Cara mengatasi Yamaha Mio J brebet dan mati saat di gas

Setelah kemaren kita membahas kampas kopling akternatif untuk yamaha mio agar lebih irit biaya,
Kali ini www.kum3n.com akan membagikan catatan pengalaman perbaikan di motor yamaha mio j YMJET FI yang brebet, susah di hidupkan dan saat di gas malah mati.

Seperti biasa, sebelum saya atasi trouble di motor mio j ini terlebih dahulu menanyakan history sebelum terjadi mogok kepada pemilik kendaraan tersebut.

Untuk mengatasi trouble sedulur yang bekerja di bengkel juga harus anda biasakan menanyakan history kendaraan, agar kita bisa memperpendek analisa dan lebih mudah menemukan masalah nya.

Saat saya tanyakan kepada pemilik ternyata motor mio J YMJET FI ini sudah di service beberapa hari yang lalu, dan juga di lakukan pergantian fuel pump dengan biaya Rp 600.000,. Dan saat di periksa dengan memutar kontak ke posisi ON memang fuel pump bunyi "nging" tanda nya part tersebut berfungsi.

Yah wajar saja biaya segitu dengan pergantian fuel pump, yang tidak wajar kenapa ini motor mogok lagi. Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit karena saya belum terbiasa dan belum berpengalaman mengatasi trouble di motor Injeksi yamaha. "pikir saya".

Ok langsung saja ke Intinya.

Pengecekan Yamaha Mio J yang brebet susah di hidupkan.


Untuk pemeriksaan di Motor injeksi biasakan melihat dahulu apakah ada kode kedipan MIL kerusakan di indikator spedo.

Selengkapnya.
Kode kedipan Mil yamaha YMJET FI.

Saat saya periksa ternyata ada kedipan Mil 42 (4 kedip lama, dan 2 kedip cepat). Menurut catatan saya kedipan tersebut menunjukkan masalah di sistem penunjuk kecepatan, dan benar saja ternyata penunjuk kecepatan nya tidak berfungsi.

Tetapi saya pikir kerusakan tersebut tidak begitu mempengaruhi sistem sampai terjadi mogok.

Selanjutnya saya lepas busi dan memastikan adanya percikan api, ternyata memang ada percikan, berarti bisa di simpulkan sistem pengapian aman. Dan sekaligus memastikan bahwa kompresi juga ada dengan menutup lobang busi nya.

Langkah berikutnya pelepasan injektor untuk memeriksa apakah bensin nyembur sampai injektor apa tidak nya.
Caranya anda lepas baut 10mm di throtle body (sialnya baut di motor ini karatan dan macet, alhasil menjadi patah) dan arahkan ke kertas kering lalu pejet stater sekali, jika bahan bakar keluar ber arti injektor aman.


service mio


Yang terjadi di motor ini injektor sudah menyemprotkan bahan bakar tetapi kurang deras, maka saya bongkar saja injektornya.


Untuk memisahkan injektor dari throtlle body anda lepas baut 10mm dan congkel klip dengan obeng min kecil pelan-pelan. "Lihat gambar pertama di postingan ini"

Setelah terlepas congkel klip kawat yang saya tunjuk panah di gambar kedua.

Lalu ambil injektornya dengan memutar-mutar pelan hingga terlepas seperti gambar berikut ini.


Mohon maaf gambar 2,3 saya ambil dari google karena lupa mengabadikan nya.

Dan benar saja yang saya curigai, di lobang injektor (lihat panah di gambar 3) ada banyak kotoran yang menyumpal, agar semua kotoran keluar ketok-ketok saja ke tatakan kayu secara pelan-pelan.

Setelah yakin kotoran sudah tidak ada pasang kembali dengan urutan kebalikan nya.

Karena baut 10mm di motor mio j ini patah saat di lepas, jadi saya ikat saja dengan tali tis.
Munkin kalian akan bertanya kenapa tidak di drat ulang saja?

Alasanya. Saat mencoba mengendorkan baut throtle body juga teras macet, dan takut akan sama nasib nya dengan baut yang sudah patah tadi, karena pemilik motor ini terburu-buru akan merepotkan bila harus membongkar buring untuk melakukan drat ulang bukan. Yang penting komunikasikan dengan konsumen agar dia juga tau kondisi motornya.

Baca juga:
Yamaha vixio mati saat di tarik Gas.

Akhirnya semua sudah terpasang dan hasilnya jreeng, motor nyala dengan mudah dan brebet pun hilang.
Jangan lupa test drive agar lebih yakin ya.

Itulah pengalaman saya mengatasi yamaha mio j ymjet fi yang mogok.
Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Comments

  1. Semua udah sy lakukan, gak ada kode error, semprotan BBM bagus gak ada yg tersumbat.Tapi pas di gas tetep mati. Mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya alat cek tekanan fuel pump ndak?, bisa jadi pompanya lemah.

      Delete
    2. maf gan.. kjadian yg saya alami prsis yg agan ungkap kan.. prtma sya cek kiprok kbel merah ga kluar strom.. akirx sya ganti kiprok strom udah kluar besar..tp d gas ttp mati... mkx nnti mau tsk bongkar injektorx sapa thu persis yg agan alami..mau beli pump bensin hrga mahal tkut udah d beli keadaan ttp.. gmb gan mnurut sampean

      Delete
  2. maf gan ungkapan sampean d atas persis yg sya alami..tdx sya tes kiprok kbel merah ga kluar strom.. akirx tak belikan kiprok dan kbel merah kluar strom.. tp ttp klo d gas ga kuat.. apa injektorx ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu injektor nya, klo kasus seperti di atas kadang fuel pump jg penyebabnya.

      Delete
  3. gan motor mio j sya 1 bln 2 kali ganti aki,kta bengkel kiprok aman,kadang2 klw keadaan dingin motor susah hidup dan anehnya motor hdp sendiri dlm keadaan kontak off.kerasukan jin kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha
      , kalau dari penjelasan anda, sepertinya ada kabel yg ndak beres.

      Delete
    2. Swits Stater Bro Yg Buat Motor Stater sendiri..

      Delete
  4. salam gaspal Brother.mohon pencerahan terkait problem pada sepeda motor MIO J yg mengalami masalah : 1 ,. ketika kita tarik Gas Engine malah brebet dan bahkan tidak punya tenaga/lost fower. dimana masalah itu terjadi ketika ECU meletup.setelah kita ganti dengan ECU yg baru dan saat Engine dinyalakan dan kita putar Gashand problem brebet tersebut masih saja ada,untuk informasi guna mempercepat analisa masalah pada MIL Indikator 5x berkedip lambat dan 2 x berkedip cepat.apakah yang harus saya lakukan untuk menangani problem tersebut.
    Brother mohon pencerahan detail untuk masalah diatas guna menambah wawasan pengetahuan terkait Engine F1 khususnya MIO J.besar harapan saya brother dapat membalasnya dan untuk ini saya mengucapkan terimakasih banyak.salam ngoprek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yg sering saya temui, terjadi kelemahan pada fuel pump, ada juga yg injektor kesumbat, dan bisa juga karena cup busi berkarat.
      Untuk kedipan 52 saya belum tau, di catatan saya tidak ada,

      Delete
  5. Apakah ada kedipan mil?
    Seharusnya Pada kasus seperti di atas pertama kita pastikan dulu tekanan fuel pump,

    ReplyDelete
  6. bang,,mio j sya kompresi bagus,,pengapian bagus,,injektor nyembur,,tpi gak mau hidup,,apa nya lagi yg harus di cek,,udh pusing caei masalah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Injektor nyembur blm tentu tekanan fuel pump bangus, jd cek itu dulu.

      Delete
  7. Gan sy punya motor Mio j 2014..pas aneh nya mah saya bawa selow gx mati pas saya tarik gas langsung kendor dan mati motor Mio j sya..gmn solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cek satu-satu mas, dari busi, fuel pump, injektor. Jadi mending di service kan dulu

      Delete
  8. Prmsi gan.tlng pncrahannya.karna dot permslhn kurng lbhnya sm.di gas mati langsamnya bgus.crita aeal mtor boros aki.stlh d gnti kiprok.merk nkzon cdinya jd ikut mti stlh ku gnti cdi.kiprok ori...cdi panas...hidup bntar jg gx bs di gas.ku gnti fulpom baru.injektor bru..msh gx ada prubhn...hidup sbntr cdi panas berlbih...

    ReplyDelete
  9. Mohon info gan motor Mio j saya brebet, pengaruh dr fullpump lemah atau apa ya..?
    Mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus cek tekanan fuel pump dulu, cek busi, cop busi, service dulu lah.

      Delete
  10. Mau tanya,,,motor ku soul gt 2012 pas dipke jln tiba2 mbreben dan ga kuat ngangkat,,,pdhl kmrin2 normal ga ada gejala,,,stlh saya bawa ke bengkel,,,smua sudah dicek dan dibersihkan trmsk tnky,fuel pump,,tp ttp sama,,,dan skrg motor saya mangkrak ga bisa jal,,,ca bisa hidup di rpm rendah,,,apa penyebabnya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak. Kalau ada kedipan mil, fokuskan ke situ, kalau gak ada, pastikan injektor tidak kesumbat, busi, cop busi jg di periksa.

      Delete
  11. Motor saya kalo putaran bawah brebet alias dut-dutan, tapi kalo kalo dipake ngebut gak samasekali alias lancar jaya, padahal sudah dibersihin semua dab udah ganti filter fuelpumpnya jg. Kira2 apanya ya gan.. please help me

    ReplyDelete
  12. Om kalok motor nya di gas si stabil gk ada brebet2 cuman kalok di Bawak jalan kadang mati2 trus di stater ya hidup lagi, kira2 apanya ya itu om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi mati hilang pengapian ndak?
      Coba stel klepnya dulu...

      Delete
  13. Kejadian sama kayak yang diatas. Ga ada tanda2 lampu injektor nya nyala atau berkedip. Kira2 apanya ya gan?

    ReplyDelete
  14. Bos mhn pencerahan ttg motor Mio j awalnya lampu mati semua stlh d cek keprok nya mati stelah ganti koprok malah ECU nya mati setelah ganti ECu lampu kedip 8 kali hidupnya susah gas GK ngakat samasekali lamsam normal ditarik gas hidupnya dukdukduk ,dan kadang waktu kontak di on Magnit/mesin muter,apa penyakitnya boos? Makasih.

    ReplyDelete
  15. Bang klo motor Mio soul GT lampu injektor nya berkdeip 8 kedipan itu apa nya ya

    ReplyDelete
  16. Saya punya motor mio j sama bro.jika di gas sikit saja mati...udah pinjam mio j pny kwan..semua sudah di pindah..tanki bulat bulat udah dipindah...trotool body.udah.ecu udah.koil udah.semua sudah.masih tetap gitu.blok piston semua udah...tinggal kabel body yg blm di coba.apa kira2 ya suhu

    ReplyDelete
  17. Sy punya permasalahan yg sama om motor mio saat di engkol or star mesin nyala tp kemudia mati, udah cek semua pulpump udah ganti, injektor sdh ganti tp masih sama,,kira2 apanya om, thanks..

    ReplyDelete
  18. Mohon pencerahannya kak, motor saya tiba2 brebet di jalan tersendat2 lama2 langsung mati, dicoba starter kick tidak ngangkat tdk bisa starter engine karena dinamonya sudah paran mesti diganti, busi baru, oli masih ada, aki jg bagus.
    Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.