Kabel body terbakar akibat sekring tidak terpasang

Selamat pagi lur, di hari senin ini karena saya libur dan juga lagi di rumah, pagi-pagi sekali sudah di bangunin tetangga gara-gara sepeda motornya kemaren mogok di jalan, yaah munkin sudah tau jg klo saya liburnya senin jd tidak di bengkelkan, munkin biar ngirit kali yak haha

Analisa pengecekan.

Begini setelah saya cek ternyata pengapian hilang, "waduh isuk-isuk ws mikir iki" batin saya 😂. cek Kondisi aki baru, dan terpasang tanpa sekring "waah waah sangar sekali". Dengan bermodalkan bolep tester karena multisltesternya masih di toko lur 😅. Saya cek kabel berikut:

• Merah input ke kontak ada
• Merah/hitam output hilang


Saya pikir karena soket kontak yang juga kebakar, tapi setelah saya jumper langsung kabel merah dan merah/hitam kontak ternyata masih ngecret listrik dan terjadi konsleting, kemudian saya lakukan lagi pengecekan pada kabel merah/hitam dari kontak tersebut kebakar sampai soket input ke cdi. "Laah kapok we kecekel" , setelah itu saya coba rapikan lagi kabel-kabel yang putus tadi dan jreng jreng sepeda motor menyala 😉. penyebab utama terjadi kebakaran pada kabel body yaitu terjepitnya kabel merah/hitam (input ke cdi) di bawah tangki, dan karena sekring tidak di pasang jadi tidak ada yang memutus arus saat konsleting.

Tips bagi anda agar aman selalu gunakan sekring pada sepeda motor untuk keamanan listrik, jika tidak menggunakan sekring saat terjadi konsleting maka bisa terjadi kebakaran pada kabel body motor anda. part yang rusak akibat motor tanpa sekring :

• Kontak tidak berfungsi kemungkinan kebakar di dalam nya
• Kabel body kebakar.
yang terjadi pd motor ini masih ringan. Ada juga yg sampai kabel body nya lengket smua tidak bisa di pake lagi.

Kesimpulan nya pada kasus ini:

jangan sekali-kali seenaknya sistem kelistrikan anda tidak terpasang sekring. lebih baik langsung bakar aja sekalian wkwkwk peace

baca juga:
sistem beban pada sepeda motor

perbaikan yang di lakukan:

rumah sekring dan sekring nya.
• kabel body yang terbakar bungkus dengan tape (solasi) agar tidak konslet kembali
• kontak harus ganti karena terbakar bagian dalam

itu lah sedikit catatan pagi ini, semoga bermanfaat.
Salam oli bekas

Comments

  1. Replies
    1. Hati-hati ya lur, jangan sampai motor kita tanpa sekring di sistem kelistrikan nya 😊

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.