Oli habis tetapi tidak berasap. Sebagai mekanik harus bilang ke konsumen

Pembahasan kita kali ini hanya akan memberi sedikit tips untuk sedulur yang melakukan pergantian oli di motor konsumen yang oli nya habis saat di tap.

Berawal dari kejadian tadi siang saat kum3n.com mengganti oli mesin milik konsumen yang volume nya berkurang, bahkan bisa di bilang habis.


Ini lah tips saat anda menemui kejadian seperti yang saya alami. Ganti oli yang volume nya habis


Untuk sedulur kum3n.com kalau ada pasien/konsumen ganti oli, tetapi saat dibuka dan di tap oli nya habis atau cuma sedikit volumenya, lebih baik langsung bilang dulu sama yang punya motor.

Baca juga:
Beberapa penyebab volume oli mesin berkurang.

Di terangkan kalau volume oli nya tinggal sedikit atau habis, kita jaga-jaga jika nanti setelah di ganti oli yang baru jadi ngasap putih. bisa jadi masalahvkan kalau awalnya motor tidak berasap dikarenakan oli nya tinggal dikit atau bahkan habis.

Takutnya Kalau tidak diterangkan ke pemilik motor nanti bisa jadi salah paham, bisa dikira oli nya palsu lah, gara-gara gnti oli di bengkel ini itu lah jadi rusak, bisa jadi marah. Kalau cuma marah sih tidak masalah, repotnya dia ngomong-ngomong ke orang lain bisa mati pasaran bengkel kita 😂.

Sering terjadi kan orang ganti oli sampai 3 bulan bahkan lebih, padahal motor nya di pakai terus, makanya oli jadi berkurang dan habis.

Memang motor masih berjalan dan mesin tidak mengeluarkan asap, giliran ganti oli dengan volume standar jadi ngasap.

Dunia Jasa Mekanik Kalau Kita tidak pintar menerangkan pada konsumen bisa salah paham dan konsumen bisa marah-marah. Dan bahkan bisa pada kabur. Ya kan sedulur? 😅.

Baca juga:
Varian oli mesin standard AHM

Naah saya rasa cukup sampai di sini pembahasan kita, semoga selalu di lancarkan kerjaan kita ya lur.

Terimakasih.

Comments

  1. Trimakasih lur infonya memang kadang konsumen memiliki sikap rewel,karena mereka tidak mengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah mas, mkanya sbg mekanik kita hrus selalu waspada 😂

      Delete
  2. Hal yg sama terjadi pada motor sya...olinya habis...pada saat di ganti dengan oli merk lain...ehhh langsung berasap putih...mohon solusiX gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebul putih bisa karena beberapa kemungkinan mas, jika memang pas di ganti olinya habis, ngebul nya bukan di sebabkan merk olinya, tapi biasanya seker aus, bisa juga seal klep aus, dan bisa juga bis klep yang sudah longgar, jadi solusinya harus di bongkar blok seher, untuk lebih jelasnya bisa di konsultasikan ke ke bengkel terdekat.

      Delete
    2. motor matic saya juga barusan mengalami hal yg serupa, motor mati ketika di pake pas di cek oli tinggal sediki sx hampir habis pas di ganti oli baru jadi berasap, nah kalo di pake terus motornya bakal kenapa2 ato gimana yah..

      Delete
    3. Yang pasti kapasitas oli akan cepat berkurang.

      Delete
  3. Saya pernah ngalamin. Di motor Suzuki Smash. Sebetulnya itu ngasepnya pas pertama kali mesin hidup, atau pas di gas pol.

    Nah kadang pemilik kendaraan nggak sadar motor sudah mulai ngasep stadium 1. Ciri2nya kl di Tap oli berkurang, padahal nggak terlihat ada asap, berdasarkan pengalaman itu kendaraan sudah masuk stadium 1 - 1,5. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kalo awal-awal keausan memang tidak begitu terlihat, jadi pemilik tidak menyadari nya. 😂

      Delete
  4. Motor mio j sya belum cukup sebulan ganti oli tapi pas saya cek olinya udah habis.itu penyebabnya apa dan apa solusinya?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebul gak,? Biasanya sih cek bagian block atas, seher, klep.

      Delete
  5. Bang saya mau nanya motor Mio GT ane kemaren kehabisan oli/di clik kiri macet gak bisa kalo beli oli lagi terus di masukin apakah masih bisa nyala bang

    ReplyDelete
  6. Bang tadi bngt saya ganti oli ..pas di baut nya ga keluar oli alias abis ..nah pas di ganti oli si ga ngebul..tapi kedepanya bakal ada efek nya ga ya.mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek nya ya oli cepat habis mas, biasanya busi cepat mati jg

      Delete
  7. Mas mau tanya mtor Mio saya kn mati trus pas di buka ternyata olinya hbis
    Saya udh ganti oli tpi ko di sela macet ya
    Itu kenapa ya

    ReplyDelete
  8. bang mau tanya motor saya xride thn 2014 dipake harian normal udah 6 bulan ini harus ganti oli nya sebulan sekali soalnya habis terus padahal ga ada yg bocor terus ga ngebul juga
    🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba colok lobang kenalpol, ada basah oli gak,..
      ya kalau oli sering kehabisan, kita harus cel bagian block seher dan klep

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.