Mengganti rumah sekring, beserta alur in out kabel sekring motor Honda

Selamat malam sedulur, malam nyantai gini enak nya nongkrong sambil ngopi sama temen-temen biar kelihatan hidup lur 😅.

Nah pada kali ini sambil nongkrong kita akan menuliskan catatan mengganti rumah sekring pada sepeda motor honda supra X 125 beserta alur kabelnya keluar masuk sekring.

Saya tulis artikel ini karena saat nongkrong ini pemilik warung bilang sama saya, katanya habis ganti aki tapi sistem beban tetap tidak menyala,  setelah saya buka ternyata rumah sekring habis  di ganti, tapi pemasangan alur kabel nya tidak tepat. Akibat nya semua sistem beban pun masih tidak berfungsi dan kabel in out sekring panas saat di pegang, bisa saja berakibat kabel body terbakar karena kesalahan ini

Rumah sekring yang kita gunakan untuk pergantian adalah tipe kotak tancap, karena agar lebih mudah mencari penggantinya ketika sekring putus, dan tipe ini juga memang yang di gunakan motor standar nya supra 125, kharisma dll.

Pemasangan rumah sekring beserta alur warna kabel nya:


Persiapan
• siapkan peralatan yang di perlukan, obeng +, solasi (tape), tang potong/gunting.
• siapkan dua buah rumah sekring baru, karena di motor ini ada 2 sekring pengaman nya.

Pemasangan "lihat table warna kabel sepeda motor" untuk patokan

• Cari kabel merah (+) dari aki dan sambungkan kabel rumah sekring yang baru tadi, kabel ini akan menuju ke kunci kontak, jadi kabel rumah sekring yang pertama harus terhubung ke kabel merah yang ke kunci kontak. Dan kita kasih sekring 15a.

• untuk rumah sekring yang ke dua kita hubungkan ke kabel hitam dari kontak ke kabel merah/hitam yang akan menuju ke sistem beban motor, di rumah sekring ini pasang sekring berukuran 10a.

• rapikan kabel dan beri tape di persambungan agar aman.

Dan jreeeng jreeeng smua sistem beban motor kembali nyala. Hasilnya dapat rokok+ngopi gratis deh dari pemilik warung 😂, rejeki anak sholeh lur.

Ok lur semoga bermanfaat catatan tentang mengganti rumah sekring ini. Terimakasih telah berkunjung. Salam oli bekas.

Comments

  1. met siang pa.
    Mohon sarannya saya beli kabel bodi karisma yang baru di menyambung kabel berdasarkan warna kabel yang sudah di beli tapi masih belum nyala juga,untuk itu mohon saranya cara menyambung kunci kontak ke jalur ke bodi yang baru.

    salam
    Pono

    ReplyDelete
  2. history.mulai pada saat saya buka bodi ada kabel yang putus tapi putus kabel kuning jleret dari jalur yang aku tidak tau,setelah itu
    aku bengkel katanya ganti aki tapi berlangsung hanya jarak perjalanan sekitar 30kg mati lagi mulai dari speedo meter,motor hanya bisa di engkol jalannya endut endutan...,aku bawa ke bengkel lagi kabel di tangani entah pihak bengkel ambil jalur yang mana aku ga tau,akinya sekarang kehabisan stroom,terus bisa nyala lagi tapi sepedo meter hanya bisa baca gigi 3 dan 4.mohon pencerahhanya

    salam
    Pono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar², saya malah gak paham kasus nya 🤣

      Delete
    2. Jadi kabel apa yg blm di sambung

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.