Cara Mengatasi yamaha vixion yang mati saat di tarik gas

   Selamat malam dulur kum3nBlog, kali ini kita akan menulis catatan saya saat mengatasi trouble motor yamaha vixion yang mati saat di tarik gas.

   Pertama pastikan dahulu bahwa tidak ada kode kegagalan mil pada motor tersebut, jika ada kode kegagalan maka pastikan dahulu letak kerusakan sensor nya.

Baca ini:
Kode kegagalan motor injeksi Yamaha.

   Nah kebutulan motor yamaha vixion yang saya perbaiki tidak ada kode kegagalan, awalnya saya periksa apakah tanki bahan bakar bersih, dalam arti tidak ada air yang masuk. Dan ternyata memang ada air di dalam nya.

   kemudian saya kuras tangki, fuel pump pun di bersihkan, filter fuel pump juga terlihat kusut begitu kotor nya. Biasanya saya cuci dengan memakai sabun colek hingga kotoran luntur, lalu semprot angin sampai kering lalu pasang kembali.

   Selanjut nya saya bersikan throttle body, dan karena melihat bahan bakar yang kotor, saya periksa juga terhadap injektor, dan ternyata benar, injektor tersumbat kotoran. Bersihkan saja dengan cleaner lalu semprot, insyaallah aman. 👊


   Setelah di rasa sudah beres semua, kemudian saya pasang kembali semua yang terlepas. Dan jreeeng. Hasilnya pun menggembirakan. Bayaran luuur.

   Kesimpulan nya penyebab motor yamaha vixion ini menjadi mati-mati di karenakan ada air yang masuk dalam tangki. Jadi untuk yang memakai motor sport untuk menguras tangki setiap 6 bulan sekali agar terhindar dari kerusakan mesin.

Selengkapnya.
Tips perawatan tangki motor sport.

   Saya rasa artikel ini hanya pengalaman pribadi saja saat mengatasi motor vixion yang mati-mati saat di tarik gas, yang munkin juga anda dapati saat mengerjakan motor. Semoga cerita ini bisa membantu. Terimakasih.
 

Comments

  1. punya saya nvl 2014, kelistrikan nyala, kiprok baru, fuelpump baru, injektor nyemprot, api busi juga besar, kode error gada, d cek pake diagnosis tool juga normal, d gas mentok rpm 7000 itupun motor mati" mlu, saya benerin ke beres sempet nyala pas besoknya d geber langsung mati seperti keadaan yg saya jelaskan, kira" apa ya penyebab.a?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek soket² nya, cek switch engine stop, cek sensor kemiringan kepasang dengan bener gak.

      Delete
    2. Bos misi numpang tanya motor ane viksen old 2010 mesin gampang panas jarak 2 kilo aja udh panas banget dan kalo udh panas gampang mati

      Delete
  2. mesin old vixion tiba-tiba mati dijalan padahal lampu utama atau kelistrikan masih nyala dan masih bisa distater dan mesin motor hidup lagi, akan tetapi setelah 200meteran jalan mesin mati lagi, dst..kira-kira apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mas, harus cek satu², ada kedipan mil nya gak.

      Delete
  3. Mas motor vixion saya kalo buat jalan jarak jauh kadang tiba2 mati sendiri ( posisi masih jalan dan di gas ).. tapi pas saat saya stater mesin hidup kembali .. nanti selang 1 kilo kayak gitu lagi .. kira2 apanya ya mas kerusakanya ? Cara memperbaikinya gimna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di service dulu mas, munkin kotor, saringan bensin jg bisa. Jd setidaknya di service dulu.

      Delete
  4. hidup mati trus.bgitu di stater hidup baru 1 km mati lagi.vixion tahun 2010 dicek ke dealer yahama kelistrikan bagus.kira2 penyebabnya ap ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah di cek bagus, untuk kepastian ngecek nya saat motor mogok.. saya jg blm bisa menyimpulkan jika tidak periksa sendiri.

      Delete
  5. Mohon pencerahannya : motor Vixion 2013 pas di buat gas besar langsung brebet terus mati.
    Padahal digas besar tapi perlahan itu gamati.. apakah ada masalah dibusi?

    Nb : aki masih baru

    ReplyDelete
  6. Mohon pencerahannya : motor Vixion old pas di buat gas besar langsung brebet terus mati. Tpi klu di gas perlahan itu ga mati.. apakah ada masalah dibusi?
    Tekanan fuel pump bagus, semprotan bensin dari injektor juga bagus. Kira2 apa penyakitnya Om??

    ReplyDelete
  7. Vixion old. lama TDK di pakai gak bisa nyala knp ya.. hidup langsung mati lg

    ReplyDelete
  8. motor saya new vixion akhir-akhir ini saat digas kecil atau dicuci pasti mesin mati, tapi saat distarter mesin bisa tetep nyala, padahal sudah diservis

    ReplyDelete

  9. Punya saya mas vixion old
    Tiba tiba mati saat di gas tinggi atau saat masuk gigi 5 trs opeer ke gigi empat di gas panjang mesin nya mati

    Mohon info ny mas

    ReplyDelete
  10. Motor saya vixion 2010 baru kmarin awalnya mesin kasar tiba tiba pas saya pake bolak balik saya tarik gas ko mati mesin panas sampe sampe kenalpot aja warnna orange saking kelewat panasnya . Ga biasanya kaya gitu . Di staternya nyala pas di gas besar ko malah mati ... Kira kira apanya ya ...
    Minta pencerahannya om

    ReplyDelete
  11. Motor saya Vixion Doel pimp baru permasalahannya waktu motor hidup gas di tarik motor mati.

    ReplyDelete
  12. Motor Vixion foel pump baru waktu coba minyak ngalir bagus tapi waktu motor hidup gas di tarik motor mati tolong bantuan kira kira penyebabnya apa?

    ReplyDelete
  13. Motor saya vixion 2012. Lama 3 tahun dka dipake. Pas mau diidupin .. idup tp gak lama.. digas matii.. di engkol idup ..
    Apa penyebabnya..
    Supaya bisa normal gimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Service dulu, bersihkan throttle, injektor, fuel pump,

      Delete
  14. Mohon pencerahannya, NVL 2014, pake gas spontan ktc pemakaian normal cuman pas dicuci seret gasnya terus pas di gas sedikit mati sama knalpot keluar asap itu gimana om?

    ReplyDelete
  15. Gimana om klo motor Vixion saya klo dipake perjalan jauh trs klo dihidupin lampunya agak lama tiba2 rpm di spedo motor gas nya turun ngecil gitu trs mati sendri motornya itu apa yg konslet hrus dicek om?

    ReplyDelete
  16. Om motor saya vixion nvl 2014 sekarang keadaannya kalo di gas mati, knpa ya?tolong infonya om supaya bisa dipakai lagi, businya aman, masih bisa nyala motornya kalo di stater dan disela

    ReplyDelete
  17. Motor vixion new, kalau di gas dikit mati, sudah saya periksa dan saya ganti baru semua, tapi masih saja gak mau di gas

    ReplyDelete
  18. Motor saya vixion advance habis dicuci stater susah di engkol jga susah, tapi kalau sudah hidup keluar asap dan malah mati sendiri tanpa di gas kira" Apa ya masalahnya

    ReplyDelete
  19. Motor vixion advance habis di cuci malah susah di stater dan engkol tapi lw hidup mesin nya malah mati sendiri dan mengeluarkan asap

    ReplyDelete
  20. Motor viksen new saya pas jalan terus gas dilepaskan saaat mau naik atau nurunin gigi tibba" macet tapi langsung starter hidup seketika itu knapa yh apa gas saya kekecilan atau apa mas mohon dijawab mksh 🙏

    ReplyDelete
  21. Agak mirip dengan motor sya skarang, gas habis mesin sering mati", tapi meski gigi netral gas harus ada wlau cuma sdikit (itupun kaya brebet" antara telat bensin/ listrik putus").
    Kadang keadaan jalanpun waktu mau gas abis tekan kopling mesin mati..
    Itu kira" bagian apanya ya bang..??
    Makasih..🙏🙏

    ReplyDelete
  22. Permisi mas mau tanya , vixion nvl saya kalau posisi digas aman aman aja , tapi kalau lagi berhenti dilampu merah / mau belok posisi motor tanpa gas tiba tiba motor mati
    Tapi kalau distarter lagi hidup kira kira apanya ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.