Memperbaiki spedo New Vario 150 FI Blank akibat Air

Di vario versi terbaru ini memang banyak yang terjadi masalah pada komponen spedo nya, entah itu tiba-tiba blank tanpa sebab seperti kasus yang pernah saya bahas pada artikel mengatasi eror spedometer di vario 150 LED

Dan banyak juga yang mengeluhkan jika spedo di varian vario 150 ini terjadi ngembun setelah terkena air hujan.

Penyebab spedo New Vario 150 Ngembun / Blank.

Lalu apa penyebab nya,? Penyebab nya sebenarnya sangat sepele, yaitu.

2 tombol karet yang berada di spedo (tombol select dan reset) terdapat sedikit celah, membuat air bisa masuk ke dalam box spedo, dan akhir nya di dalam spedo pun akan anda dapati embunan air.

Saya ada sedikit tips jika masih dalam kondisi ini, tak usah repot-repot membongkarnya, anda pasang full skotlet bening saja pada bagian luar spedo, dan taraa masalah kemasukan air tidak akan terjadi lagi.

Namun jika air sudah terlanjur masuk terlalu banyak, spedo pun nge Blank, sebenarnya gak ribet amat sih, yang harus kita punya hanya kenekatan, nekat bongkar cover-cover, bongkar box spedonya juga.

untuk kalian seorang mekanik pasti gampang lah ya?

Tapi untuk anda yang hanya pengguna biasa, jika merasa tidak mampu lebih baik serahkan kepada ahlinya saja, dari pada nanti muncul istilah "MENGATASI MASALAH MENAMBAH MASALAH" nah gimana itu? ya artinya, bukan masalah kelar tapi malah tambah masalah lain. maka dari itu kita bagilah rezeki ke para mekanik juga ya. 🤭


Langkah-langkah perbaikan.

Kalian pasti bisa lah, cuman ngelepas cover mudah-mudah saja, yang penting semua baut di lepas semua, lalu ambil bagian per bagian dengan hati-hati.

Ok pertama Siapkan kunci L 3mm dan obeng (+), jika ada yg model (+) cebol (pendek) juga. Karena letak baut agak sempit.

Lepas segitiga plat nomer pakai kunci L tadi.

Lalu lepas juga segitiga pada bagian atas batok kepala. Untuk segitiga ini memakai clip, jadi hati-hati saat pelepasan.

Kemudian barulah anda lepas cover batok kepala bagian depan nya.

Dan terakhir kita ambil box filter nya saja, tanpa harus kita lepas sepaket dengan batok kepala bagian belakang.

Setelah box spedo kita dapat, yang pasti kita lepaskan juga semua baut yg melekat, entah itu bagian depan atau belakang.

Kemudian kita keringkan mesin (motherboard) dari spedo vario 150 ini, saya memakai Hot Gun untul proses pengeringan nya.

Misal anda gak punya Hot gun, ya gunakan lah hair dryer istrinya, cewenya, atau di lap juga bisa, kalau memang gak ada sih 😁. Yang penting jangan di taruh di atas api saja. 😌 Terlalu maenstrem. 🤣

Setelah di rasa sudah kering, sebelum di rakit kembali, cobalah dahulu pada motor. Dan taraa... Ambyar..!! Semoga sukses ya... 😂

Oya untuk jaga-jaga bila nanti air masuk kembali, anda tambahkan lem bakar pada bagian komponen motherboard nya, perhatikan gambar saya di atas. Maksudnya agar misal nanti air masuk tidak mengakibatkan konsle pada komponen itu.

Saat pemasangan kembali, jangan lupa pada tombol di spedo di beri perekat, saya menggunakan lem therebone, lihat video di bawah untuk jelasnya. 😁
Baca juga:
Lihat versi video disini.


Menurut saya simple saja sih penangan nya, tapi ini dalam catatan kondisi spedo tidak terjadi konslet ya, beda lagi cara penanganan nya kalau konslet. Munkin harus ganti juga.

Nah itu saja yang bisa saya ulas pada artikel kali ini. Jika ada pertanyaan atau anda ada cara penanganan lain, coba kita sharing di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih


Comments

  1. Abang ku, saya minta tolong, saya ada motor satria fu th2012, keluhan nya saat di nyalakan gas pelan brebet di gas tinggi kaga brebet, saat di bawah jalan kencang itu gak brebet klw di bawah santai brebet abang ku, mohon solusi ya abang ku, sblmnya terima kasih abangku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di boroskan dikit.. cek vakum, cek selang² yang menuju ke karbu ada yg pecah gak

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.