Hal yg Harus Di Periksa saat Motor 2T Susah Hidup dan Langsam Tidak Stabil



Selamat malam dulur, malam ini bintang bersinar begitu indah nya lho, coba deh pada keluar rumah untuk melihat nya. 😂

Cukup deh basa basi nya. 😀 Untuk kali ini kita akan membagikan pengalaman kerja Kum3n.Com kemaren. Yaitu Motor 2 tak, lebih tepatnya Yamaha Force 1 susah di hidupkan, dan saat sudah hidup stationer mbenger (stationer naik seperti di gas pol). Padahal seharusnya posisi langsang.

Dan juga saat setelan stasioner di kecilkan sedikit saja motor langsung mati.

oya di motor yang saya tangani ini jika kabel Cuk di tarik hasilnya motor akan bisa langsam dengan normal.

Jadi kesimpulan nya ada beberapa trouble di motor 2tak Force 1 ini:
1. Motor susah di hidupkan.
2. Langsam naik seperti graji mesin. 😂
3. Saat di tarik kabel cuk motor normal.

Inilah yang saya lakukan untuk mengatasi nya.

Periksa berikut Ini jika Motor 2 tak susah hidup dan langsam tidak stabil.

1. Karbu : part ini yang pertama saya curigai, pasal nya saat motor hidup dan kita tarik kabel Cuk dia mau hidup normal, bisa di simpulkan bahwa mesin membutuhkan campuran bensin lebih banyak (kurang boros). Pembongkaran karbu pun di lakukan, lepas spuyer main jet dan slowjet, pastikan tidak ada lubang yang tersumbat.

2. Membran : membran juga patut untuk kita curigai, karena di motor 2 tak yang membuka-tutup kabut bensin adalah part ini. Dan karena nanggung juga sudah bongkar karbu tetapi tidak memeriksa kondisi membran nya. Periksa apakah lidah membran nya masih layak di gunalan tidak, terkadang lidahnya sudah pada tercuil. Jika seperti itu maka anda ganti saja.

3. Vakum selang bensin : ada beberapa motor yang menggunakan sistem vakum untuk mengalirkan bensin dari tangki ke karbu, terkadang selang vakum ini mengalami kebocoran, efeknya stasioner akan naik. Untuk mengatasinya ganti saja dengan selang baru, murah kok harganya.

4. Seal kruk As : mungkin ini sepele tapi sangat berpengaruh, bahkan saya baru menyadarinya. Setelah saya lakukan pemeriksaan 3 hal di atas motor Yamaha force 1 ini memang sudaj bisa hidup dengan langsam normal, tetapi untuk menghidupkan nya harus sambil menarik kabel Cuk, saat itu saya bongkar blok magnet ada Oli yang merembes di sana, oli rembes bisa di pastikan karena bocor nya seal kruk as, karena seharusnya di blok ini harus kering.

Jadi niat saya mengganti memang karena agar tidak ada oli yang rembes.


Setelah saya ganti ternya motor bisa di stater tanpa harus menarik kabel cuk. Waaw!!

Bisa di simpulkan bahwa seal kruk as ini mempengaruhi kompresi di motor 2 tak.

Baca juga:

Naah itulah 4 hal yang harus di periksa ketika montor 2 tak susan di hidupkan dan stasioner tidak stabil.

Oya sebelum anda memeriksa 4 hal di atas, pastikan api busi keluar dengan bagus dan tepat di ujung busi. Bisa saja motor susah hidup di sebabkan api busi nya keluar dari samping, berarti busi anda bocor, harus ganti juga.

Saya rasa cukup sekian bahasan tentang penyakin montor 2 tak (yamaha force 1) ini.

Semoga bermanfaat terimakasih.

Comments