Efek BBM tercampur, penyebab Motor menjadi Mbrebet


Hello bro,. Selamat malam, tak terasa kita sudah di penghujung tahun nih ya. Bagamana nih target kalian di tahun 2019 ini, sudah tercapaikah? Sukses buat kalian semua ya. 😁

Kali ini kita akan membahas tentang trouble yang saya alami kemaren pada motor vario 125 PGM FI.

Ceritanya pada motor ini saat gas di tarik sangat terasa brebet, knalpot mengeluarkan asap hitam, bau asap seperti pembakaran yang tidak maximal, dan ketika di colok DLC tidak ada kedipan yang menunjukkan kerusan pada sensor PGM FI.


Langkah pemeriksaan yang saya lakukan.
  • Seperti biasa, pertama pasti saya menanyakan history sebelum kerusakan motor pada konsumen, namun sang pemilik tidak mengetahui, hanya tiba-tiba brebet katanya.
  • setelah itu saya bongkar cover dan lepas jog, saya cek cop busi dan businya terlihat aman-aman saja.
  • pengecekan selanjutnya tertuju pada fuel pump,saat di test tekanan fuel pump juga normal 40kpa lebih.
  • Kemudian saya coba bersihkan throtle body, injektor, namun hasilnya masih nihil.
sampai di sini saya agak sedikit berpikir keras, apa ya penyebab ini motor brebet? yang pernah saya temui biasanya karena kerusakan sensor TP, cop busi karatan, sensor ECT/EOT bermasalah.

beberapa waktu lalu juga pernah ada kasus hampir serupa penyakitnya, motor brebet setelah di cuci, tapi ini beda, semua kabel kering, semua soket juga kencang.
  • karena semua sudah di periksa dan hasilnya nihil, kemudian saya lakukan pengurasan pada bahan bakar, lalu saya masukkan bahan bakar baru, menurut anda gimana hasilnya? wwaaaw motor normal, gas di tarik langsung jreeng tanpa ada brebet lagi. kenalpot pun sudah bersih tanpa ada asap yang keluar. wiiih beres nih "pikir saya".
memang kasus bensin tercampur seperti ini sudah beberapa kali saya temui, umumnya di motor yang BBM nya tercampur ada beberapa tanda, yaitu:
  • motor brebet.
  • busi hitam.
  • ada asap dari knalpot.
  • bau bensin agak berbeda (namun di motor ini baunya normal).
itulah beberapa tanda BBM tercapur yang sering saya temui.
baca juga:
lalu,
apa sih yang biasanya mencampuri bahan bakar? di sini ada beberapa kasus.
  • bahan bakar tercampur dengan solar, ini pernah terjadi pada tetanggga yang menjual bbm eceran, kasusnya dia salah menaruh bensin di wadah yang masih terdapat solah, yaaah padahal solar nya cuma sedikit, namun akibatnya banyak motor yang brebet stelah isi bensin.
  • pernah juga saya temui si pemilik motor memberi sebuah cairan yang di masukkan ke BBM, yang katanya untuk membuat irit konsumsi bahan bakar, namun yang terjadi malah motor menjadi brebet. jadi jika anda mengalami stelah memasukkan cairan lain ke bbm, kuras dan ganti bensin baru pasti akan sembuh.
nah itulah beberapa akibat dan peneybab bbm tercampur yang pernah admin temui, apakah anda pernah menemui nya? coba tinggalkan di kolom komentar.

ok saya rasa cukup sekian, semoga bermanfaat. terimakasih

Comments

  1. makin keren Mas Umam...semoga usaha dan rejekinya semakin lancar ya

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.