Kalau tempat sebenarnya letak nya hampir sama cuman menyesuaikan saja, misal eot pasti di buring tempatnya.

      Delete
  3. Posisi ckp pada motor vixion dimana ya om?terima aksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ckp sebutan lain dari pulser, letaknya di sebelah spul, di blok magnet.

      Delete
  4. Bisakah indikatorpanel tidak hidup tp mesin dan elektrik stater bisa digunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf maksdnya ap ya, bukan nya jika kontak on indikator panel akan hidup

      Delete
  5. mas kalau letak posisi sensor ckp berpengaruh ga kalau ga pd tempatnya? misal ga presisi posisinya, saya coba modif acg punya beat esp di supra125 tp mil nya ngedip 52 udah cek ngikut cara di atas msh tetep ga bisa nyala ga ada percikan api di busi. magnet cuma muter sebentar pas di stater gagal keluar kedipan 52.di reset normal nanti gitu lagi, mohon petunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaruh bangt mas, coba di presisikan dulu, dan pastikan ckp yg di gunakan normal

      Delete
  6. Knpa Pngapiannya tetap hilang..pdahal smua dh saya cek..diagnosa mnunjukan hanya kdipan 52..spool bserta sensor ckpnya dh saya gnti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motornya apa, sudah di pastikan tidak ada kabel yg putus?

      Delete
  7. Misi mbah,nih saya punya trouble sma scoopy esp,lampu mil gk hidup tapi kontak on,pengapian hilang dan suara feul pumpnya gk terlalu nyaring,mohon pencerahannya mbah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel hitam/putih di soket coil ada arus nya tidak?

      Delete
    2. mbah kalau arusnya yg kabel hitam ada dan yang putih gada kemungkinan apanya yang rusak?

      Delete
  8. Mas mau tanya motor saya beat fi sering mati"an kalo dijalan, kedipan milnya 52, itu kira" kenapa ya sensor ckpnya dan gimana cara benerinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dong artikel nya, di bagian akhir saya sudah tulis bagian yh sering mengakibatkan kedipan 52,
      Atau ke sini
      https://www.kum3n.com/2018/09/beat-fi-esp-sering-mogok.html

      Delete
  9. Mas beat esp saya lampu berkedip 52.sdh dicek kbl tersambung baik.sensor.spool koil.injeksi bagus.knp gak bs star/hidup ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak percaya klo bener-bener bagus, adanya kedipan ya ada yang membuat masalah, cek lagi yang teliti.

      Delete

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.