Pengertian CDI & Perbedaan CDI AC/DC



CDI (Capacitor Discharge Ignition) menurut fungsinya adalah mengatur waktu/timing untuk meletikan api pada busi yang sudah dibesarkan oleh coil untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesin.

CDI pada kendaraan adalah komponen yang sangat penting, tanpa adanya CDI maka kendaraan bermotor anda tidak akan hidup.

perbedaan cdi ac da dc

CDI sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni CDI AC dan CDI DC. Untuk keluaran motor terbaru saat ini sudah banyak yang menggunakan CDI type DC. Secara umum, sistem pengapian DC mempunyai kelebihan yang sangat menguntungkan.

Baca juga:
diagram sistem pengapian beat fi esp

Inilah beberapa Perbedaan pengapian CDI AC dan DC berdasarkan sepul pengapian dan juga pulser yang sudah terpasang di blok mesin pada sepeda motor.

• Pengapian CDI AC.

Yaitu sumber tegangan yang di hasilkan oleh CDI AC di peroleh dari sepul yang di teruskan ke kiprok. Kelebihan pada pengapian CDI AC yaitu komponen yang di gunakan jauh lebih simpel dan ringkas. Karena sepul pengapian dan sepul penerangan terpisah. Tidak berhubungan dengan sistem pengisian baterai. Kekurangan untuk pengapian CDI AC sendiri yaitu tegangan tidak stabil, kecuali rpm sudah di atas rata – rata 2000 rpm, dan kekurangan lainnya yaitu kawat sepul rentan putus atau terbakar.
contoh beberapa sepeda motor yg menggunakan CDI AC, supra 100, tiger dll

• Pengapian CDI DC.

Sumber tegangan yang telah di hasilkan oleh DCI DC di pararelkan dengan aki atau baterai motor dan bisa juga di bilang bersumber dari baterai. Kelebihan sepeda motor yang telah menggunakan CDI DC yakni tegangan arus yang bersumber dari aki lebih stabil pada putaran atas ataupun putaran bawah. Kekurangan dari CDI DC yaitu ialah pada kompoennya lebih banyak dan juga rumit, aki dan juga kiprok jika mengalami kerusakan akan bisa merusak DCI. Sangat sensitif terhadap konsleting.
Contoh sepeda motor yg menggunakan, karisma, supra 125, mega pro.

Baca juga:
cara memeriksa kebocoran arus pada motor

Itulah penjelasan tentang cdi ac dan cdi dc, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments