Kedipan 21 MIL Honda sensor 0², inilah langkah pemeriksaan nya



Kali ini kum3n.com akan membahas lebih rinci cara memeriksa kerusakan yang di tunjukan kedipan MIL 21 sensor O², sebelumnya pasti kalian sudah tau kan kalau motor honda injeksi ini memiliki fungsi diagnosa mandiri. Jadi kita akan lebih mudah mengetahui kerusakan nya.

Kode kerusakan pgm fi honda di antaranya adalah 21 yang menunjukkan kerusakan pada sensor O². Sensor O² biasanya terletak dekat dengan knalpot atau silinder.

Berikut adalah langkah pemeriksaan kedipan 21 kerusakan sensor O².


Sebelum melakukan pemeriksaan cobalah anda reset ecm terlebih dahulu dan periksa terhadap soket yang longgar sensor O². Jika ternyata kedipan MIL masih menyala lakukan langkah ini:

• pemeriksaan hubungan singkat sensor O².
Pertama lepaskan konektor 33p ECM dan terminal sensor O².

Periksa kontinuitas antara terminal sensor o² dan massa, apakah ada kontinuitas? Jika iya berarti terjadi hubungan singkat "konsleting" pada kabel hitam/oranye atau bisa jadi terminal sensor o² rusak. Tetapi jika tidak ada hubungan singkat maka lanjut pemeriksaan yang selanjutnya.

• pemeriksaan kontinuitas rangkaian sensor O² dengan ECM

Yang kedua lakukan pemeriksaan terhadap terminal sensor O² dengan ECM pada kabel hitam/oranye. Jika tidak ada kontinuitas maka ada kabel hitam/oranye putus di antara konektor ECM dan sensor O². Tetapi jika ada kontinuitas maka lanjutkan pemeriksaan selanjutnya.

• periksa sensor O².

Selanjutnya langkah terakhir ganti dengan sensor O² yang masih dalam keadaan baik, lakukan prosedur reset ECM dan hapus DTC MIl.
Lalu hidupkan mesin sampai suhu kerja normal, dan periksa ulang kedipan MIL.

Jika mil masih berkedip maka ganti ECM dengan yang masih dalam keadaan baik, tetapi jika tidak berarti sensor O² yang semula memang rusak.

Itulah langkah pemeriksaan kedipan MIL 21 kerusakan sensor O² pada sepeda motor PGM FI honda. Semoga bermanfaat.

Comments