Sharing tentang Filter Fuel pump Motor Injeksi

Mari kita sharing pengalaman tentang kerusakan di motor injeksi, apa sih yang sering anda temui? Banyak ya.. 😁

Nah kali ini saya akan menulis salah satu kerusakan yang sering terjadi di motor injeksi. Yaitu filter fuel pump, atau filter bensin di fuel pump.

Walaupun part ini murah dan terlihat sepele, tapi sangat berpengaruh pada tekanan yang di hasilkan fuel pump, karena jika filter nya sudah kotor, penyedotan rotak akan berat.


Lalu kapan sih waktunya untuk mengganti nya.?

Jika menurut BPR (buku pedoman reparasi) milik Honda, umumnya di kisaran ± 50.000 km atau kisaran 5 tahun, waah cukup lama ya,

Tapi sebenarnya lebih akurat jika kita tentukan menurut kilometer di spedometer. Karena kadang motor ada yang pemakain nya over, jadi kilometer tercapai lebih cepat, namun ada pula yang motornya jarang di pakai, walaupun usia motor sudah 5 tahun tapi kilometer tidak sampai 10.000 nilainya.

Nah untuk cara mengganti cukup mudah, tinggal putar filternya berlawanan dengan arah jarum jam. Saya yakin anda pun pasti bisa.

Ini adalah gejala yang terjadi akibat filter sudah kotor.


  • Ini sering saya temui di motor beat, motor memang bisa hidup normal, tapi saat kita buat jalan agak kencang, ya kisaran 50km/jam lalu kita lepas gas, motor langsung mati, tetapi motor akan dapan tetap di hidupkan kembali.

    Nah setelah saya ganti filter nya, motor kembali normal tidak mati-mati lagi.
  • Kasus selanjutnya motor bisa hidup dengan mudah, tetapi saat gas di tarik agak cepat, akan terasa sedikit telat, jadi kayak ada brebet-brebet nya gitu. Setelah di ganti filter nya pun kembali normal.
  • Tekanan fuel pump menjadi lemah saat kita test dengan fuel gauge, gejalanya ini memang agak parah, karena sudah membuat tekanan jadi kecil, jadi kadang kita juga harus mengganti rotak nya sekalian.

Itu adalah beberapa tanda yang sering saya temui, munkin jika anda menemui kasus lain akibat filter sudah kotor bisa tuliskan di kolom komentar.

Baca juga:

Untuk pengecekan bisa anda gunakan alat cek tekanan fuel pump (fuel gauge). Jika hasil tekanan tidak sesuai standar nya, bisa anda periksa langsung unit fuel pump nya di dalam tangki.

Video cara pergantian


Ok singkat saja sharing nya, sekali lagi silahkan tulis di kolom komentar jika anda menemui efel lainya.

Semoga bermanfaat, terimakasih.


Comments