Tips mudah saat mengganti colboster pada dinamo motor



   Selamat malam dulur, gimana kabarnya di hari minggu ini? Tetap buka kan benkel nya 😂, yaa harus buka dong, karena konsumen kita akan lebih banyak yang datang di hari-hari libur. 🙅

   Pada kali ini kum3nBlog akan membahas tips cara mengganti colboster pada dinamo sepeda motor.

Baca juga:
Kode part bearing dan gear gardan matic

   Tetapi sebelum anda memvonis bahwa colboster lah penyebab elektrik stater tidak fungsi, lalukan dahulu pemeriksaan ini.
  • Periksa apakah switch elekrik stater masih dalam keadaan baik, caranya anda lepas tombol switch nya. Lalu anda jumper dua kabel yang ada di konektor 2p tersebut. Dan jangan lupa perisa aki nya juga.
  • Bagi motor matic periksa juga switch rem belakang, karena sistem stater pada motor matic di lewatkan switch rem juga.
  • Periksa apakah bandik atau relay stater bekerja, caranya anda tekan saja tombol stater lalu anda dengarkan apakah relay bunyi klik atau tidak. Jika relay bunyi klik, maka bisa di pastikan penyebab elekrik stater tidak fungsi 90 % dari dinamo yang rusak.
  • Selanjutnya anda periksa apakah tegangan aki sudah sampai pada dinamo, caranya anda periksa dengan multitester atau bisa juga gunakan bolep tester pada kabel merah pada dinamo, saat tombol stater anda tekan seharusnya ada tegangan aki di kabel tersebut.
Naah apabila anda sudah melakukan pemeriksaan di atas dan tegangan aki juga sudah sampai pada dinamo, maka bisa di pastikan bahwa dinamo tersebut rusak, sekarang kita coba perbaiki dengan mengganti colboster nya.

Gambar brush mega pro

Tips saat mengganti colboster pada dinamo.
  • Pertama anda buka dahulu cover-cover di motor anda sampai terlihan letak dinamo staternya.
  • Selanjutnya lepaskan dinamo dari mesin motor.
  • Kemudian buka dinamonya, biasanya baut dinamo berukuran 7 mm (T7), tapi di motor yamaha ada juga yang menggunakan baut ukuran 5,5 mm.
  • Lalu buka dinamonya hingga terlihat colboster.
  • Saat membuka telakkan ring-ring yang ada di dalam dinamo di tempat yang aman. Karena seringnya kita akan lupa urutan ring-ring tersebut.
   Biasanya saat anda melepaskan baut colboster pada dinamo, salah satu baut pengait akan patah. Jangan takut, pasang saja colboster di baut pengait yang satunya.

   Saat memasang armature jika anda kesulitan karena harus menahan per pelontar colboster, anda siapkan saja penjepit baju untuk menahan nya.

   Setelah colboster terpasang, lalu anda rakit kembali dinamo, jangan sampai terbalik saat memasang ring-ring karena akan berakibat konslet jika salah.

   Setelah itu anda pasang kembali dinmo pada mesin lalu coba elektrik staternya. Dan jreeeng elektrik stater bekerja dengan baik.

Baca juga:
Cara memeriksa relay utama di motor injeksi

  Mohon maaf jika gambar proses pergantian nya tidak ada, karena tidak sempat mengabadikan nya.
Semoga bermanfaat.

Comments