Mengatasi pengapian hilang jika di hidupkan dengan double stater



Selamat malam sedulur kum3n.com yang semoga selalu sehat dan sukses. aamiin.

Ok Pada kali ini kita akan membahas tentang gejala kerusakan yang di timbulkan oleh pulser. sebelumnya sedulur sudah tau fungsi pulser bukan? jika belum saya akan coba jelaskan sedikit tentang pulser.

Definisi Pulser.
pulser adalah part kotak kecil yang biasanya terletak di sisi magnet, pulser bisa bekerja jika saat bertemu dengan tonjolan pada magnet atau bisa juga kita sebut dengan (pickup pulser), dan saat pulser dan pick up pulser bertemu maka otomatis ada sinyal yang di berikan kepada CDI, lalu CDI akan melepakan tegangan ke coil yang akan di lanjutkan oleh busi untuk meletikkan bunga api.


nah itu adalah definisi singkat yang bisa saya berikan. semoga bisa di pahami.

Baca juga:
harga part pengapian supra fit new

selanjutnya yang kita bahas adalah ciri-ciri saat pulser mengalami kerusakan, sebenarnya ada banyak cirinya, 
Berikut ini adalah beberapa ciri pulser rusak yang saya temui:
  • motor langsung mogok hilang pengapian nya.
  • motor masih bisa hidup tapi brebet.
  • ada yang saat mesin panas motor akan mogok.
  • ada juga api hilang saat kita menghidupkan motor dengan double stater. tetapi normal jika hita hidupkan dengan kick stater.
pada ciri-ciri di atas yang akan kita bahas adalah yang terakhir. dan saya pernah menemui ini pada sepeda motor jupiter Z burung hantu. awalnya saya kebingungan kenapa motor tidak bisa hidup jika di hidupkan dengan double stater. tetapi akan hidup dengan normal saat di hidupkan dengan kick stater.

awalnya saya periksa saat di hidupkan dengan double bunga api dari busi tidak ada, tetapi saat menggunakan kick stater api ada. nah jika di pikir-pikir yang berhubungan dengan kerusakan ini di antara pulser dan CDI. 

jika kerusakan ini di sebabkan CDI periksa dahulu apakah part yang terpasang asli original atau tidak, jika tidak maka CDI juga bisa menjadi penyebabnya, untuk memastikan pinjamkan saja dengan CDI yang original di motor sejenis.

tetapi kebanyakan penyebab dari api hilang saat di hidupkan dengan double stater adalah pulser yang lemah. anda beli saja pulser KW yang di jual banyak di bengkel spart part, harganya juga sangat murah di kisaran Rp. 15.000.

selanjutnya anda buka blok magnet, lepaskan spul dan ganti saja pulser yang terpasang dengan pulser baru yang kita beli tadi. lalu pasang kembali dan coba hidupkan motor dengan double stater.
jika anda belum berhasil silahkan tanyakan saja di kolom komentar. saya akan coba bantu.

naah saya rasa cukup sampai disini pembahasan www.kum3n.com tentang kerusakan yang di akibatkan pulser. semoga bermanfaat. 

Comments

  1. Motor saya megapro, yg trjadi malah kebalikannya.. Api busi muncul jika menghidukannya dgn dobel stater tetapi tidak ada api busi jika dgn kick stater

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berpengaruh antara double dan pengapian biasanya.
      * pulser.
      * cdi.
      * relay stater.

      Coba mase pastikan part tersebut masih bagus tidakny,

      Delete
  2. Pulser baru, cdi normal, bendik stater normal, aki normal, stop engine saya matikan..
    Pusing motor terpaksa gk bisa diajak kerja 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di bawa ke bengkel kah? Mnurut saya itu kalau tidak pulser yg lemah ya cdi nya.

      Delete
  3. Gan, motor saya gl proneotech. saya pasang 1 sett double stater megapro (copotan motor) kl di hidupkan pakai engkol kaki motor bisa hidup normal, tp kl pakai elektrik stater api busi hilang. coba saya ganti spol dan pulser asli glproneotech api tetap tidak ada kl di hidupkan pakai elektrik stater, tp kl pakai engkol kaki bisa hidup normal. trus saya coba ganti cdi baru tp KW. bisa hidup normal (engkol kaki dan elektrik stater) tp krn pakai cdi KW tarikan jd tidak enak kl topspeed. pertanyaan nya apakah cdi asli glproneotech saya rusak. soal nya aneh kl pakai elektrik stater motor tidak mau hidup, tp kl pakai engkol kaki bisa hidup normal. catatan. Aki, bendik stater, dll normal semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sering terjadi kasus saat di double stater pengapian tidak ada 2 part yang patut di curigai.

      1. Pulser.
      2. CDI.

      Naah jika mase sudah mencoba ganti CDI dan motor bisa di stater, berarti yg bermasalah CDI nya.
      Dengan kata lain CDI ori mase rusak.

      Untuk toopsped kurang enak, ya memang klo KW tidak bisa maximal. Harus pakai ori biar lebih jooos..

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.