Tragedi ECM beat FI eSp terbakar karena konsleting



wish ngeri ya judul artikel nya, kenapa ngeri? sedulur tau tidak harga ECM beat FI eSP ini? harganya di kisaran Rp 900 ++. dan di posting artikel ini saya hanya ingin curhat tentang yang saya alami di bengkel.

Kemaren saya menemui kasus motor honda beat FI eSp terbakar, terbakar di sini bukan trus terbakar ada apinya gitu ya lur, tetapi ECM panas dan mengeluarkan asap saat motor di nyalakan.

baca juga:
ciri ciri ECM yang rusak

Kronologis Motor datang ke bengkel


awal nya motor beat eSp ini di bawa ke bengkel dalam keadaan Mogok, singkat percakapan saya dengan pemilik Motor.
  • saya: gimana pak ada yang bisa saya bantu.
  • pemilik: motor saya mogok mas, tolong di benerin.
  • saya: awal nya gimana ya pak, kok bisa mogok seperti ini?
  • pemilik: awalnya saya buat jalan normal mas, tapi waktu itu hujan naah tiba-tiba motor saya mogok dan lampu indikator di spedo kedip-kedip gitu.
  • saya: oooh begitu, coba saya cek dulu ya pak, saya persilahkan pemilik nya untuk menunggu. "sambil di dalam otak saya berpikir" (biasanya kabel ckp nih mengelupas dan terkena body, jadi konslet dan mogok)
Setelah di lakukan pengecekan ternyata benar dugaan saya, kabel body deket soket CKP yang berada di bawah throttle mengelupas dan terkena blok mesin (tepatnya kabel coklat-hitam). dan kemudian saya potong saja+sambung lagi dengan kabel baru trus di rapikan dengan tape (solasi).


Saking yakin nya karena kasus ini sudah biasa terjadi, tetapi saat tombol stater di tekan si magnet hanya memutar sedikit (sama seperti saat aki lemah), kemudian saya memcoba hidupkan dengan kick stater dan motor pun menyala.

Ini lah awal tragedi lur, motor menyala selang beberapa menit ada bau asing yang saya kira itu dari bau magnet kemungkinan karatan "karena di sini dekat dengan rob jadi banyak magnet dan spul yang kemakan karat", saat di bongkar magnet kok aman, kemudian saya hidupkan lagi dengan kick stater sambil mencari asal baunya ternyata dari ecm. "wadduh ECM kebakar" pikir saya.

Apa nih penyebabnya? Saya cek kembali saat kontak ON masih ada kedipan 52 yang menandakan CKP eror, padahal kabel tadi yang bermasalah sudah di amankan, dan juga sudah di reset ECM.

Kemudian saya cek kembali tahanan kabel-kabel yang ada di soket CKP sudah sampai di Soket ECM semua. tanpa adanya konsleting, tetapi kedipan masih tetap ada lur, "sambil berpikir keras" ada motor beat eSp sama persis, mau bagaimana lagi klo sudah tidak ada kabel yang putus atau konslet kemungkinan ya dari ckp nya, nah saya coba tuh ckp motor yang baru datang di pasang ke motor yang bermasalah, dan ternyata hasil tetap sama. kode MIl berkedip 52. waah agak berat nih kasus kayaknya.

Selanjutnya saya bilang ke pemilik untuk di tinggal dulu karena agak sulit nih nyari penyakitnya. yang pasti ecm sudah rusak.

Karena masih penasaran apa penyebab ini ecm terbakar dan lampu mil masih berkedip padahal kabel sudah aman, dan juga sudah saya coba pke CKp yang normal. pengecekan kembali di lakukan, mulai dari visual kabel body tidak ada yng mengelupas, pake multitester pun tidak terdeteksi konslet, langkah akhir ya mencoba ECM baru,

ECM baru pun saya pasang, kontak ON, sambil pegang tu ECM, suhu masih dingin. dan tombol stater di tekan skali hasilnya masih sama, malahan ecm baru ikut-ikutan panas dan terbakar. wadduh ngeri nih motor lur. sudah habis dua ECm.

Oya lur sedikit tambahan, saya juga sudah menyuruh mekanik lain untuk memeriksa kabel-kabel body karena munkin saja saya kurang teliti, tetapi sama saja tidak ada tanda kabel konslet saat di periksa dengan multitester.

Baca juga:
Cara manual reset TP dan ECM motor injeksi honda

Penanganan mulai nampak hasil

Awalnya saya mencoba menghidupkan motor tanpa aki ternyata tidak bisa dan api juga tidak keluar, padahal pengisian dari spul di periksa masih ada sebesar 14.5 v. karena sudah mentok keisengan pun di lakukan, soket dlc di jumper, soket Eot juga saya jumper, yang saya lakukan adalah reset Tp. hasilnya nah loh kok hilang kedip 52 tadi.

Selanjutnya motor pun di hidupkan dengan kick stater, saya coba lepas soket aki motor pun menyala "seperti nya nih motor sudah sehat" tetapi di sini saya masih takut untuk mencoba ECM baru lagi, takut kalo terbakar, rugi nya sudah besar gara-gara nih motor hadewh.

Walaupun begitu saya nekat mencoba ecm baru, dalam hati stengah yakin karena ini motor sudah mau hidup tanpa aki, harusnya sudah normal.

Kemudian ecm baru saya  pasang, tetapi tidak seperti sebelumnya yang memakai aki saat mencoba, di langkah ini saya mencoba ecm baru tanpa aki, motor di hidupkan memakai kick stater. dan brum mesin hidup, setelah beberapa menit kita periksa suhu ecm pun normal.

Kemudian aki saya pasang  dalam kondisi motor menyala selang beberapa menit dan kontak di putar ke off. saya lakukan lagi prosedur reset TP dan setelah itu stater saya coba dengan rasa takut, breemm motor pun normal, hingga beberapa kali percobaan tetap normal, "motor kesambet nih" pikir saya.

kesimpulan penyebab ECM terbakar

Sampai di sini sudah beres, jadi kesimpulan nya Kum3n.com punya beberapa tips, agar lebih hati-hati saat menangani trouble motor injeksi. berikut tips nya:

  • saat mencoba ecm baru pastikan tidak ada kode kegagalan yang di tunjukan lampu indikator MIL.
  • saat mencoba ecm baru alangkah baiknya tanpa menggunakan aki jika belum yakin.
  • lakukan reset ecm dan reset TP lebih dahulu sebelum menyalakan mesin.
  • pastikan tidak ada kabel yang konslet.

Munkin sampai sini dulu curhat tentang tragedi ECM terbakar yang saya alami. munkin saja kasus ini terjadi akibat saya pribadi yang kurang teliti, jadi anda harus lebih teliti jika menangani trouble kelistrikan di motor injeksi, jika munkin ada yang anda tanyakan mohon di komentar saja, selamat malam dan selamat istirahat.

Comments

  1. mas saya mau nanya saya ada motor beat fi pop thn 2015 nah motor saya mati total lampu lampu indikator mati semuah..
    pas saya cek sekring ecu nya putus trus saya pasang lagi trus putus lagi ?kira kira apa yah masalah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat di kontak on sekring langsung putus? atau saat di stater? atau saat sistem beban di hidupkan mas?

      Sudah di pastikan ada kabel yang konslet apa belum?

      ¤ Jika sekring putus saat di kontak on, biasanya kabel yang berhubungan dengan lampu kota ada yang konslet.

      ¤ Jika saat sistem beban di hidupkan, misalny saat klakson, atau sein di hidupkan sekring putus, coba anda periksa kabel yang berhubungan dengan beban tersebut.

      ¤ Jika sekring putus saat di stater, coba anda periksa coil nya. Bisa juga anda pastikan dengan motor yang sejenis. Tidak di anjurkan mengganti coil lain, karena bs brujung ecm mledak.

      Delete
    2. Kalau keadaan kontak off dan sekring 10amper ecu.putus terus saat di pasang apa biasanya mas yg konslet. Speda saya vario 125 k60 non iss

      Delete
  2. gan vario 110 tecno ane kemarin persis kayak gini kejadiannya, CDI nya panas dan bau hangus keluarin asap, tapi aki normal sein nyala, setiap di starter bau hangus dan asap keluar, akhirnya ane ganti CDI juga sekalian kiproknya

    kira kira kenapa ya gan bisa CDI nya hangus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang sy temui cdi/ecm terbakar di sebabkan koil konslet mas, naah kadang ada yg mau mutus sekring saat terjadinya konslet itu, tapi kadang jg ada yg tidak putus sekring nya. Jd nya yg kalah cdi terbakar kluar asap.

      Ada juga yg di sebabkan dari ckp yg bermasalah.

      Naah untuk motor mase sebelum terjadi itu historinya gmna. ? Tiba2 saja atau abis kena apa?

      Delete
    2. tiba tiba saja mas pas lagi jalan mesin langsung mati, terus kalau kunci di ON keluar bau hangus dari CDI nya

      Delete
    3. Motor belum sebulan saya tambahin lampu sein belakngnya mas, seperti kayak bis malam gitu

      Delete
    4. Oowh di tambahin lampu hazard gt ya (sein kedip dua2 nya)?

      Vario nya yg sudah injeksi blm mas?

      Delete
    5. Untuk mtor injeksi tdk di sarankan menambah variasi di sistem kelistrikan mas, jk salah ambil arus bisa fatal akibatny.

      Delete
    6. motor lama mas Vario 110 tecno masih karbu, jadi lampu aslinya terus saya tambahin lagi lampu di dekat spakbor belakang kiri sama kanan, bukan lampu hazard cuma saya tambahin lampu sein

      Delete
    7. Ealah motor karbu ya.?
      Bisa jadi ada ksalahan pemasangan yg brakibat konslet mas, dan bisa jg karena kiprok/spul over. Tp saya sndri blm prnah nemui sih 😂

      Delete
    8. Mnkin lain kali jika mau menambah variasi lebih hati2 saja. Bisa browshing2 dulu atau bawa ke bengkel trdekat biar lebih aman

      Delete
  3. Saya juga punya Scoopy fi. waktu itu saya kecelakaan dan mendadak nggak bisa di starter tangan tetapi stelah beberapa kali di starter kaki bisa nyala,lalu saya bawa ke Honda untuk dicek katanya ecmnya yang bermasalah karna sudah di tes dengan ECM baru motor saya langsung normal kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ber arti bisa di simpulkan ecm di motor mase konslet akibat benturan keras

      Delete
  4. om mau nanya kenapa ya klau kontak on
    lampu indikator lampu sein sma klakson kok mati semua sama bunyi injector juga mati padahal aki masih bru
    kira" itu yang rusak ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika aki sudah di pastikan bagus, coba di priksa bagian sekring dan relay utama mas.

      Delete
  5. om mau nanya..
    motor saya scoopy mogok gabisa stater, tapi kick stater bisa cuma beberapa saat abis itu mati lagi..
    saya bawa ke bengkel honda katanya ecm dan kabel bodynya harus diganti..
    ecm sudah dapet tapi kabel body belom dapet..
    kata orang bengkel dibawa pulang aja nanti pasang ecm nya sendiri, dan kabel body yg rusak pake solasi aja..
    ini gimana om? apa bisa pasang ecm sendiri dirumah? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya memang habis kena apa mas motor nya,?
      Naah untuk kabel body yg rusak itu bagaimna kondisinya, jika cuma lecet sedikit ya aman saja jika di solasi.
      Untuk pasang ecm sendiri aman saja asal tak ada kabel yang konslet.

      Delete
    2. Oya motor mase scoopy yang tahun berapa? Sudah esp kah?

      Delete
    3. tahun 2015 om, sudah esp, scoopy yg iss . .

      Delete
    4. kayaknya abis kena jalan berlubang yg lumayan parah om..
      maaf om boleh minta nomer whatsap ga?
      buat ngirim kabel body nya.. makasih

      Delete
    5. Biasanya kasus sperti mase itu cuma kabel ckp di bawah throttle body yg mengelupas,

      Ini WA saya 081901997988

      Delete
  6. mas motor saya beat pop,mil nya kok nyala terus...knp ya mas kalo kayak gitu?,dulu awalnya pas mw ganti lampu utama,ada konslet jadi kabel positif kesentuh ke bodi...sekring putus...terus saya ganti sekring langsung normal...cuman yaitu mil nya gak mau mati,udah tak coba ke ahas,masih belum ketemu penyebabnya...,tapi selama ini gak ada masalah brebet,kendaraan normal2 aja gak pernah ada gangguan...,

    ReplyDelete
  7. Untuk reset Tp dn eot,ecm apa harus terpasang batrre nya

    ReplyDelete
  8. Siang mas nasrul...admin kumen.com . sy mau tanya.
    2 hari yg lalu jumat motor sy beat fi tiba2 mati lampu2 ikut mati, yakin pst aki kl begini, diganti aki baru oke jalan.

    Sabtu pagi sy pk motor utk kerja, pulang kerja sy ganti lampu ke bengkel sy kira lampu utama+blkg udh mati, trnyata pd normal, cek saklar normal, ternyata di kabel bodi ada yg kebakar, akhirnya disambung pake solasi. Oke jalan lg.

    Stlh 30menit perjalanan tiba2 mogok lg, lampu pd mati lg. Sy yakin kebakar lg. Ternyata bener, bwa lg kebengkel yg beda, penanganan sama di solatip lg. Sampe skr motor jalan.

    Yg jd pertnyaan, apakah saat setelah pemakaian motor kabel bodi ikutan panas sprti mesin atau tidak ?

    Trm ksh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di solasi kabel warna apa,
      Seharusnya tidak panas jjika tidak ada yang konslet.

      Delete
  9. Bang, klo punya saya

    Setelah saya melakukan perjalanan jauh, sesampainya dirumah istirahat sekitaran 5 jam. Setelah itu saya mencuci motor dan mendiamkannya selama 3 Jam setelah dipanasi. Pada saat saya jalan pulang sekitaran 3KM, tiba-tiba motor mati total dan gk bisa nyala lagi (Tidak ada lampu apapun yang hidup ) termasuk lampu spedometer. Setelah itu didorong sampai rumah dan saat dihidupkan ON, tiba-tiba keluar asap yang sangat banyak yg berasal dari EMC dan sudah ada percikan apinya. Pada saat itu saya siram dan saya lepas EMC itu dan ternyata sudah hangus dibagian dudukan antara EMC dan Kabel nya (Kabel Hangus dan EMC juga Hangus ). Klo itu masalahnya dimana ya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan saya, motor nya ap. Dan apakah ukuran sekring semua standar?

      Mnurut saya ada kabel yg mengelupas dan saat di cuci jadi basah lalu terjadi konslet, parahnya kabel tersebut langsung berhubungan dan ECM.

      Delete
  10. Gan gw mau tanya .gw ngerjain Beat rap awalnya stater ga idup cuma relay cetek" tapi ga bisa konek ke stater acg.tapi kalau di kick stater idup normal n lampu mil normal.
    gw coba ganti relay Masi sama gw ganti sekring ECM malah jebol.
    Problem nya di mana yah?tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti coil nya, tapi kasih koil yg ori untuk montor itu, jngan coba-coba coil motor lain.

      Oya untuk sekring jangan anda kasih yang ukuran di atas nya ya, nanti bisa kalah ECM nya.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mas Nasrul, maaf nih minta bagi ilmunya.
    Motor saya Beat Pop 2016, kemarin mau ganti lampu belakang, sein sama senja depan, pakai LED merk Lum***s, biar irit. Lampu senja di pasang bisa nyala, pas ganti lampu belakangnya, kontak on langsung konslet mas. sekring 10A putus, kenapa ya mas, setahu saya arusnya sdh DC. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan ngerubah kabel apa tidak?

      Delete
    2. Tidak merubah kabel mas, hanya lampu senja depan d ganti LED, nyala. trus pas ganti lampu belakang pakai LED begitu kontak ON, korslet, fuse 10A putus. Saya ganti lampu aslinya, nyala normal

      Delete
    3. Ganti lampu asli konslet tidak? Kalau tidak ya lampu led nya konslet.

      Delete
    4. Ok mas, tq infonya. Sama satu lagi nih, sy kan pasang Lampu Depan, LED merk Tyt* 8/8 watt. Cuma pas kontak on mesin nyala, lampu hidupnya kedip (ga stabil terangnya). klo d matiin pke standar samping, nyala terang, stabil. solusiny gmn ya om, bisa ga di ambilin arusnya dr lampu senja depan, atau dari kontak. terima kasih bnyak

      Delete
    5. Ambil saja dari kabel lampu yg lama malah aman, emang itu di ambilkan kabel mana?

      Delete
    6. Sekarang, dari lampu yang lama om, cuma masalahnya klo langsam, lampu kedip (terang-redup)

      Delete
    7. Eh itu bukan lampunya ya mas, soale ada temen jg nyari lampu led yang model kyak gitu.

      Jadi saat langsam dia kedip, tp klo buat kencang dia terang.

      Delete
    8. Iya betul mas, knpa ya.? soalnya kan katang beat pop yang esp sdh DC, soalnya pas dimatiin pke standar samping, lampu depan tetep nyala, malah lebih terang

      Delete
    9. Sepertinya memang lampu nya mas, model nya seperti itu.

      Delete
  13. Mas selamat siang .. saya mau tanya Dulu motor beat pop saya keluaran 2015 kebakar ACU nya karena konseleting .. Kodo Acu nya K25G 601 Tapi barang itu tidak ada.. lalu saya ganti Acu beat juga tapi kode nya beda.. K25G 600 .. memang motor saat ini normal.. tapi kyak mana kalo untuk kedepan nya.. apakah bermasalah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beat pop.nya ada fungsi iss tidak "idling stop system" ?

      Klo tidak aman saja..

      Delete
  14. Siang mas, motor sy soopy 2014. Awalnya sy cuci motor plus ganti lampu depan. Sampai rumah motor jalan normal, selang berapa menit ketika sy hidupkan lagi motor langsung mati total.. starter dan kick starter pun tetep gabisa.
    Sy udah bawa ke 3 bengkel berbeda kesimpulannya sama, ECM nya jebol dan harus ganti.
    Pertanyaannya, kalo saya ganti ECM apa motor sy bisa normal lagi atau malah ecm yg baru ikut rusak?
    Masih pikir2 ganti ecm ngeliat harganya yg gak murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di motor ada penambahan variasi tidak?

      Saat ganti ecm pastikan ukuran sekring semua sesuai standar, jadi jika ada yang konslet ECM tetap aman.

      Kalau bisa sebelum di ganti ecm nya, bongkar dan bersihkan magnet dan spul.

      Delete
  15. mas tanya...motor saya beat esp..dobel stater kadang nyala kadang,waktu cek d bengkel resmi aki,sekring ,relay semua normal...kata nya ada kendala pada ecm,minta solusi nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beat esp biasanya kendala di stater karena kabel CKP di bawah throttle body mengelupas dan terkena mesin, pastikan itu dulu.

      Delete
  16. mas motor saya pas shocket dari ecm saya lepas lampu speedometer hidup. pas saya pasang shocket ke ecm lampu spedometer nys mati. ini motor ga bisa di stater dan kick stater. awal mulanys karna sekring putus terus says ganti selang beberapa lama motor udah ga bisa hidup. padahal sekring bagus. apa ecm nya perlu di reset ulang mas? motor saya beat street

    ReplyDelete
  17. mas, motor saya beat fi 2013, mati total, montir ahhas vonis itu ecm mati, nah pas abis saya ganti baru, baru di pakai 3-4km mati total lagi, dan montir ahhas bilang itu ecm nya lagi.. setelah itu saya beli ecm, koil, sama spul baru .. dan nyala seperti normal, tapi baru di pakai 1-2km mati total lagi, itu kenapa ya? kabel udah di bongkar semua dan tidak ada yang putus atau terkelupas.. tapi socket yang dari ecm (kabel warna kuning) yang di pasang ke koil itu ngeluarin percikan, itu gimana ya? sekarang kondisi motor saya mati total..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas di ganti coil, coil nya asli standar nya tidak, soale kebanyakan ganti pake yg bukan kode bawaan nya jadi konslet lagi.

      Delete
  18. Ass mas mau tanya nih motor saya beat Fi x, kan motor saya penuh lampu touring padalhan udah 2 tahun ga knpa2 tapi saya bingung knpa ya di cabut kunci malahan nyala klaksonya sama lampu klilomernnya nyala terus tapi yang lain mah ngga, mohon ilmunya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambungan kabel nya ada yg konslet, di cek dulu.

      Delete
    2. Malam mas saya yang punya motor beat fi itu, udah saya cek dan kabel2 lampu touring saya copot semua tapi masih kaya gitu, apa kabel body ya mas mohon ilmunya makasih

      Delete
    3. Pasti ada yg konslet mas, itu ada arus yg langsung kena sistem beban.

      Delete
  19. koil k25 dipasang ke k46 KIRa2 bisa merusak ECU gak mas?

    ReplyDelete
  20. Mau tanya om... motor ane beat esp 2015... maslahnya soket ECU.nya ada yg kebakar ... yang menyebabkan . Stater kadang idup kadang gak...... kalo mau beli soketnya disini susah bnget om. Pling soketnya saya bersihin doang ... ... klo gtu bisa jdi maslah gk om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebakar biasanya akibat soketnya kendor, bisa jadi maslah klo masih kendor, sebisa munkin harus di kencangkan.

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.