Mengatasi tarikan awal terasa getar pada motor Matic

   Motor matic yang pada saat ini sangat banyak di gunakan semua kalangan, bahkan ketika di jalan raya hampir 75% yang berkeliaran adalah motor matic 😂.

  Kali ini kita akan membahas cara mengatasi angkatan awal terasa getar atau nyendat-nyendat pada motor matic, yang kita bahas ini bukan mengatasi brebet ya, tetapi getar terasa telat saat angkatan awal. Biasanya yang terjadi kasus ini di sebabkan part kampas kopling yang tidak beres. Bisa jadi kampas kopling habis, atau hanya kotor, grease ( vaseline) sudah meleleh, atau seal kruk as/seal gardan aus menyebabkan oli rembes kemana-mana. dan bisa juga seal-seal yang berada di driven pully aus menyebabkan grease muncrat mengenai part lain.

   Berikut adalah cara mengatasi angkatan awal yang getar pada motor matic:



1. Bongkar blok CVT.
Bongkar dan lakukan pengecekan visual, apakah ada oli yang rembes pada seal kruk as, dan seal gardan. Jika iya maka lakukan pergantian pada seal-seal tersebut.
2. Bongkar kopling.
Lihat secra kasat mata apakah kampas kopling kotor oleh debu atau pelumas. Apabila habis maka lakukan pergantian kampas kopling, Jika hanya kotor oleh debu, cuci kampas kopling dengan sabun dan gosok dengan amplas halus, seharusnya penanganan ini sudah bisa membuat angkatan awal getar menjadi normal kembali, tetapi saran saya lakukan juga langkah ke 3.
3. Bongkar driven pully.
Bersihkan movable driven face/driven face Dan lihat apakah seal-seal masih layak di gunakan, jika memang sudah aus lakukan pergantian pada seal-seal tersebut. Pasang kembali dan beri grease secukupnya. Jangan over saat memberi grease karena akan bisa muncrat dan mengakibatkan getar kembali.
4. Pasang kembali driven pully dan kopling.
Pasang kembali pully dan part yang kita lepas tadi,

Tambahan :   Apabila anda ingin membuat tarikan enteng atau nafas lebih panjang juga bisa melakukan pergantian ukuran roller standar nya.

   Selanjutnya test drive, seharusnya tarikan awal sudah tidak getar. Kalau masih getar maka gantilah motor anda dengan yang baru di dealer terdekat 😂 "bercanda".
   Saya rasa cukup sekian penanganan motor matic yang getar saat tarikan awal. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments