Inilah Efek Akibat Telat mengganti Oli Mesin di Motor Mega Pro



Selamat malam sedulur, salam sukses bagi kita semua. 🙏

Pada kali ini kita akan membahas efek bagi mesin yang telat melakukan pergantian Oli, sedulur pasti tahu bukan bahwa Oli wajib di lakukan pergantian secara periodik, kalau tidak akan berakibat fatal dan merusak komponen mesin.

Biasanya saya memberitahukan kepada konsumen untuk mengganti oli mesin setiap ± 3000km. Agar kondisi mesin tetap prima dan terhindar dari kerusakan, perlu anda ketahui kalau mesin sudah tidak beres dan di lakukan pembongkaran biasanya akan membengkakan biaya, karena komponen di dalam mesin saling berkaitan.

Di artikel ini saya akan menunjukkan kerusakan mesin di motor mega pro yang di sebabkan telat melakukan pergantian oli.


Untuk pembongkaran mesin di motor mega pro ini anda harus menurunkan satu paket mesin, walaupun yang anda lakukan pergantian hanya pada bagian head saja, kecuali anda hanya membongkar bagian kanan dan kiri mesin tidak perlu melakukan turun mesin seperti gambar di atas.

Berikut saya tunjukkan Video kerusakan mesin nya:


Di motor mega pro ini Seher nya blong, artinya diameter buring melebar tetapi kondisi seher / piston sebenarnya tidak luka, walaupun begitu saya ambil aman nya saja, jadi tetap saya ganti.

Di motor mega pro tersebut juga terjadi ke ausan pada noken As dan templar nya, akibat tidak ada oli yang melumasi saat mesin hidup, jadi kondisi part tersebut tergores beberapa mili.

Dan satu lagi, jika anda melakukan pembongkaran mesin harus di periksa juga kondisi Bis/peluncur klep, di sini saya menemukan kelonggaran yang bisa menyebabkan oli rembes ke ruang bakar dan artinya oli pun akan bisa berkurang.

Saat anda membongkar mesin lebih baik ganti juga perpak / paking nya, jangan cuma di lem "therebone", masa iya motor habis bongkar terlihat bekas lem-leman, sangat tidak enak di pandang lur, akan lebih rapi jika di ganti saja.

Untuk pemasangan ring seher juga harus zig-zag, lihat video berikut.


Ring seher ada 5 biji. Di bagi menjadi 3 tingkat.

Paling atas di sebut ring kompresi 1, umumnya berwarna putih bersih dan saat di raba bagian samping nya tidak tajam, saat memasang anda juga harus memperhatihan angka yang terdapat pada ring menghadap ke atas. Lebih jelasnya lihat video.

Ring tengah di sebut juga ring kompresi 2, perbedaan nya fisik di ring ini biasanya berwarna hitam, dan saat kita raba bagian samping terasa tajam.

Ring bawah ada 3 buang, 1 ring cacing dan dua ring tipis, saat memasang juga harus posisi zig zag.

Selanjutnya karena di motor mega pro ini kondisi mesin sangat koprot alias oli nya rembes dari seal-seal, diantaranya seal Rpm, seal tuas kopling, seal gear, seal stater dan seal persneleng, maka saya ganti sekalian agar nantinya terlihat bersih.

Yang agak sulit mungkin untuk mengganti seal RPM dan seal tuas kopling, karena kita harus membongkar blok kanan.

Video cara ganti seal RPM mega pro.


Untuk mengganti seal tuas kopling anda harus melepas dahulu tuasnya, seperti gambar berikut:


Baca juga:

Karena saat konsumen memasrahkan pekerjaan ini sudah pesan kalau di benerin juga staternya, dan saat di periksa ternyata double tidak fungsi di akibatkan colbuster yang habis, maka saya ganti saja.


Setelah semua beres di kerjakan saya pasang kembali mesin ke rangka, dan taraaa,... Alhamdulillah tidak ada masalah.

Nah itulah catatan saya mengatasi kerusakan mesin di motor mega pro yang di sebabkan telat melakukan pergantian Oli.

Cukup sekian dan terimakasih.

Comments