Kabel Honda Vario 125 di acak-acak Tikus



Lagi-lagi hama yang satu ini memberi pekerjaan pada para mekanik, si tikus yang senang sekali mengacak-acak kabel di dalam motor, dan sekarang saya temui di motor honda vario 125.

Kali ini saya akan menceritakan pekerjaan hari ini tentang vario 125 saat Posisi kontak di putar ON fuel pump berdenging tetapi indikator di panel spedo semua mati.

Di motor Honda Vario 125 ini walaupun indikator spedo semua mati tapi jika motor di hidupkan dengan kick stater mesin tetap menyala dengan normal.

Baca juga:
Kode Mil kerusakan motor Honda PgM-FI.

Pertama yang saya curigai adalah sekring, jadi saya bula cover depan dan saat di periksa sekring memang ada yang putus.


Sekring yang putus yaitu 10A (meter, tail, winker, horn). Jika di lihat dari keterangan yang ada di tutup kotak sekring, 10A ini berhubungan dengan beban panel di spedo (meter bensin, lampu kota, dan klakson.)

Untuk mengecek apakah putusnya sekring ini karena kabel konslet tidak nya kita harus memberi sekring baru, atau biasanya saya melilitkan satu serabut kabel kecil ke sekring yang putus tadi, lalu saya putar kontak ke posisi ON, jika putus lagi maka bisa di pastikan ada kabel yang konslet.

Jika kita memperhatikan dari tulisan di kotak sekring, yang harus kita periksa hubungan nya dengan lampu kota, meter bensin, dan klakson.

Nah di motor vario yang di kerjakan ini, saya buka cover penutup lampu kota belakang nya, dan inilah yang terlihat.


Jika sudah terlihat seperti itu sudah di pastikan bahwa penyebab sekring putus itulah bocahnya. 😂

Anda rapikan saja dan sambung kabel-kabel sesuai warnanya. Setelah semua rapi anda coba lagi kontak posisi On. Dan hasilnya di motor di atas semua masalah sudah beres.

Untuk mengantisipasi agar tikus tidak mengacak-acak kabel lagi, saya berikan kapur barus di kolongan-kolongan cover.


Saya juga pernah membahas artikel tentang hama tikus di post lain.

Baca juga:

Nah itulah pengalaman saya mengatasi motor vario saat di kontak On semua beban mati tetapi motor masih bisa hidup normal.

Ada materi yang mau anda berikan silangkan hubungi contact saya, atau jika ada yang di tanyakan mari kita bahas di kolom komentar.

Semoga bermafaat. Terimakasih

Comments