Inilah Beberapa tanda CDI DC rusak

Mari kita belajar lagi di sistem kelistrikan sepeda motor, kali ini kita akan bahas tanda-tanda yang sering saya temui di CDI DC yang rusak.

Sebelum nya harus kita ketahui bahwa di sistem pengapian motor yang menggunakan CdI DC sangat mengandalkan arus aki, walaupun tanpa aki pun motor akan tetap bisa hidup dengan syarat kiprok harus benar-benar sehat.

Tetapi sering juga di motor yang menggunakan sistem pengapian DC jika tanpa aki akan terasa brebet.


Lalu sebagian orang menanyakan, aman tidak jika kita tidak memasang aki di motor dengan CDI DC ini. Nah menurut pengalaman pribadi memang aman-aman saja, tapi lama kelamaan karena CDI di paksa bekerja dengan arus yang kurang stabil, jadi akan cepat melemah.

Jadi lebih aman nya kita tetap pasang aki untuk penggunaan jangka penjang nya.

Ok langsung saja berikut adalah tanda CDI DC rusak.

Pengapian Hilang.

CDI DC rusak jika pengapian pada motor hilang, tetapi sebelum kita vonis DCI nya yang rusak, kita harus memeriksa semua input yang masuk ke CDI, kalau arus input sudah masuk, arus pulser sudah masuk, dan massa CDI pun sudah tersambung, ber arti fix kita vonis CDI nya, jadi solusinya harus mengganti dengan CDI yang baru / dalam kondisi bagus.

Motor terasa brebet jika tanpa Aki.

Sering juga saya menemui di motor yang menggunakan CDI DC saat aki soak/mati ataupun jika aki di lepas motor akan terasa nyendat-nyendat. Ini adalah sebagian tanda jika CDI sudah melemah, solusinya harus kita pasang aki, tapi sebenarnya kita juga harus mengganti CDI nya.

Output CDI ke coil ada tegangan listrik saat kontak On.

Tanda ini juga beberapa kali saya temui di motor smash, mega pro, jadi saat kita coba periksa pengapian dari coil tidak ada pengapian nya, tetapi saat di periksa output CDI saat kontak on kita gesekkan kabel tersebut ke body/massa akan terjadi letikan bunga api. Padahal belum kita stater motor, hanya kita putar kontak posisi ON.

Ciri ini juga sering saya temui di motor injeksi yang menggunakan ECM, jadi 2 kabel yang masuk ke koil itu jika kita sambungkan ke multitester sudah ada arus saat kita kontak ON. Seharusnya arus akan ada jika kita selah-selah motor.

CDI berdengung.

Kadang juga CDI DC menimbulkan suara berdengung saat di hidupkan, tetapi kadang CDI seperti ini masih bisa di guanakan secara normal, namun kadang pengapian di motor juga hilang.

Mesin mati saat sudah panas.

Ini juga saya alami sendiri di motor sendiri, yaitu jupiter Z, saat perjalanan jauh dan mesin sudah panas, pengapian hilang, tapi saat kita tunggu mesin dingin pengapian kembali ada. Namun penyakit seperti ini juga kadang di akibatkan oleh pulser.

Diagram motor yang menggunakan CDI DC

Nah itulah tanda yang sudah saya temui.

Versi Video tanda CDI rusak di Suzuki Smash


Ok saya rasa cukup sekian, semoga bermanfaat. Jika ada yang mau menambahkan atau saya ada salah menuliskan, silahkan komentar di bawah.

Maturnuwun.

Comments

  1. wah info berguna nih...Terus saya tertarik sama template ini...apakah ini contempo? Saya jamin ini lebih bagus daripada viomagz jika di optimalkan. Kalau bisa bagi dong kodenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya template contempo mas, sebagian editan nya malah dari editblogtema

      Delete
    2. saya serius mas. Koleksi Contempo redesain saya terhapus dari folder: bisa gak kirimkan saya copy tema ini, saya sangat berterima kasih daripada buat dari awal lagi he he he.
      kirim ke sini mas: sufyanyaan@gmail.com.
      Template ini banyak diminta sama teman teman di kantor, mereka mau ganti tema yang mereka beli karena sudah crash (tidak update)

      Delete
  2. Maaf Bang, bukanya kalau mesin panas trus pengapian hilang diakibatkan oleh coil yg bermasalah?kok CDI jg ya,terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua part pengapian mengalami hal sama, begitupun pulser, cdi, coil.

      Delete
  3. Assalamualaikum semangat pagi bos...
    Saya punya force 1 92, sdh mangkrak setahunan. Saya coba hidupkan lagi... Pengapian busi oke, karburator oke, bensin lancar sampai busi (ditandai busi basah oleh bensin). Saya slah sampai kaki kaku tetap gak bisa hidup.... Ada solusinya bos?
    Matur nuwun 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompresinya gmn? Cek seal kruk as juga. Cek membran nya jg

      Delete
  4. Pagi bang, motor saya megapro 2000 sekring, busi, cdi udah ganti baru tapi kok sering mati ya waktu mesinnya panas sebelumnya cuma akinya saja yg habis, terus setelah ganti aki mati lagi dan ngganti yg diatas itu tadi. Kira kira kenapa ya bang ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya ada yang tidak beres dengan sistem pengisian, coba cek kiprok nya.

      Delete
  5. mas motor saya GL max 2004, motor gak idup, pulser ada setelah di tes, ground ada, tapi saat kontak on jdi ada suara niiiiiiittttt di CDI nya, ketika di tes kabel dari output CDI ke coil, ada arus nya tapi kecil (di cek pake tespen 12v), itu apanya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ciri CDI normal apakah benar pada saat kontak on timbul percikan api,?
      kalau CDI alfamarket nb yang bagus apa ya?

      Delete
    2. klo mesin di selah baru ada api,
      cdi ada banyak, indopart jg lumayan.

      Delete
  6. Klo output cdinya 15volt ke atas rusak apa gak ya?

    ReplyDelete
  7. mas kalo coil berdengung kenapa ya ? jalur coil aman semua , motor masih hidup tp coil berdengung . cdi aman ga dengung ( normal ) tp coilnya dengung kenapa ya ? unit gl pro neotech 160. cdi shogun kebo ( dc ) coil masi orian japan

    ReplyDelete
  8. Mas motor saya smesh SR pas saya itu cdi saya meletup ga tau kenapa trus saya ganti sama cdi Yg ada di rumah,Cdinya udah lama memang Namun pas saya mau ganti dengan CDI baru kenapa suara motor saya jadi kaya suara mesin dompleng nyendat nyendat putus putus gitu,Apakah Saya salah CDI saya ga tau itu AC Apa DC,tolong pencerahanya ya

    ReplyDelete
  9. Pengapian pakai aki ato ga pakai aki tetap sama kenapa ya cdi pakai shogun kebo pengapian dc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cdi berdengung saat kontak di on ..tapi pengapian motor masih terasa normal..apakah ciri cdi rusak jika ada dengung..

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.