Diagram sensor VS: sensor sinyal kecepatan motor Honda PGM FI



www.kum3n.com Sensor VS adalah sensor sebagai pendeteksi perubahan kecepatan kendaraan. Part ini bekerja berdasarkan laju kendaraan kita yang mengirim sinyal ke spedometer sebagai pedoman kecepatan saat kita mengendarai motor. Sensor ini biasanya terletak di bawah shock belakang.

Pada artikel ini kum3nBlog akan membahas bagaimana cara pemeriksaan jika indikator kecepatan pada spedometer tidak bekerja dan juga cara memeriksa DTC kedipan MIL 11 sensor VS.

Baca juga:
Diagram pengapian beat FI eSP.

Berikut langkah pemeriksaan MIL kedipan 11 sensor VS.

Sensor pemberi sinyal kecepatan.

  • Pertama periksa dahulu dengan DLC short connector apakah terdapat kedipan MIL 11. Jika tidak maka kemungkin ada jalur kabel yang putus atau soket yang kendor. Tetapi apabila ada kedipan maka lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Periksa tegangan input sensor VS dengan menggunakan multitester pada kabel BL/W (+) - G (-). Seharusnya ada tegangan battery. Apabila tidak ada kemungkinan ada kabel yang putus pada kabel-kabel tersebut.
  • Pemeriksaan saluran sinyal sensor VS. Apabila tegangan input sudah sampai pada sensor VS. Maka periksalah pada kabel P/G apakah kabel tersebut putus atau konslet.
Jika langkah pemeriksaan di atas sudah di lakukan semua, tetapi masih belum beres. Langkah terakhir ganti sensor VS dengan yang masih baru, reset ECM, test buat jalan, dan apabila MIL masih berkedip maka ganti ECM yang baru lalu periksa ulang.

Biasanya yang sering terjadi di bengkel saat trouble seperti ini. Ada kabel yang putus pada saluran sensor VS di karenakan tercepit oleh box filter. Berikut penampakan nya.

Kabel tercepit box filter

Nah gimana lur, semoga bermanfaat ya catatan kedipan mil 11 sensor VS. Terimakasih.

Comments

  1. Mau tanya mas. Motor saya beat esp ISS 2015. Saya mau beralih pake speedometer beat street yg sudah digital. Yg mau saya tanyakan, apakah bisa sensor ISS tersebut dipakai juga sbg sensor speedometer? Karena saya lihat yg di gunakan beat street hanya ada 1 sensor yg berfungsi sbg speedometer dan sensor ISS.

    Kalo memang bisa digubakan sensor tsb, mohon dijelaskan wiring sensor nya. Terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mase tanyakan sensor vs (penunjuk kecepatan) atau iss?

      Klau sensor vs di beat esp 2015 masih mnggunkan kabel spedo di roda depan, berbeda dengan beat streat yg sensor kecepatan nya ikut putaran mesin, jadi harus nambah part sensor vs.

      Dan karena sensor vs jg mendapat sinyal dr ecm maka harus gnti ecm nya jg.

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.