Pemasangan Lampu Led di Beat FI

Di masa ini banyak sepeda motor keluaran baru yang di bekali lampu Led pada sistem lampu depan nya. Terutama yang umum kita temui yaitu motor yang di produksi Honda.

Memang lampu akan sangat terlihat terang berwarna putih, dan pastinya akan meenyorot tepat di depan, karena memang bawaan pabrik pasti sudah melewati banyak uji coba.

Tetapi untuk saya pribadi agak terganggu jika berpapasan, pasti akan silau setelah nya. Padahal lampu tidak menyorot ke atas juga sih sebenarnya. Menurut anda bagaimana.. apakah juga merasakan hal yang sama?

Dan menurut saya kelamahan dari lampu sorot putih ini tidak bisa menembus di saat ada kabut di jalanan. Namun terlihat keren sih saat di jalan gelap dengan lampu Led putih. 😁

Oya sekarang saya akan membahas tentang lampu Led merk Osram, lampu ini juga sangat terang lho.

Pemasangan lampu ini cukup mudah, dudukan nya sama persis dengan umumnya lampu di sepeda motor.


Dan di lampu ini juga dapat hidup di sistem lampu yang menggunakan arus AC maupun DC. Karena saya memasang nya juga pada motor honda grand dan yamaha jupiter burhan.

Namun saya mendapat kendala saat ingin memasang pada Honda Beat FI, kendalanya lampu tidak dapat hidup, padahal semua arus sudah ada.

Waktu itu saya tanyakan pada penjualnya. Maklum bro, karena saya ini belum tahu, saya juga pernah pasang lampu led dengan merk lain dengan harga yang lebih murah sih, itu juga langsung bisa hidup. Tapi kenapa yang merk osram ini tidak mau.

Lalu saya beranggapan lampu yang saya beli itu rusak, tetapi si penjual bilang kalau lampu ini harus langsung dapat arus Aki.

Waah waah salah pemikiran dong.. berati lampu ini tidak cocok untuk beat FI, beberapa waktu kemudian saya juga menemui lampu ini tidak cocok untuk Mio GT.

Yang saya lakukan agar lampu Depan mendapat Arus Aki.
  • Pertama bongkar cover batok kepalanya.
  • Lalu cari input arus ke saklar dimmer, yaitu kabel warna kuning, kemudian putus kabel tersebut.
  • Cari kabel coklat/hitam input arus untuk lampu kota, kemudian cabang kabel tersebut ke kabel kuning saklar dimmer.
  • Dan taraa... Kontak On lampu depan langsung menyala sangat terang.

Karena lampu depan ini langsung menyala saat kontak posisi On, saya gunakan saklar dimmer yang versi 3 fungsi, jadi lampu bisa di matikan, banyak di jual kok saklar lampu dimmer ini.

Baca juga:
Cara setel ketinggian lampu led Honda.

Untuk hasilnya bisa anda lihat pada video di bawah ini.


Catatan: sebenarnya saya agak sangsi, kemungkinan ketahanan aki akan berbeda, munkin akan lebih cepat rusak juga. Karena beban aki lebih besar.

Nah saya rasa cukup sekian untuk pembahasan lampu Led merk Osram kali ini, jika ada yang kurang jelas tanyakan di kolom komentar.

Ok semoga bermanfaat dan terimakasih.


Comments