Diagram rangkaian sistem pengapian Suzuki Smash



Selamat malam sedulur kum3n.com. Bagaimana kabarnya. Baik bukan.?
Oya bagi umat muslim puasanya sudah dapat 14 hari nih. Semangat ya..

Yuuuuh. Kali ini kita akan berbagi catatan cara pengecekan pengapian di motor suzuki smash. Untuk sistem pengapian di motor ini adalah tipe DC. Dan sepertinya sama dengan suzuki shogun.

Ya betul lur, sistem pengapian dc yaitu mengandalkan tegangan Aki, jadi dari spul hanya ada pengisian dan penerangan yang di searahkan oleh kiprok untuk mengisi aki.

Lalu bagaimana jika tanpa aki.? Tanpa aki pun bisa dengan catatan kiprok normal. Tapi untuk motor yang menggunakan sistem seperti ini saya sarankan jangan lama-lama membiarkan motor berjalan tanpa Aki lur. Akibatnya akan merusak part pengapian. Trutama CDI.

Ok langsung saja.

Diagram sistem pengapian motor suzuki smash / shogun.



Keterangan.

W/R = putih/merah.
Bu/Y = biru/kuning.
Y/W = kuning/putih.
Bu/W = biru/putih.
R = merah.
O = orange.
W/B = putih/hitam.
Bl/w = hitam/putih.

Penjelasan alur kabel.

W/R "putih/merah" kabel dari spul menuju kiprok berfungsi sebagai kabel pengisian.

Jika di motor anda pengapian nya hilang, pastikan dahulu kabel W/R ini ada arus saat di stater.

Bu/Y "biru/kuning" adalah kabel pulser (-). Kabel ini di hubungkan dengan massa body. Atau bisa juga di gabungkan dengan kabel Bl/W.

Y/W "kuning/putih" kabel dari spul yang berfungsi sebagai kabel lampu, jalur nya dari spul menuju kiprok.

Bu/W "biru/putih" kabel pulser (+) yang menuju CDI, berfungsi memberi sinyal waktu pengapian.

R "merah" kabel dari aki terhubung ke kiprok dan menuju kontak.

Untuk pengecekan pengisian dari kiprok anda bisa melakukan lewat kabel merah dari kirok, cara nya lepaskan soket yang dari aki, seharusnya kabel merah dari kiprok ada arus saat di stater, jika tidak ada maka ganti kiprok nya.

Baca juga:
Warna kabel soket kiprok dan fungsinya.

O "orange" kabel dari kontak menuju sistem beban / menuju CDI.

W/B "putih/hitan" kabel dari CDi menuju Coil.

Bl/W "hitan/putih" kabel massa berlaku untuk semua arus.

Nah itulah rangkaian pengapian di suzuki smash/shogun.


Lalu bagaimana jika rangkaian tanpa aki.?

Jika rangkaian tanpa aki anda bisa sambungkan langsung kabel merah dari kiprok ke kabel orange.

Selengkapnya:
Rangkaian pengapian DC tanpa aki.
Rangkaian spul supra memakai cdi shogun.

Dan saya rasa cukup sampai di sini, semoga bermanfaat.
Jika ada yang di tanyakan tinggalkan komentar.

Terimakasih.

Comments

  1. Mas saya buka prtanyaan baru ...
    Prmslahan yg kmarin sudah bres yg kta mas suruh ganti cdi ...
    Nahhh tadi pasang bohlam ... knapa langsung putus ya ... pas di gas 2 Kli ...
    Apa ada prubahan kabel sblum nya kira2 .malum ni motor dah lama di pegang ade saya ... kira klo emng udah di rubah jalur kabel nya ... kira2 kabel yg mna ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel lampunya (kuning) ambil dari spul apa dari kiprok, kalau sudah dari kiprok berarti kiprok nya bermasalah.

      Delete
  2. Lampu motor smash saya Birem mas.. jd gak polusi apa permasalahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak penyebabnya, lampu jelek, reflektor kotor, spul melemah. Harus di cek dulu.

      Delete
  3. Masalahnya Kalo Saya Motor Smash 110 thn 2004 kadang Lampunya Nyala Mati Muluu Tapi Sekarang Mati Terus Padahal Lampu Sama Kabel Gaada Yg Problem Trus Lampu Sen Juga Mati Itu Gimana Yaa Sekalian Saya Mau Urut Kabel Dari Ac Ke Dc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di Cek saklar-saklar lampu dan sein..?

      Delete
  4. Mohon bantuan gan... Klw dari kontak kluar aliran listrik masuk keCDI.. tpi kluar dri CDI tidak ada arus... Udah diganti CDI baru pun sma gan...mtor shogun 110...cuma ndak dipasang aki gan... Apakah harus pakai aki gan...

    ReplyDelete
  5. pak nasrul sy mau tny...sy ada permasalh di smash 2006...sy pakai cdi shogun kebo kgd ori..kl gk slh type nya dc sm ky smash..cm perkara nya di bag pulser itu pake pulser shogun yg kabel nya 1+(kemudian sy bikin solderan di smping dudukn sy kasih kbel menuju massa..tp pny smash 2+ yg kluar dr pulser nya. beda nya pa y pak? kok motor nya brebet2 karbu dll serba ori baru. maf sdikit rada pnjg pnjelasan nya. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbedaan jumlah kabel pada pulser begini.

      Kalau yang kabel satu massa nya langsung nempel di dudukan, jadi tidak usah kasih massa lagi, satu kabel itu saja yang menuju ke CDI.

      Yang pulser kabel 2 tidak langsung dapt massa, jadi satu kabel masuk CDI, dan yang satunya menuju massa.

      Soal brebet di motor sampean, memang permasalahan sebelum nya gimana? Kenapa pulser nya di ganti?, Apa di motor terpasang aki?

      Delete
  6. rangka motor kabel body. CDI smua basicnya shogun kebo sdh rusak krn kebo sparepart nya mahal ampun2 dn langka. mesin sy gnti smash 2006 peremajaan...pulser nya pake bkas shogun spul nya smash.aki ada rada drop klistrikan nyala smua. apa tonjolan pulser nya pengaruh pak hrs di potong gk? krn tonjolan smash lbih pnjg sdkit 2mm an...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengganggu putaran magnet ya harus di potong.

      Delete
  7. Mas mau tanya, itu penjelasan di tulisan terakhir yg rangkaian tanpa aki, itu kabel merah kiprok ke kabel orange dilangsungkan kaya gimana? Jadi skun yg kabel merah kiprok dicabut lalu di sambung dengan kabel orange CDI atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan di cabut mas. Tapi langsungkan saja kabel merah sambung ke orange.

      Delete
    2. Sistem jumper ya mas?? Jdi skun kabel merah/kabel orange gak ada yg dicabut kan??

      Delete
    3. Iya benar seperti itu.

      Begini sya jelaskan sedikit. Jalur normalnya kabel merah dari kiprok itu menuju aki dan menyabang ke kontak. Lalu setelah kontak di putar posisi on maka kabel merah itu akan mengaliri listrik ke kabel orange.

      Nah kalau kita tidak pake aki dan kontak. Ya di langsungkan sja kabel merah dari kiprok ke kabel orange.

      Apa bisa di pahami?

      Delete
    4. Iya saya tetep pakai aki mas, cm kondisi aki lg drop/soak jadi pengaruh jg k motor smash saya alias brebet, nahh kalo pake sistem kelistrikan tanpa aki apa bisa normal wlaupun aki soak?? Maaf mas saya banyak tanya 😁

      Delete
    5. Yang sering terjadi tidak bisa normal mas. Harus ada aki. Karena CDI sudah lemah.

      Delete
  8. Numpang nanya gan...setiap mau gas mentok tiba seperti hilang api nya. Ibaratnya api nya ngk stabil... Solisinya apa ya

    ReplyDelete
  9. Mas aku mau tanya, kalau smash 2003 Q mau pakai Kiprok Mega pro new bagaimana caranya & apa keuntungan & kekurangan ny, aku cuma mau agar lampu bisa terang kayak motor laki, trimksh sblum ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keuntungan nya aki akan cepat terisi, karena arus dari bawah hanya untuk charger aki.
      Nah untuk lampu kalau di dapatkan aki pasti akan lebih terang.

      Cara fullwave di sini
      https://www.kum3n.com/2018/07/rubah-kelistrikan-menjadi-fullwave.html

      Delete
  10. Mas mau tanya motor saya Shogun 125 kabel spul ada 3 kuning semua itu jalurnya kemana saja mas mohon bantuan nya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loooh,... Apa tidak salah itu. Coba di lihat dari dlam. Kalau kuning semua ya harus pake multimeter menentukan nya

      Delete
  11. Mas coba bikinin rangkaian kabel spul kuning semua masuknya kemana saja ya ..intinya buat pengisian dan penerangan lampu bagus .. Dan harusnya pakai kiprok apa ya yang bagus ..mohon pencrahanya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Ndak bisalah mas, shogun ya yg di atas itu standar jalur nya. Klo kuning smua gmn sy menentukan, saya bengkel mas, bukan dukun.. 🙏🙏🙏

      Delete
  12. Ya mas motor saya shgun 125 itu warna kabel nya kuning semua terus dipotong soketnya mau tanya .itu terus di masukan ke kiprok tapi kiproknya panas .kabel ada 3 kuning semua yang satu masuk ke lampu yang kedua masuk kekiprok yang ketiga masuk ke masa itu benar gak mas....coba pencerahan ya mas..kalo di kasih kiprok tiger bisa gak

    ReplyDelete
  13. Mas motor smash titan sy pas rpm tinggi kok voltasenya drop ya. Pdhal spul udh ganti baru. Ap mungkin magnetnya udh lemah

    ReplyDelete
  14. Mas apa kabel body smash ngaruh ke pengapian? Soalnya motor saya kadang hidup kadang mati alias mogok. Coil sama cdi udah ganti tpi ttp aja gk ngaruh mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mati nya pas panas, bisa jadi pulser nya,
      Kabel body ngaruh jika ada kabel semi putus.

      Delete
  15. Saya punya motor sugon 110 kbel spulnua ada tiga warna putih dan kuning jga biru.
    Yg biru menuju kemana pas.

    ReplyDelete
  16. Saya punya motor sugon 110 kbel spulnua ada tiga warna putih dan kuning jga biru.
    Yg biru menuju kemana pas.

    ReplyDelete
  17. Kalau api dari spul itu berapa kabel yang ada arus gan???

    ReplyDelete
  18. mau nanya mas. berapa volt tegangan spul yg masuk ke kiprok. masalah nya aki gak bisa ngisi. kita cek arus nya gak nyampe 8 volt.itupun kl rpm tinggi ngedrop, apa mungkin spul nya korslet mas.motornya smash 110 th
    2007

    ReplyDelete
  19. mau nanya mas. berapa volt tegangan spul yg masuk ke kiprok. masalah nya aki gak bisa ngisi. kita cek arus nya gak nyampe 8 volt.itupun kl rpm tinggi ngedrop, apa mungkin spul nya korslet mas.motornya smash 110 th
    2007

    ReplyDelete
  20. mas klo motor smash saya di belokan koh tiba tiba lampu jarak jauh ma dekatnya mati
    Kalo jln lurus nyala
    Apa itu kabelnya ato soletnya mas
    Terus wara kabel apa klo di ganti

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.