Halaman

    Social Items

Selamat malam sedulur 😊, kali ini kum3n.com akan menulis catatan tentang warna kabel kiprok pada semua merk sepeda motor, tentunya anda sudah tahu kan kalau onderdil motor ini sangat erat kaitan nya dengan sistem kelistrikan sepeda motor, sparepart ini sangat penting untuk menjaga kestabilan tegangan arus liatrik yang sangat besar dari hasil kerja kumparan spul speda motor.

Kiprok atau bisa di sebut juga regulator ini memiliki ukuran relatif kecil, munkin ukuran kiprok sepeda motor yang paling besar kurang lebih sama dengan bungkus rokok, namun part ini mempunyai peranan penting, dan jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor anda bermasalah cukup serius.

Seperti yang sudah kita tulis sebelumnya, fungsi kiprok yang pertama adalah sebagai komponen penyetabil arus liatrik dari sepul yang menuju ke aki motor. Tegangan arus listrik yang masuk pada aki motor sudah di sesuaikan menurut kapasitas volt dan ampere yang terdapat pada sepeda motor. Pada umumnya sistem kelistrikan yang ada di indonesia adalah 6volt dan 12 volt.

Selanjutnya fungsi kiprok yang kedua ialah sebagai pengubah arus listrik AC (alternating current) dari spul sepeda motor menjadi arus DC (direct current). Arus DC ini yang kemudian di simpan oleh aki motor dan kemudian di sebar untuk kebutuhan sistem beban seperti, klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu utama, dan lampu kontrol spedometer motor.

Baca juga:
Prosedur Cara pengecekan kebocoran arus dan sistem pengisian pada motor

Soket dan warna kabel sepeda motor umumnya tidaklah sama, baik itu soket kiprok motor honda, soket kiprok motor yamaha, soket kiprok motor suzuki dan soket kiprok motor kawasaki, namun sistem kerjanya bisa di bilang sama, dan jika anda jeli dan teliti anda juga bisa mengkanibal kiprok dari kiprok motor lain yang beda merk. Misalnya kiprok motor honda di pasang pada motor yamaha atau sebaliknya.

Sebagai panduan anda jika hendak mengkanibal kiprok dari motor yang beda merk. Berikut ini susunan warna kabel kiprok dan fungsinya untuk semua motor untuk menghindari salah sambung yang berakibat fatal.

Satu lagi untuk motor yang satu merk tapi beda jenis, misal nya untuk motor honda grand, mega pro, anda. Bisa berpatokan pada fungsi warna nya. Contoh di honda grand dan mega pro kabel warna kuning memiliki fungsi yang sama yaitu penerangan/lampu. Karena di motor era karburator semua warna kabel memiliki fungsi yang sama dalam satu merk. Saya beri contoh lagi agar tidak bingung. Di motor yamaha jupiter kabel hitam sebagai massa, dan di yamaha mio juga kabel hitam memiliki fungsi sebagai kabel massa. Bagaimana bisa di pahami kan lur.?

Ini lah warna kabel soket kiprok dan fungsinya:

Honda.


Warna kabel kiprok Fungsi
Kuning Lampu
Putih Pengisian
Merah Battery 12volt (+)
Hijau Massa (-)

Warna kabel kiprok Mega pro.
Menaikkan voltase Win dengan memakai kiprok grand.

Yamaha.


Warna kabel kiprok Fungsi
Kuning Lampu
Putih Pengisian
Merah Battery 12volt (+)
Hitam Massa (-)

Suzuki.


Warna kabel kiprok Fungsi
Putih/merah W/R Pengisian
Kuning/putih Y/W Lampu
Merah R Battery 12volt (+)
Hitam/putih B/W Massa (-)

Kawasaki.


Warna kabel kiprok Fungsi
Hitam/Kuning Groud (massa)
Biru/Putih Pengisian
Kuning Lampu
Putih/Hitam Battery 12V

Artikel lain:
Mengetahui warna warna kabel di motor dan fungsinya

Itulah ulasan artikel dan tabel tentang kiprok dan warna kanel kiprok untuk semua motor, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Warna kabel kiprok dan fungsinya semua merk motor

Selamat malam sedulur 😊, kali ini kum3n.com akan menulis catatan tentang warna kabel kiprok pada semua merk sepeda motor, tentunya anda sudah tahu kan kalau onderdil motor ini sangat erat kaitan nya dengan sistem kelistrikan sepeda motor, sparepart ini sangat penting untuk menjaga kestabilan tegangan arus liatrik yang sangat besar dari hasil kerja kumparan spul speda motor.

Kiprok atau bisa di sebut juga regulator ini memiliki ukuran relatif kecil, munkin ukuran kiprok sepeda motor yang paling besar kurang lebih sama dengan bungkus rokok, namun part ini mempunyai peranan penting, dan jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor anda bermasalah cukup serius.

Seperti yang sudah kita tulis sebelumnya, fungsi kiprok yang pertama adalah sebagai komponen penyetabil arus liatrik dari sepul yang menuju ke aki motor. Tegangan arus listrik yang masuk pada aki motor sudah di sesuaikan menurut kapasitas volt dan ampere yang terdapat pada sepeda motor. Pada umumnya sistem kelistrikan yang ada di indonesia adalah 6volt dan 12 volt.

Selanjutnya fungsi kiprok yang kedua ialah sebagai pengubah arus listrik AC (alternating current) dari spul sepeda motor menjadi arus DC (direct current). Arus DC ini yang kemudian di simpan oleh aki motor dan kemudian di sebar untuk kebutuhan sistem beban seperti, klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu utama, dan lampu kontrol spedometer motor.

Baca juga:
Prosedur Cara pengecekan kebocoran arus dan sistem pengisian pada motor

Soket dan warna kabel sepeda motor umumnya tidaklah sama, baik itu soket kiprok motor honda, soket kiprok motor yamaha, soket kiprok motor suzuki dan soket kiprok motor kawasaki, namun sistem kerjanya bisa di bilang sama, dan jika anda jeli dan teliti anda juga bisa mengkanibal kiprok dari kiprok motor lain yang beda merk. Misalnya kiprok motor honda di pasang pada motor yamaha atau sebaliknya.

Sebagai panduan anda jika hendak mengkanibal kiprok dari motor yang beda merk. Berikut ini susunan warna kabel kiprok dan fungsinya untuk semua motor untuk menghindari salah sambung yang berakibat fatal.

Satu lagi untuk motor yang satu merk tapi beda jenis, misal nya untuk motor honda grand, mega pro, anda. Bisa berpatokan pada fungsi warna nya. Contoh di honda grand dan mega pro kabel warna kuning memiliki fungsi yang sama yaitu penerangan/lampu. Karena di motor era karburator semua warna kabel memiliki fungsi yang sama dalam satu merk. Saya beri contoh lagi agar tidak bingung. Di motor yamaha jupiter kabel hitam sebagai massa, dan di yamaha mio juga kabel hitam memiliki fungsi sebagai kabel massa. Bagaimana bisa di pahami kan lur.?

Ini lah warna kabel soket kiprok dan fungsinya:

Honda.


Warna kabel kiprok Fungsi
Kuning Lampu
Putih Pengisian
Merah Battery 12volt (+)
Hijau Massa (-)

Warna kabel kiprok Mega pro.
Menaikkan voltase Win dengan memakai kiprok grand.

Yamaha.


Warna kabel kiprok Fungsi
Kuning Lampu
Putih Pengisian
Merah Battery 12volt (+)
Hitam Massa (-)

Suzuki.


Warna kabel kiprok Fungsi
Putih/merah W/R Pengisian
Kuning/putih Y/W Lampu
Merah R Battery 12volt (+)
Hitam/putih B/W Massa (-)

Kawasaki.


Warna kabel kiprok Fungsi
Hitam/Kuning Groud (massa)
Biru/Putih Pengisian
Kuning Lampu
Putih/Hitam Battery 12V

Artikel lain:
Mengetahui warna warna kabel di motor dan fungsinya

Itulah ulasan artikel dan tabel tentang kiprok dan warna kanel kiprok untuk semua motor, semoga bermanfaat. Terimakasih.

150 comments:

  1. Sangat membantu menambah wawasan saya trimakasih terus lanjutkan dalam berkarya maaas sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Trimakasih banyak,,sudah membagikan artikel ini,

    ReplyDelete
  3. om mau tanya. gimana caranya kalo pasang kiprok tiger ke mio sporty?

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubah jdi fulware yak, begini. Kita harus tahu dahulu untuk soket kiprok di motor tiger kan ada lima noh yang atas ada 3 pin.
      1. Kiri atas aki +
      2. Tengah kabel dari kontak.
      3. Massa
      Pin 2 yang bawah.
      1. Kiri bawah pengisian.
      2. Kanan bawah pengisian.

      Sekarang kita tanam ke mio.
      Untuk pin 3 yang atas.
      1. Kiri atas carikan kabel merah aki.
      2. Tengah kabel coklat dari kontak.
      3. Hitam massa dari aki.

      Pin 2 yang bawah.
      1.kiri bawah kabel putih spul.
      2.kanan bawah massa dr spul/hitam.

      Jadi kabel penerangan/kuning kita putus dan amankan dengan solasi.

      Saya sarankan aki lepas dahulu saat pemasangan.

      Delete
  4. awalnya motor sudh di rubah fulwave sya standarin lagi ngikutin jalur ini malah kiprok jadi panas
    artikel nya ga tau bener apa kaga
    motor honda beat karbu 2008

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas kebakar apa anget, kalo kiprok kerja ya wajar dia agak panas, tapi pastikan kabel tidak ada yang kebalik, tulisan di atas sudah saya praktekan.

      Delete
  5. Jika salah pemasangan,efeknya apa mas?
    Apakah kabel melepuh atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi seperti itu, bisa juga pengisian aki tidak ada, penyebab lampu putus, dan bisa jg pengapian hilang untuk motor yang menggunakan sistem pengapian DC

      Delete
  6. Kalau motor nyala kiprok ikutan panas, itu yg slah apanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiprok jika kondisi bekerja memang agak panas mas, dan itu wajar.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Gan, mau tanya.
    Model Jack(slot) Yamaha dan Honda sma apa gk..

    ReplyDelete
  9. klo posisi kiprok di vario 125 PGM FI, dimana nya ya gan?
    ada yg bilang jadi 1 sama ECM / ECU nya.
    Vario sy sering putus lampu utama nya terutama pas RPM mesin tinggi. perkiraan sy sih kiprok nya masalah, petimbangan kedua, relay start comp nya.
    menurut agan gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi kiprok vario 125 jadi satu sama ECM mas, di sisi kabel-kabel soket yang agak besar.

      Gini aja mas, coba motor di hidupkan trus akinya lepas, motor mati apa tidak, selain dengan cara itu coba di cek volt pengisian nya melebihi batas apa tidak.

      Delete
  10. terima kasih mas nasrul atas respon nya.
    maaf sebelumnya, sy agak awam dalam dunia otomotif.
    'coba motor di hidupkan trus akinya lepas' itu maksudnya, motor dinyalain mesin nya, trus dalam kondisi tsb, aki nya dilepas? kabel negatif dulu atau positif dulu mas yg dicabut?
    mohon maaf, sy bener2 awam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya posisi motor hudup cabut kabel negatif (-) aki. Yang positif (+) tidak usah di cabut, kalau motor masih hidup berarti normal.
      Tidak apa-apa mas santai saja.

      Delete
  11. aki sudah dicabut, motor masih hidup mas. berarti kelistrikan nya normal atau gmana mas?
    trus apa lagi yg mesti dicek?

    ReplyDelete
  12. avometer ada dirumah. sy lagi dikantor. kuli malam. hehehe..
    oiya, info aja. tadi pas negatif aki nya dicabut, lampu utama agak kedap kedip gitu. kaya tegangan gak stabil.
    klo ud dirumah dan ada avometer, apa yg mesti sy cek mas? dan bagaimana ngcek nya?
    thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar itu mas, karena cuma ngandalin arus dari spul, jadi dalam kondisi stasioner voltasenya tidak stabil.

      Gimana jelasin nya ya, haha, gini mase lepas cover segitiga plat no nya, trus lepas soket lampu depan nya, hubungkan avo posisi DC skala 50 ke kabel putih dan massa (saklar lampu posisi jarak dekat), nah lihat volt pada avo saat di gas naik trus apa tidak, seharusnya naik tapi dia turun lagi, jika naik trus berarti voltase tidak di batasi oleh kiprok.

      Delete
  13. "trus lepas soket lampu depan nya" ini berarti, tameng lampu dicopot ya? jadi terbuka bagian dalam keseluruhan tempat aki?

    "ke kabel putih dan massa" ini maksudnya ke kabel yg dimana mas?

    ReplyDelete
  14. mirip dengan ini kah tujuan nya?
    "https://www.kum3n.com/2017/12/memeriksa-kebocoran-arus-dan-pengisian.html"

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://1.bp.blogspot.com/-oUxRLrYraoA/WrpkKPOY8OI/AAAAAAAAAIY/U9d2BOJhiKMm39EyiyDlbKAsN93l7kqOwCLcBGAs/s1600/test%2Bvolt%2Blampu.png
      Begitu juga bisa, itu untuk cek pengisian, nah klo ini kita cek arus ke penerangan, arahkan satu kabel multi ke kabel putih di soket ini, dan untuk massa nya bisa di tempelkan ke body atau negatif (-) aki.

      Delete
  15. oke mas nasrul. nanti klo ud dirumah sy coba.

    "jika naik trus berarti voltase tidak di batasi oleh kiprok. " ini berarti kiprok nya rusak ya mas? atau gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, klo naik trus kiprok rusak, test juga arus pengisian standar sya 14,.. volt.

      Tapi yg sering saya temui di motor injeksi karena lampu di motor sekarang hidup trus, jadinya panas dan cepat putus, cara akali biar awet di kasih saklar lampu tambahan, atau bisa juga selang seling penggunaan jarak dekat/jauh, misal waktu malam pake lampu jarak dekat, dan siang pake pake lampu jarak pendek.

      Delete
  16. ini mas hasil tes soket lampunya

    https://drive.google.com/file/d/1yx-YB1G_X9H3vol-WPErxzEEgUJ4Gjul/view?usp=drivesdk

    pas di gas kenceng pun, goyang sebentar jarumnya, tapi tetep balik kesitu.

    ReplyDelete
  17. oiya mas, yg di sini
    "https://www.kum3n.com/2017/12/memeriksa-kebocoran-arus-dan-pengisian.html"
    kok ada perbedaan antara gambar dgn penjelasan nya.

    "hubungkan Probe merah positif (+) AVO meter pada kabel negatif battery (-), sedangkan probe hitam negatif (-) AVO meter pada terminal positif battery (+)."

    sedangkan digambar probe hitam avo malah ke negatif batre.

    yg bener yg mana nih mas?

    ReplyDelete
  18. sudah sy cek keduanya, negatif dan positif batre, dgn probe merah ke kabel negatif batre. hasilnya tidak ada pergerakan jarum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas, saran saya pake lampu asli ahm, ya itu tadi selang seling penggunaan jarak dekat/jauh nya

      Delete
    2. kalo soal selang seling pemakaian sih udah sering dijalanin mas.
      trus penggunaan bohlam 18w (dibawah standar) itu seharusnya malah bagus ya, mengurangi beban kelistrikan. itu klo menurut sy pribadi sih :D.
      apalagi sy udah ada 5x ganti 1 set bohlam lampu utama yg asli ahm.

      aki yg aus, bisa pengaruh gak mas? karna sblumnya motor klo di starter sekali sempat ngblank spidometernya, dan ga mau nyala mesin.
      distarter kedua kali baru nyala.
      nah dr kejadian itu akinya skarang ud sy ganti. baru aja 4 hari yg lalu.

      apa iya, aki tsb berpengaruhi sm lampu yg sering putus?
      trus gimana bisa aki itu aus? bukan nya ada pengisi aki (kiprok).

      bgitu yg jd analisa sy mas.
      analisa dr orang awam otomotif dan kelistrikan :D

      Delete
    3. Memang kalo watt di kecilin akan ngurangi beban, tp biasanya kalo lampu tidak asli akan lebih panas suhunya, dan banyak jg yg rusak kebakar reflektornya akibat dr lanpu kw trsebut.

      Aki hanya menyetabilkan arus, yg mempengaruhi spull dan kiprok,

      Jika pengisian normal, Aki rusak karena memang komponen nya rusak.

      Delete
  19. Mas mau nanya, kalau Alternatif Kiprok Pengganti untuk Honda Tiger 2000 apa yah yg bisa mendekati biar pas spya tdk terjadi koslet dan sebagainya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiger kiproknya fulware mas, jadi dari spul smua masuk ke kiprok, alternatif..? Mega pro sama, tapi ya itu harganya lumayan, kalo memang nyari yg agak murah, coba pake alternatif KW, seperti indop*rt, fukuy*ama dll.

      Delete
  20. Mas saya mau tanya dong,motor saya vario techno 125 iss,saya sudah nyimak komenan diatas,sebelumnya saya udah 3x ganti aki tetep aja aki tekor terus,ga kuat 1 hari.saya sudah coba tes cabut kabel aki saat motor hidup dan hasil nya motor mati,tapi di lampu mil injeksi ga ada kasih kode eror seperti normal saja,apa itu berarti kiproknya rusak?dan kalau ganti berarti harus 1 set sama ecm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek pengisiam dari spul, pastikan kabel R/Y "merah/kuning" di soket kiprok (kabel besar di ecm) ada arus saat di stater

      Delete
    2. Klo ganti kiprok satu set dengan ecm, lebih mudah nya coba dulu dengan ecm lain yg normal, lalu tes hidupkan tanpa aki

      Delete
  21. Mas klau fino premium cara ubah ac ke dc bgmn ya..tolong infonya dong boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya bagaimana ya, klo pengapian bukane fino sudah DC

      Delete
  22. Gun mau nanya ne , klw kiprok rx spesial sama gak dengan rx king, habisntu wayarnya fungsi nya apa, thank sebelumnya atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya semua kluarga yamaha yang memakai kiprok 4 pin sama, untuk rx king pernah saya bahas di sini

      https://www.kum3n.com/2018/05/Jalur-pengapian-pengisian-king.html

      Delete
  23. Mas kalau kiprok motor Kawasaki athlet bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetukan sy blm prnah melihat scara langsung, tapi sepertinya sama saja, coba beri tahu saya warna kabel yang brada di soket kiprok nya.

      Delete
  24. Trouble nya sulit untuk mencari kabel Switch staternya untuk pasang alarm motor Kawasaki athlet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencari kabel switch stater mudahlah, buka saja cover kepala nya, intip bagian kabel switch steter kan kliatan.

      Delete
  25. Gan Mau Tanya Kalau Mau Pasang kiprok Cb15CB dengan Kiprok aslinya ,, gimana Ya Gan Mohon Pencerahan nya Dgn jalur jalurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksudnya bagaimana mas, klo kiprok asli kan tinggal pasang saja.

      Delete
  26. Met malm mas nasrul ... motor sya smash 2005 ... kondisi motor g da aki ... tadi nya normal ...skrang motor klo kondisi idup dan di gas kaya ke abisan bengsin ndut ndutan .trus di bwa ke bengkel kata nya pke aki aja ...emng si klo pke aki lancar .cuma yg ag bingung aja ...tadi nya emng lancar lancar aja g pke aki juga ... saya takut nya klo pke aki ntr aki nya tekor takut maslh di kiprok karna kiprok rusak ... apa besar kmungkinan di kiprok ya mas ...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini mas, motor smash menggunakan sistem pengapian DC yaitu bisa di katakan mengandalkan aki, memang motor jika tanpa aki bisa hidup, tapi efeknya akan merusak sistem pengapian trutama CDI, walaupun efeknya tidak secara langsung.

      Kesimpulan nya:
      Bengkel yang menyarankan tidak salah, jadi aman nya pasang aki saja. Jika motor mase masih bisa hidup walau ndut2 an, bisa di katakan kiprok masih berfungsi.

      Delete
    2. Mksh respon ny mas arul ... kira piling mas arul motor saya ada kendala engga di kiprok ... soal ny saya takut stelah bli aki mlhan g kuat lama alias tekor hnya gara2 kiprok rusak ... saya baca dari kiprok guna nya pengisian aki

      Delete
    3. Mnurut saya normal, cuma cdi yang melemah.

      Kalau memang kiprok rusak aki akan drop dengan penggunaan motor selama sehari dua hari. Kalau kurang yakin suruh bengkelnya untuk cek kiprok nya sekalian mas. 😁

      Delete
    4. Ok mas nasrul ... . Klo misal kan motor udah pke aki ... sedang kan cdi melemah epek ny gmna ... dan kerusakan ny akan merembet ke yg lian engga ...

      Delete
    5. Efekny ya masih sama, brebet.

      Delete
    6. Waaawwww ...btul skali om ... trnyata cdi udah ganti skrang noramal motor nya ...

      Skli lagi mksh bnyak ... ilmu mas sangat brmanfaat ... bagi orang lain smoga panjang umur dan bnyak rizki mas

      Delete
    7. Alhamdulillah, tapi kalau bisa kasih kan aki agar cdi awet.

      Aamiin aamiin, suwun doanya.

      Delete
  27. Sore mas, sy mau konsultasi motor shogun 110 sy kan arus lampunya sdh dirubah dr ac ke dc dan hasilnya motor dikontak on lampu lngsng nyala.. Pertanyaanya klau sein dihidupkan knp lampu jg ikut berkedip ya.. Mohon penjelasanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel massa lampu depan dan sein mas.

      Delete
    2. Mksdnya ada masa berlebihan atau gmn mas

      Delete
    3. Kurang massa biasanya, jadi dia ambil massa tetangganya

      Delete
    4. Waah gimana jelasin nya ya, lha sebelum di rubah dc normal kan? Klo normal, cek lagi sambungan-sambungan nya, munkin ada yg belum benar.

      Delete
  28. cara merangkai pengapian dan tanpa kontak gimana ya? Supra x lama buat drag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nanti saya buatkan diagram nya.

      Delete
    2. https://www.kum3n.com/2018/07/pengapian-dan-penerangan-supra.html

      Delete
  29. Gan mau tanya, jdi gini pada saat saya enak enak mngendarai sepeda motor, na trus motornya jdi ngadat posisi seperti mau khabisan bensin, na kira kira itu apa penyebabbnya, pdahal uda d service...kira kira dari aliran pengapiannnya atau dri mna??,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum di service lancar tidak?
      Motor nya apa?

      Pengapian bisa, service blum beres bisa.

      Delete
  30. Mas gimana cara nya buat ngisi baterai dari Spul ke baterai kereta soul gt 125 mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang trouble nya apa mas?

      Dari spul ke kiprok baru aki.

      Delete
  31. Mas klau langsung kan dari api Spul ke kiprop gak pa" itu mas. Kabel api nya aj di pasang ia mas ap sama badan nya juga mas

    ReplyDelete
  32. Trouble maksud nya bagian ap nya tumas mohon d bantuin ia mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada masalah apa di motor nya, kok otak atik kelistrikan

      Delete
  33. Maksud nya kabel dari api Spul di pasang ke kiprop bisa tu mas bantuin ia mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana saya bantuin kalau penjelasan anda tidak jelas.

      Kalau cuma ganti kiprok kan tinggal pasang saja, kecuali kabel-kabel di motor anda sudah di rubah.

      Delete
  34. Gk ad api nya kabel putih mas. Padhal api dari sepul ad d mna nya salah tu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel putih yang dari mana, ?
      yang ada api kabel warna apa?
      Motor nya mogok?

      Delete
    2. Kalau kabel warna putih aliran nya dari mna mas

      Delete
    3. Saya kan tanya, lha yang anda cek kabel putih dari mana?

      Delete
    4. Benerin motor kalau tidak di depan mata, saya harus tau dulu kondisi nya gimana, ini kerjaan terlihat mas, bukan tebak-tebakan

      Delete
  35. Kalo Akinya ga ngisi itu gmna ya mas ? Kan Motorku baru ganti projie led pada lamp depan , lampu dpan , blkang dan sein sya sambungin ke aki jdi smua lampu klo nyala ngamblnya arus dri aki , tpi blm lama akinya udh tekor lagi minta dcas lagi , pdahal di aki udh buat kabel cabang , 1nya buat lampu2 satunya lagi dsambungin sma kbel kiprok warna merah (battery 12volt) sesuai dgambar , motor satria fu mohon penjelasannya mas

    ReplyDelete
  36. Mas... aku punya honda win msh 6v..
    pengen jadi 12v..
    yg mesti diganti apa aja sama pake punyanya sapa��?
    nah terus cara pemasangannya juga gmn mas.. kiprok bawaan win kan cma 3soket tuh..
    yah pokoknya minta tolong dijelasin deh mas..
    tar yg ga ngerti saya ngacung lagi ��

    Tolong dbantu ya massss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti ganti aki, spul 12v bisa pake punya prima, lampu ganti yg 12v, kiprok ganti punya supra/grand.

      Delete
    2. Aki udah ganti pake 12v, sepul lampu udah pasang pake prima (ngikutin kabelnya/ga ada yg drubah), nah kiprok saya mu pake grand urutan kabelnya gmn ya mas? di kiprok bawaan winnya cma soket 3kabel + ada kabel yg dskun 2 buah warna ijo sama ijo kuning sdangkan kiprok grand kan 4kabel.. jd gmn urutannya mas?

      Delete
    3. Ganti soket kiprok nya juga punya grand/jupiter.

      Coba kasih tau saya warna kabel yg berada di spul mas. Nanti saya bantu.

      Delete
    4. Soket kiprok udah saya ganti pake yg 4kabel.
      Kabel dari spul lampu kuning ama putih kan mas ya?

      Delete
    5. Saya udah sambung sih mas jd keempat kabel yg dsoket kiprok itu jdnya merah kuning ijo ama putih..
      merah yg nyambung ke aki, putih lsg dari spul lampu, ijo massa, kuning dari spul ama ke headlamp..
      pertanyaannya urutannya pada pin soketnya gmn yg benar? Soalnya yg skg saya pasang itu lampu dpnnya nyala tdk terang seolah2 msh mengandalkan sepul bkn dari aki, terang hanya klo lg di gas. Mohon dbantu mas ku...

      Delete
    6. Kalau mau nya lampu ikut aki ya kuning di soket lampu ambilkan langsung dari aki, sambung saja dengan kabel hitam stelah kontak. Tapi nanti lampu akan langsung nyala setelah kontak di putar On.

      Delete
  37. Kalo aki bisa kembung gitu apa penyebabnya mas ya motornya nouvo 2002 arus udh dc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek arus pengisian, seharusnya ± 14,.. V. Jika lebih berarti pengisian over.

      Delete
  38. Kalo di sepin aki baru buat jalan di stater bisa agak lma ber henti gk bisa di stater apanya ya om

    ReplyDelete
  39. Mau nanya mas motor supra th 2000 .awal beli gak ada akinya .lalu saya mau aktifkan semua .#dapat trouble dr dobel stater . Sama kunci kontaknya gg ada . Kabel bodi tinggal pasang saja .pinya ada semua hanya kunci kontak aja yg gak ada pinya .
    Kabel yg saya maksud kunci kontak warna hijau.merah.hitam-putih.hitam.
    Itu gimana ya .kunci kontak on montor gak mau hidup dan sebaliknya .?

    Sama pin dobel stater dri dasbor ada dua kabel kuning-merah.hijau itu gimana ya nyambungnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel kontak.
      Hijau = massa.
      Merah = arus dari aki.
      Hitam/putih = kabel dari CDI.
      Hitam = arus ke semua beban setelah kontak di putar on.

      Delete
    2. Pin stater.
      Kuning/merah dan hijau dari switch stater,
      Kuning/merah menuju relay staternya. Sebenarnya sama dengan yang saya bahas di sini
      https://www.kum3n.com/2018/05/diagram-jalur-sistem-double-stater.html?m=1

      Delete
  40. Berarti udah bener .

    Ada satu lagi mas .
    Ketika kontak on kiprok memanas .ketika mesin belum nyala . Waktu nyala suhu panas melonjak sampek soket pin regulator lepas dari regulator... ?solusinya mas . 😁✌ . Udah habis 2 regulator sama CDI . ?😁😁😁KONSLET

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg kebalik kabel arus di soket kiprok nya itu, cek lagi. Kiprok nya pake punya apa?

      Delete
  41. Replies
    1. Beat di kabel body supra 100 beda mas bro, cari yg supra lama.

      Soket kiprok supra seperti gambar ini

      https://2.bp.blogspot.com/-0xTPwKSDydE/WtImoOxKpVI/AAAAAAAAFmQ/HWxhqAlnTuUELZbeSEwtiHqYfEEiSxZtgCLcBGAs/s1600/jalur%2Bkiprok%2Bkawasaki%2Bkaze.png

      Sedangkan beat soket nya sama dengan vario.

      Jadi beda ya konslet.

      Delete
  42. Trima kasih pak bos.. sukses terus .buat pengalaman pakbos...

    ReplyDelete
  43. Gan mau tanya motor saya sogun 125 th 2004
    Mau saya bikin fulwave. Gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca bahasan saya yang ini.
      https://www.kum3n.com/2018/07/rubah-kelistrikan-menjadi-fullwave.html

      Delete
  44. Saat menggunakan kiprok mio speedometer suka mati tapi kalau sudah panas speedometer nya aman,terus saat rpm tinggi lampu depan stabil gak terang berlebihan. Tetapi saat diganti menggunakan kiprok ori satria fu speedometer aman namun penerangan lampu jadi terang berlebih saat rpm tinggi yang menyebabkan reflektor melepuh. Apa ya penyebabnya gan? Pemakaian aki kering cuman nyampe 6 bulan saat menggunakan kiprok mio,gatau sekarang pake kiprok ori soalnya aki soak kayaknya
    Motor saya satria fu tahun 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mnurut sya akibat saat menggunakan kiprok mio spedo normal saat panas itu di sebabkan aki soak,

      Sedang jika menggunakan kiprok ori nya lampu lebih terang di sebabkan kiprok orinya memberi arus yg berlebihan, artinya kiprok tersebut rusak.

      Delete
  45. Mas, supra x 125 karbu , kalau ganti regulator punya honda non fullwave, yg bisa langsung pasang, pakai punya honda apa ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kiprok supra x 124 fullwave yak, sepertinya tidak,

      di situ hanya ada 4 pin di soket nya, ganti saja denga kiprok vario atau jupiter karena samA-sama 4 pin.

      Asal kabel pengisian dan penerangan nya tidak kebalik pasti aman.

      Coba anda samakan dulu warna kabel nya dengan gambar soket vario di atas. Soalnya saya agak lupa posisi warna kabel di soket kiprok supra 125, yang saya ingat di situ cuma ada 4 pin.
      Jika posisinya sama langsung pasang juga aman, tapi jika posisi warna nya berbeda dengan vario anda harus pindah kabel.

      Delete
  46. Om mau nanya,motor saya Vega 2009,Jlan kondisi malam hari lampu utama kaya ngedip gitu,trus lampu rem belakang gak mau nyala,tp keadaan g di gas lampi rem belakang bisa nyala,itu kiprokny yg rusak/CDIny om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gas di tarik lampu jadi redup yak, dulu pernah saya alami memang rusak kiprok nya. Tapi pastikan dulu tak ada kabel lampu yang kendor.

      Delete
    2. Habis plang kerja kmren smpat saya cek g ad yg kendor om,brrti itu kiprokny ya om...

      Delete
  47. Assalamualaikum mau tanyak mas Nasrul motor saya nouvo z 2006 rencana kan mau ubah Ac ke dc dan say sudah membeli kabel kidnya dengan kiprok tiger bukan ori merk Nakasone intin tinggal pnp lah :
    1.apakah setelah terpasang pengapian jadi DC atau tetep Ac
    2.bagiamana kwalitas kiprok merk tersebut di atas
    Terimakasih atas masukanya Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, kalau ubah kiprok kan tidak merubah pengapian, setau saya kiprok tiger di gunakan untuk membuat fulwave pengisian, dan setau saya pengapian yamaha nouvo sudah menggunakan CDI DC. Jadi jawaban nya.

      1. Pengapian tidak berubah. Tetap DC.
      2. Di sini mualitas KW yang agak agak terpercaya merek fukuyama. Jadi saya tidak tau untuk merk itu.

      Delete
  48. Om, kalo Supra X125 FI pembacaan kabel soket kiproknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya belum prnah mengalami trouble kiprok di supra 125 FI, umumnya jika menurut warna sama saja,
      putih = pengisian
      Kuning = penerangan.
      Hijau = massa
      Merah = 12v aki.

      Nah di sana ada warna apa saja?

      Delete
    2. Ada 5 kabel bang
      Yg saya bingungkan itu kabel warna kuning garis merah bang
      Konon ituu menuju ecm

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Memang masalah nya di motor kenapa mas,.

      Nanti saya buatkan jalur nya. Tapi tidak dalam waktu dekat ini.

      Delete
  49. Mas, motor saya vespa tua, kalo mau pasang kiprok namun tanpa aki apa bisa?
    Jika saya pakai kiprok soket 4, apa jalur keempat soket dipakai semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan, jika penambahan kiprok cuma agar lampu tidak putus terus akibat kelebihan arus, ya 2 kabel saja yang di pasang tidak masalah.

      Delete
  50. Mas mau tanya
    Kalo kiprok ninja r yg model soket tumpuk seperti di gambar bisa subtitusi dengan apa ya?
    Sudah saya coba pake punya jupiter, lampu bisa nyala..tapi sepertinya tidak bisa ngecas ke aki
    Mohon arahannya mas
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kirimkan saya foto soket + warna kabel nya.

      Kemaren saya ganti kepunyaan jupiter bisa, intinya anda harus tahu fungsi dari warna kabel motor itu, harus mindah kabel jika di perlukan.

      Delete
  51. mas mau ganti kiprok beat karbu ke supra 100 kabel mana saja yang di sambung nuwun sehu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel body supra nya masih
      Utuh tidak?
      Kalau masih utuh ya tinggal pinndah warna kabel nya. Samakan dengan gambar soket kiprok vario di atas.

      Delete
  52. Mas motor saya Shogun 125 kalo dikasi kipok tiger gimana ya ..pencerahan mas tolong kabel spul bawah kuning semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bisa bantu kasih tutor kalau warna kabel nya sesuai.

      Delete
  53. Selamat Malam Om Nasrul, Saya Butuh Pencerahannya Nih, Tentang Kabel Kuning Garis Putih (Lampu) Yg Untuk Suzuki, itu Kan Ada 2 Kabel Kuning Yg Digabung Jadi 1, Yg 1 Dari Spul dan Yg 1nya Lagi Ke Lampu, Terus Apa Peranan Kiprok Untuk Arus Yg Kelampu Om? Sementara Kabelnya Udah Digabung Gitu.
    Sebelumnya Terimakasih Atas Pencerahannya Ya Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum bisa menjelaskan secara detail. Tapi menurut di buku kalau tegangan spul lampu mencapai 24v, lalu kabel tersebut di gabungkan ke kiprok agar menjadi 12v.

      Delete
  54. Misi gan mau tanya dulunya kan kiprok sama kabel soket kiprok mio sporty saja meleleh, kemudian saya ganti kabel soketnya yang di sambungin sama kiproknya juga pasti, tapi 1 minggu kemudian ko lampu saya cepet putus dan lampu depannya saja, saya cek ke bengkel terus ganti kiprok lagi alhamdulilah lampu depan bagus, eh pas 1 minggu kedepannya lagi lampu saya cepet putus juga, saya coba ganti kiprok nya make aspira untuk mio saya yang agak mahalan biar eh nyatanya tetep aja ga sampe 2 minggu udah ada masalah, apakah kabel soket yang di sambung itu pengaruh juga ya ke kiproknya ? Atau emang kiprok aspira kurang cocok buat mio, dan skrng saya ganti kiprok lagi pake fukuyama entah kuat sampe berapa hari kedepan thankss ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arah kabel sudah pasti bener mas?

      Klo sudah pasti bener, bisa jadi arus penerangan dari spul terlalu besar.

      Delete
    2. Sudah betul mas, oh ntar saya cek makasih banyak mas ^^

      Delete
  55. Gan,ane mau nanya nich...motor ane kelistrikan mati total tp stroom dari aki ada,,,trus pas ana cek kbel masa ada aliran listrik tp kecil,,mohon bantuannya gan,,,,kira2 masalahnya d mana?makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya gmna, mogok gimana, motor nya apa, cek itu kelistrikan dari spul, cdi, bukan aki.

      Delete
  56. Sangat Membantu πŸ™ Kalau bisa request : Penjelasan Tentang Kabel ECU Beat F1 πŸ™‚

    ReplyDelete
  57. Klu kabel kuning dituker ama kabel putih apa jadinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel putih sebagai pengisian, kalau di tuker ke pin kuning? Ya arus nya terlalu besar.

      Delete
  58. Mau tanya om warna kabel kontak vario 125new yg mana ya soalnya mau adopsi ke motor lain.

    ReplyDelete
  59. Dan tolong bahas dong tentang kelistrikan acg vario125, masih bingung banyak kabelnya

    ReplyDelete
  60. Kiprok ninja 250 fi 2 silinder rusak....kiprok apa yang cocok tidak beresiko dengan motor ninja 250

    ReplyDelete

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.