Diagram Sistem Stater Vega ZR

 Selamat malam bro.. semoga kalian semua selalu dalam keadaan baik-baik saja ya..

Karena memang situasi sekarang kita di paksa sehat di negara yang sakit 😁. 

"Wes ahh, malah ngomong aneh-aneh, keno pelanggaran aku menko 🤣"


Ok pada kesempatan kali ini saya akan membagikan diagram sistem stater pada motor Yamaha Vega Zr, yaah walaupun sebenarnya diagram ini sama persis dengan motor yamaha lain yang masih menggunakan sistem karburator sih.


Nah di bawah ini adalah diagram yang di buat berdasarkan jalur kabel di motor aslinya, dan saya buatkan gambar agar lebih simple, namun jika ada kesalahan, tolong beritahu saya brooo..


Jalur kabel sistem stater Yamaha Vega ZR

Sistem stater

Penjelasan warna kabel:

R.       = Merah.

Br.     = Cokelat.

R/W.  = Merah/putih.

Bl/W. = Hitam/putih.

Bl.      = Hitam.


Penjelasan jalur kabel.

∆. R (merah), kabel ini berasal dari (+) aki menuju Relay stater, biasanya kabel berukuran agak besar, dan tentunya kabel ini mempunyai arus 12v aki.

Kabel merah ini juga di cabang denga kabel merah kecil menuju ke sekring, lalu stelah dari sekring baru menuju lontak sebagai inputnya (perhatikan pada gambar di atas).


∆. Br (cokelat), kabel ini adalah outpun dari kontak menuju sistem beban, ya tentunya akan menuju ke relay  stater juga, kabel ini terdapat arus 12v. 


∆. R/W (merah/putih), kabel ini adalah output Relay stater menuju dinamo stater, kabel merah/putih ini akan ada arus 12v setelah tombol stater di tekan.


∆. Bl/W (hitam/putih). Kabel ini dari tombol stater yang akan mencarikan Massa ralay, jadi setelah tombol di tekan dan tersambung ke massa, maka kabel R/W akan ada arus.


∆. Bl (hitam), kabel massa body.

Baca juga:

Cara pengecekan jika stater tidak berfungsi.


1. Pastikan aki sehat.

2. Kabel merah relay stater harus ada arus aki.

3. Kabel cokelat relay harus ada arus stelah kontak posisi on, jika tidak ada, coba di urutkan kabel merah dari aki sampai sekring, lalu dari sekring menuju kontak.

4. Kabel merah/putih harus ada arus setelah tombol di tekan, kalau tidak ada coba jumper kabel hitam/putih ke massa body, apabila masih tidak ada, kemungkinan relay rusak.

5. Jika arus sudah sampai pada dinamo stater tetapi stater tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan dinamo yang rusak, coba cek dulu arang/colbusternya.


Nah itulah diagram stater vega zr dan penjelasan jalur kabel nya, jika anda masih kesulitan tinggalkan lah pertanyaan di kolom komentar.


Semoga bermanfaat dan terimakasih.



Comments