Berkendara motor dengan aman meski hujan turun



   Saat hujan, banyak faktor yang harus diperhatikan yang biasanya dilewatkan saat musim kemarau. Pandangan yang kurang jelas, suhu yang dingin, jalan licin serta kemungkinan motor kita mogok membuat berkendara motor saat hujan menjadi harus lebih waspada dan hati-hati.

   Pada kesempatan ini kum3nblog akan menulis catatan tips berkendara motor dengan aman meski hujan turun.

Tips:
mengatasi motor mogok saat di perjalanan 

   Persiapkan dahulu kendaraan anda, cek kondisi busi, cap busi, kampas rem dan ban. karena part tersebut jika tidak dalam kondisi bagus bisa menyebabkan masalah besar. Dan jangan lupa persiapkan juga jas hujan ya.


   saat anda berkedara dalam kondisi hujan.
jika anda menemui jalan yang banjir dan di situ ada motor banyak alias macet, tetaplah berkendara dengan tenang, pelan dan menarik gas secara stabil, karena jika tidak bisa mengakibatkan motor anda mogok sebab air masuk  dari lobang knalpot. Dan jangan pula melakukan penggeberan (blayer) secara trus menerus, karena bisa merusak kampas kopling.


Perhatikan beberapa ulasan berikut agar berkendara tetap aman saat hujan turun:

• Perhatikan kaca helm.
   Di musim panas terutama pada siang hari, kaca film helm yang gelap tentu lebih menguntungkan. Tapi jika musim hujan, gantilah kaca film dengan kaca helm yang bening. Sebaiknya gunakan helm model full face yang dapat menutupi seluruh kepala dan wajah.

• Pengereman
   Saat hujan turun, fungsi pengereman bisa menjadi sangat pakem sesaat yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain disebabkan jalanan yang menjadi licin karena air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan dan kotoran. Jika menggunakan rem depan secara mendadak, kemungkinan tergelincir lebih besar. Jika rem belakang, kemungkinannya selip (ngepot). maka biasakan lah menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.

• Kondisi ban
   Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis? Jika kembangan masih bagus, tak masalah. Namun jika kembangan sudah kurang bagus, ini akan menjadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti dengan ban baru dan berkualitas. agar tetap keset pada saat hujan.

• Periksa kampas rem depan dan belakang.
    setelah itu pastikan semuanya aman dan nyaman. Beri jarak antara kendaraan di depan kamu lebih jauh dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pengereman bisa lebih smooth (kalau mendadak bisa tergelincir) dan bisa mengatasi kurang pakemnya rem akibat air hujan di aspal.

• Jalan berlubang dan becek.
 Waspadai setiap jalan yang berlubang. Sebaiknya pelan-pelan saja saat melewati jalan yang tak dikenal, jalan dengan kondisi jalan tanah biasa/berbatu. Jika kamu sudah hapal tentang kondisi jalan, mungkin akan lebih baik, tapi tetap harus lebih waspada terhadap genangan air.

• Jas hujan model baju dan celana.
   Jangan pernah memakai jas hujan model lama alias model batman. Gunakan jas hujan model pakaian yang lebih aman dan nyaman. Lebih baik sedikit repot daripada nyawa jadi taruhan kan?

• Jarak pandang.
   Jarak pandang saat hujan menjadi lebih pendek, apalagi saat hujan angin deras dan di malam hari. Karena itu beri jarak kapan akan melakukan pengereman, berbelok, dan jarak antar kendaraan. Sebaiknya jangan menyalip saat hujan turun.

• Berhenti jika terasa ngantuk.
   Cuaca yang dingin biasanya bikin ngantuk, apalagi jika perut kenyang. Berhentilah sejenak hisap rokok bila merokok, hehe dan fokuskan kembali dirimu sebelum kembali mengemudi.

• Saat hujan turun tiba-tiba.
   selamatkan handphone, dompet, laptop,tablet pc dan barang berharga lainnya dari kemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang di dalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangan kita.

   Tetapi jika memang kondisi hujan tidak memungkinkan untuk di lalui, alangkah baiknya anda mampir di warung kopi sambil ngerokok. 🤗 Munki cukup sampai disini catatan berkendara motor dengan aman meski hujan turun

Comments

  1. Replies
    1. Tetap hati2 lur, jangan paksakan saat hujan lebat, lebih naik kita cari warung dan ngopi saja dulu sampai hujan agak reda 😂

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.