Jalur in out kabel di kotak sekring Beat FI eSP

Masa ini kita semakin di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi lur, bagaimana tidak. Yang dahulu fuse / sekring hanya berjumlah umum nya 2 buah, tetapi sekarang di motor injeksi sekring berjumlah banyak. Dan mau tidak mau kita harus mempelajari nya agar lebih mudah saat terjadi trouble.

Munkin di tempat sedulur jarang menemui trouble di bagian sekring ini, tetapi di tempat tinggal saya yang dekat dengan air laut akan sering menemui kabel-kabel pada kotak sekring mengeropor di bagian skun nya. Dan akibat nya kabel akan lepas dan sistem kelistrikan blank.

Kelemahan di motor sekarang seperti vario 125/150, scoopy FI esp, beat fi/esp kotak sekringnya terletak di bawah bagian lantai pijakan kaki, kelemahan nya saat motor berjalan pada kondisi banjir air akan membasahi di bagian kabel-kabel. Munkin akan aman saja jika air tersebut bukan air asin. Tetapi disini tempat yang dekat dengan laut dan air asin, maka akan fatal akibatnya.

Kabel rusak akibat air asin

Ok yang akan kita bahas kali ini adalah jalur kabel keluar masuk pada kotak sekring di motor beat FI eSP.

sebelumnya kita menuju bahasan www.kum3n.com beri saran agar anda berhati-hati saat memperbaiki kerusakan ini, jika salah jumper bisa kelar, dan apabila spart part ready lebih baik di ganti saja kabel box sekring nya. Untuk harga kotak sekring mungkin di kisaran Rp 250.000,

Baca juga:
Diagram sistem pengapian Beat FI eSP

Penjelasan jalur sekring Beat FI eSP

Naah di sini saya akan memberikan gambar kotak sekring beat fi esp yang sudah di beri penunjuk panah agar lebih mudah di mengerti.


  1.  Hitam (Bl). Kabel ini berada di relay stater/pengisian yang berasal dari relay utama. Kabel ini memiliki tegangan 12v aki saat kontak posisi ON.
  2. Merah/Hitam (R/Bl). Kabel ini berasal dari ECM yang berukuran besar.
  3. Kuning (Y). Kabel kuning ini juga terdapat pada relay stater yang berasal dari ECM yang berfungsi mencarikan massa saat switch stater di tekan.
  4. Merah (R). Kabel merah ini masih terdapat pada relay stater yang juga memberi arus tegangan 12v yang berasal langsung dari Aki.
  5. Hijau/putih (G/W). Kabel yang berada di kotak sekring ini berasal dari ECM yang berfungsi mencarikan massa agar relay utama berfungsi saat kontak posisi ON.
  6. Hitam (Bl). Kabel hitam yang berasar dari kontak. Yang memberikan arus ke relay utama saat di kontak ON.
  7. Merah/putih (R/W). Kabel ini berasal dari no 11 yang di beri sekring berukuran 5A. Kabel  Merah/putih kakan menuju ke ECM.
  8. Hitam/putih (Bl/W). Kabel ini setelah sekring 10 A yang akan menuju ke sensor-sensor PGM FI. Seperti fuel pump, injektor, katub selenoid, coil pengapian.
  9. Hitam/merah (Bl/R). Kabel bl/r berasal dari sekring 10 A yang akan menuju switch dimmer berfungsi sebagai saklar lampu depan.
  10. Hitam/coklat (Bl/Br). Kabel yang berasal dari sekring 10A yang akan menuju ke lampu-lampu kota dan klakson.
  11. Merah (R). Kabel yang berasal dari aki yang di beri sekring 25A. Kabel ini juga memberi tegangan ke skun yang berada di kotak sekring.

Baca juga:
Cara memeriksa relay utama di motor PGM FI

Naah itulah penjelasan kabel in out yanf berada di kotak sekring honda beat FI esp, jika ada yang di tanyakan silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments

  1. Selamat pagi lur mohon bantuannya, vario lama doble starter tidak mau hidup nb:aki bagus, swit swit bagus, tombol start bagus, rumah skring bagus kol starter masih,gear vinion juga oke! Tapi ketika kita tekan tombol starnya hanya berbunyi ceklik ceklik alias dinamo ndak mau mutar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Colbuster sudah di ganti baru lur? Karena biasanya bukan dari fisik kuningan nya aj, coba aja di lepas baut pengait colbusternya (baut + yang di dalam dinamo) nanti pasti patah. 😅

      Delete
    2. Mas mau tanya ECM tuh apa???trm kasih

      Delete
    3. Engine Control Module, klau di motor lawas CDI

      Delete
  2. Satu lagi lur riley starynya juga baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah di periksa juga kabel merah ke dinamo ada arusnya tidak saat tombol stater di tekan.

      Delete
  3. Saya punya trouble kalo motor kontak dioff lampu senja sama klakson masih bisa nyala,kebetulan motor saya beat street awal mulu kejadian waktu itu saya sedang mau masang lampu variasi karna saya lupa menutup arusnya deket selotip akhirnya kesenggol kena body dan putus lah sikring setelah saya ganti sikring eh malah jadi begitu, setelah kejadian itu sudah saya cek kabel yg lainnya takut ada yg meleleh tidak ada yg ngelupas atau meleleh,solusinya gmn ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mase pas mutus kabel warna apa, kemungkinan besar jika di lihat dari history nya kabel yng menuju lampu/klakson mendapat arus langsung dr aki tanpa melewati kontak. Pastikan dulu sambungan yg mase solatip sudah bnar apa belum.

      Delete
    2. Ini bukan kasus pertama di bengkel kami, pertama karena salah salah dalam eksekusi yang mengakibatkan ecm jebol, solusinya ganti ecm baru atau anda lepas aja relay starter/ pengisian dan sikring 5A diganti dengan 10A/15A ..
      Penjelasan lebih lanjut terlalu panjang gan 😁

      Delete
    3. Beat esp saya juga gitu mas klakson dan seri nyala walau kontak off, masalahnya sih dulu saya pake alarem,, terus saya buka lagi laremnya,,

      Delete
  4. Aku punya beat iss 2017. Nah setelah setahun ada problem tiba tiba kontak on tidak ada pergerakan di speedo alias mati total. Pas pake engkol hidup... Dan semua normal. Aku cek dari aki dan sekring semua ok. Ketika beberapa kali kejadian tiba tiba normal kembali. Setelah beberapa minggu terulang mati total lagi dan harus pake engkol. Gak lama setelah bbrapa kali pake engkol.. Listrik normal lagi sampe sekarang. Kira kira knp ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti relay utama, kotak kecil di sebelah aki

      Delete
    2. Kalo kebalikannya gmn ya om.. jadi ini spido idup. Tp FP sama indikator lampu mill ga idup. Apanya ya om?

      Delete
    3. Cek kabel hitam/putih soket FP harusnya ada arus aki saat kontak On.

      Delete
  5. Mas mau tanya, motor scoooy injeksi saya Sekring ignition pump putus saat kunci kontak di ON. Pas di ganti putus lagi saat kunci kontak di ON.
    Mhon pncerahan ny mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring putus karena ada kabel yg konslet. Cek dulu kabel-kabel nya, terkadang karena di gigit tikus.

      Delete
  6. Mas mau tanya, motor saya Vario 150 fi, punya kendala fuel pump tidak bunyi, sudah saya cek sekringnya, sampai fuel pump dicoba ke motor yang sama, fuel pump pas dicoba di motor lain mau nyala, kira" apanya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arus input sudah sampai ke soket fuel pump apa belum? Coba di cek dulu.

      Delete
  7. Mas saya trouble di box sekring motor saya Vario 110 fi. Pernah konselet di bagian lampu rem nempel di body dan semua nya dari urutan kabel sudah di ganti tinggal box sekring motor belum . Arus nya kalo ikutin jalur yg semula motor g nyala tapi kalo di suntik arus yg merah langsung ke aki motor nya . Mohon petunjuk biar normal lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek relay utamanya dahulu, kotak kecil sebelah sekring.

      Delete
  8. mas...motor saya beat esp...kendala cm dobel stater kadang nyala kadang tidak....aki dicek ok,sekring,relay,klakson lampu jg ok...mohon solusi nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba colok DLC ada kedipan MiL di spedometer tidak,?
      Untuk cara colok nya ada di artikel ini.
      https://www.kum3n.com/2017/07/cara-reset-ecm-sensor-tp-dan-setting-altitude.html

      Delete
    2. Mas minta solusi beat esp kabel hitam coklat gak teraliri strum, jadi stater, klakson sein gk nyala kontrol injeksi jg gk nyala, gmn ngatisinya ya. Mksh

      Delete
  9. BEAT F1 ESP gak mau cas aki nya.klu di ganti aki paling tahan cuma 3 hari ...apa nya yg slah mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cel pengisian, beat fi lama apa esp? Kalau lama cek kabel putih dari spul biasanya putus.

      Delete
  10. mas beat esp saya mati total lampu mil mati relay dan aki dah diganti tapi relay ga on. kabel hitam putih dari ecm tidak ada masa saat kontak di on. mohon pencerahanya apa ciri ecm rusak. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitam/putih kan arus mas,
      Nah kalau kabel putih/hijau dr relay sambungin ke massa mau hidup gak, kalau mau ya ecm mu rusak.

      Delete
  11. Bang..minta informasi
    Yg jual kabel bodi Honda beat pop rap yg ada swicth idling dmn ya

    ReplyDelete
  12. Kalau buka box fuse nya gimana ya.

    ReplyDelete
  13. Gan.. sy mau pasang alarm merk e lock di beat pop.. letak kabel disable CDI dmn ya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya? Biasanya kan ada petunjuk pemasangan.

      Delete
  14. Gan, motor saya honda beat 2017 pertama kendalanya adalah lampu utama dan lampu belakang mati, trus akhirnya mati total kontak on gabisa nyala, saya ganti sekring akhirnya udah bisa nyala, tapi lampu utama sama lampu belakang belum bisa nyala, kira kira masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sana ada sekring lampu, apakah sudah di periksa?

      Delete
  15. Sudah bang , sakring lampunya saya ganti juga masih belum bisa nyala.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Kabel hitam/merah di switch dimmer sudah ada arusnya?

      Delete
  16. Mengapa beat esp 2017 lampunya gak terang seperti motor2 lain ya kaya strumnya kaya ketahan gitu saya lakukan percobaan di beat esp dan mio j sama2 pakai lampu led philips tp hasil nyalanya kok terang di mio apa masalahnya

    ReplyDelete
  17. kalo kabel dimer g ada arus apa masalahnya mas. sudah saya coba ganti semua sekring dan rilay nya. tapo tetap aja g ada arus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel hitam/merah sudah dari sekring ke saklar putus ndak?

      Delete
  18. mohon pencerahan mas.. 😊 😀

    ReplyDelete
  19. Numpang tanya mass, kalo lampu utama motor tidak nyalaa kenapah yaa.. mati nya sehabis masang lampu led 3 sisi, lampu led nya tidak nyalaa pas di copot lampu bawaannya juga tidak nyalaa tapi stater sen depan belakang ama lampu belakang nyalaa. mohon solusi nyaa motor saya beat f1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring udah di ganti tetep saja tidak nyalaa.. pas Mau masang lampu led kabel yg ada tiga warna nya kalo gasalah, biru hijau putih nah itu di potong buat nyambung lampu led nya

      Delete
    2. Kabel merah/hitam di soket switch dimmer sudah ada arus nya belum kalau motor di nyalakan.

      Delete
  20. Mas mau tanya, beat fi ga bisa di starter harus di selah terus dan lampu indikator juga ga nyala pas di kontak on, itu knapa ya dan kalo kelamaan kaya gitu berpengaruh ga ke injeksi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki normal?
      Kalo iya ceo sekring dan relay utama.

      Delete
  21. Motor beat esp saya seperti ada kebocoran arus + dgn masa... Saya coba cek spull dgn tester, smua kabel ada kontinuitas... Apakah spull yg normal seperti itu..?

    ReplyDelete
  22. mohon bantuanya gan.motor beat f1 esp sy.klu kunci kontak di of lampu spedonya tetep nyala gan.dan fuel pumnya ngga mau berfungsi mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel-kabel secara visual, bongkar smua cover.

      Delete
  23. kabel tdk ada masalah gan.lampu indikator nyala gan tp kenapa yah fuel pum td berfungsi mohon pencerahan gan?

    ReplyDelete
  24. kabel tdk ada masalah gan.lampu indikator nyala gan tp kenapa yah fuel pum td berfungsi mohon pencerahan gan?

    ReplyDelete
  25. fuel pump nya bisa bunyi gan.klu kabel coklat/hitam di jumper ke massa.kira2 apanya tu gan.mohon di bantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kabel coklat/hitam nya tidak putus, berati ecm mu rusak.

      Delete
  26. Mas.. motor saya beat fi esp bila setatr,reteng/kelakson tiba" sekreng putus apa masakannya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  27. Mas mau nanya motor beat esp lampu spido ngga mau nyala padahal aki bagus, skring saya cek semua bagus, relay duanya bagus, Tp pas diengkol nyala knp tuh mohon pencerahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah di cek semua bagus lalu saya mau bilang apa 😁

      Delete
  28. Mas saya mau nanya honda PGM-F1 jalur ke apedo n start mati itu apnya trmksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mau nanya motr saya beat PGM F1, jalur kabel yg ke, start,, klakson,, lampu send,, lampu spedomtr pda mati, itu apanya ya trmksh sblmnya Gan

      Delete
  29. mas beat 2016 saya lampu depan mati, pdhal lampu baru, saklar abis di potong modif biar gak nyala terus, jarak 6 bulanan mati,

    ReplyDelete
  30. Gimana gan cara memberbaiki saat kontak off klakson sama lampu spido hidup trus

    ReplyDelete
  31. Saya punya montor beat esp trobelnya klakson sama lampu spedo hidup saat kontak off

    ReplyDelete
  32. Mas pnyaku beat f1 akhir2 ne sering di kontak g nyala, dah ganti aki berulang2 , apa rumah skring nya bermasalah ya. Soalnya kalo hbs hujan ,pasti di kontak g bkal nyala

    ReplyDelete
  33. Mlm mas... Mohon pencerahannya..
    Motor beat esp mati total.. ga ada yg hidup sama sekali di panel spidometer..
    Sudah ganti relay kaki 4 tetap tidak ada perubahan, sekring tidak ada yang putus, cek kabel kasat mata tidak ada yg mengelupas..
    Tes kabel warna hijau di relay di jumper ke massa, yang hidup cuma klakson dan lampu panel spidometer, fullpump, sein, dan yg lain tidak ada yg hidup..
    Mohon bantuannya...
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kabel massa fuep pump di langsungkan juga, kabel coklat/hitam jumper ke massa, kalau dia mau dengung, berati ecm mu konslet

      Delete
    2. Mas bro apa warna kabel positif dan negatif dikonek kabel ecu beat 2013

      Delete
  34. Gan ni ada trouble shot motor scoopy esp yg bukan LED lampu nya
    Bila kunci kontak OFF lampu senja yg diatas lampu retting nyala dan saya coba lepas sekring ukuran (5a) yg bertuliskan di cover pelindung aki tulisan nya ecu ,mati lampu senja nya dan spedo meter nya dalam keadaan kunci kontak posiisi of ,dan saya pasang kembali sekring nya dalam keadaan kunci posiisi off nyala lagi lampu senja nya padahal kunci keadaan OFF

    Kira" apa tuh gan mohon info nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu kota apa lampu Mil? Kalau lampu kota, biasanya ada kabel yg ke gabung, coba di bongkar semua cover, di cek secara manual.

      Delete
  35. Replies
    1. Kasus seperti ini biasanya ulah tikus, jd ada kabel yg ke gabung.

      Delete
  36. Motor saya Beat ESP..
    Tiba2 Kelistrikan mati sperti ACG Starter, Lampu Indikator Spedo, Lampu Sein dan Lampu bklg....
    Otomatis saya hanya mengandalkn Kick Starter bersamaan dgn nyala lampu dpn...
    Aki saya masih bgs dan tdk ada tanda2 akan tekor sblm'a..
    Saya mmg memasang bbrp lampu tambahan..
    Apakh sekring putus atau Aki habis atau ada hal lain..??
    Trima Kasih sblm'a...

    ReplyDelete
  37. Mas mau tanya.
    Motor sya beat Street 2018. Sya coba pasang lampu tembak tapi jumper arus (+) sama (-) nya dari kabel lampu utama (hijau +biru).
    Awal ny kelistrikan idup semua, tapi lampu tembak nya ga nyala. Pas aga lama.n tiba2 spedo ama kelistrikan lain mati, pas d kontak ada dengung dari tanki, d engkol motor idup. D cek sekring yg 25A putus, d ganti udah 3x putus trus. Padahal rangkaian lampu tambahan nya udah saya copot.
    Kira2 apanya ya.

    ReplyDelete
  38. Maaf mas mau tanya motor saya beat 2017 awalnya putus sekring 25 terus diganti 20 karena yang 25 gak ada terus belum juga di star udah putus lagi trus di bawa ke bengkel di cek kabel bodinya udah itu malah gak mau idup ..di spedo meter baru idup kalo relay yang warna hitam di lepas tapi tetap mesin gak idup itu apanya ya mas🙏

    ReplyDelete
  39. Maaf mas mau tanya motor saya beat 2017 awalnya mati sekring 25 terus diganti 20 karena yang 25 ga ada trus mati lagi blum juga di star trus di bawa ke bengkel di cek kabel body abis itu semua mati saat kontak on yang bunyi krik" di relay warna hitam ,,tapu kalo relay warna hitam itu di cabut spedo meter sama indikator nya nyala tapi motor nya gak bisa nyala itu kenapa ya mas🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada kabel konslet, cek kabel² lampu kota nya.

      Delete
    2. Iya mas ada kabel item oren ngelupas nempel ke sasis udah di benerin tapi tetap gak mau idup

      Delete
    3. Di cek lagi, ada yg lain munkin.
      Saat di stater cek busi ada api nya ndak?

      Delete
  40. Maaf mas mau tanya, ini soal motor beat eep, warna kabel input kunci kontak yg dari rumah sekering warna apa ya.. ? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input bukan dr sekring, tp dr ecm. Warna merah/hitam.

      Delete
  41. Malem.mas
    Motor saya beat esp
    Nah sudah saya ganti relay utama dengan yg baru,setelah saya on kunci kontak gk ada bunyi klik dr relay utama
    Setelah saya sambung kabel hijau putih yg di sekering dengan hijau baru bunyi klik
    Yg rusak ECM atau apanya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kabel aman ,Ecm rusak,

      karena kabel hijau putih memang ke massa, tp massa nya di carikan oleh ecm

      Delete
  42. Maaf mas mau nanya. Beat esp saya sekringnya meleleh. Mulanya mau dikasih kunci rahasia lewat nyambungin kabel tapi gagal jadi motor mati total. Sekringnya putus. Setelah ganti sekring motor kembali normal. Selang sebulan motor matot lagi kalo kontak di On. Sudah di servis dan nyala kemudian kendalanya lampu depan sering mati padahal nggak putus. Di cek sikringnya meleleh. Kira kira kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kabel yg di gabungin kali, jadi arus nya over..

      Delete
    2. Sudah di cek mekaniknya kabel oke semua. Tapi kalau kondisi box sekring berkarat apakah berpengaruh mas? Nuwun

      Delete
  43. mas motor saya vario 2015 jika kunci kontak di on kan lampu utama kedip kedip sama spedometer ga hidup, kelakson lampu sein juga ga hidup dan relay yang 4 kaki bunyi terus mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  44. Selamat pagi mas
    Mau tanya motor beat 2016 esp

    Lampu indikator ga nyala smua.kabel kontak ga ada arus.sekring 10 ampere ga ada arusnya smua.relay uda ganti smua.motor hy bisa kick stater.apakah ecunya?
    Apakah kalo ecu rusak motor masih bisa hidup?
    Sama gimana cara ngecek relay utama saat terpasang di dudukanya,apakah ada arus yg masuk apa tidak,cara ngeceknya gmn.puyeng bgt.bengkel uda ga bs.mksih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana ya, terlalu ribet kalau posisi kepasang. Intinya kabel hitam. kalau posisi di lepas ke sini
      https://www.kum3n.com/2018/03/cek-relay-kaki-4-dan-5-motor-injeksi.html

      Coba perhatikan jalurnya di diagram ini
      https://www.kum3n.com/2017/12/diagram-pengapian-beat-fi-esp.html

      Delete
  45. Mas saya mau tanya motor saya beat esp.berawal dri saya pasang klakson keong trus ada abel yg nyenggol bodi trs spedo gx mau nyala. Relay utama udah d ganti sama yang baru ttep aj gx mau nyala.pas saya jemper bru bisa nyala tapi d posisi d posisi of klakson tetep bisa nyala.kira2 apanya y mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung anda ambil arus ke klakson nya dr mana.

      Delete
  46. Mas pencerahanya fungsi 4 kabel kontak di beat esp apa ya..
    Soalnya punya saya rusak, aku ganti rumah kontak yang hanya 2 kabel, terus jadinya yang 2 kabel lagi aku sambung permanen ga lewat kontak.
    Bisa.. Tapi kok jarak 3 hari lampu depan mati.
    Apa itu pengaruh mas?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  47. Mas sya mau bertaxa apa yg mexebabkan klakson weser dan statertangan kadan xala kadan tidak padahal saya sudah chek sikring tidak ada yg putus. Pada motor honda beta f1

    ReplyDelete
  48. mas ini saya mau tanya kejadian 2hari ini
    motor saya beat ESP

    udah lebih sebulan saya pakai lampu tembak, kelistrikan saya buat sendiri dari jalur kontak api menggunakan 2 relay karna saya pake 2 lampu,, itu pun normal ga ada masalah apa,,

    setelah.. mulai masuk musih penghujan.. tiba2 sikring mati / kebakar, udah ane ganti lampu2 kembali normal sediakal,, lampu tembak kalau malam ku pakai,, karna gelap daerah punya saya,,

    baru tadi kejadian lagi sekitar jam setengah 2,, saya nyoba idupin lampu,, itu awal baik,, sekitar jalan 200 meter tiba2 semua di indikator atas kedip2 mati2.. di tambah mesin kaya di mati2in gitu,, sampai akhir nya mesin mati , bagian atas indikator juga mati,,,
    saya kontak.. seperti awal sekring mati,, di kontak semua off..


    tapi yg beda ketika di selah/ di hidupin manual
    indikator di atas normal mas,, sein2, klakson spedo hidup.. itu kalau mesin hidup,,

    kalau mesin mati,, juga ikut mati indikator nya..


    apa mungkin jalur yg saya buat,, api + groun . ada yg konsel ya bang ?

    ini saya belum sempat cek,

    ReplyDelete
    Replies
    1. penambahan beban yg berlebih tidak di sarankan pada motor injeksi, krn akan mengganggu arus ke ECM,

      cek lagi kabel nya, pastikan gak ada yg terkelupas. tapi kayaknya itu relay utamanya bermasalah, di periksa dulu.

      kalau bisa ambil arus ke lampu tembak nya jangan dari kontak, ambil dari lampu kota, tapi seperti yg sudah saya katakan, di motor injeksi tidak di sarankan di beri banyak beban, banyak kok akibat lampu tembak, malah ecm rusak.

      Delete
  49. Permisi kalau lampu injrksi nya gak mati2 apa nya ya pak...beat..street..

    ReplyDelete
  50. Min mau nanya ane kan ada motor scoopy new esp nah lampu depan nya itu kadang idup kadang mati pas di coba tes pke lampu tester ilang masa ,tp pas di coba smbung masa langsung sekring nya putus,itu penyebab nya apa yaa min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa relay nya yg rusak apa jalur kabel masa nya, soal nya kan itu kabel soket nya putih hijau buat masa nya

      Delete
    2. mudah nya gini saja, pinjam relay yang benar2 bagus,

      tp kalau masih sama, kabel putih hijau itu memang massa, tapi dia di carikan ecm,

      jadi misal masih sama saja saat ganti relay, kemungkinan besar ecm russak.

      Delete
  51. beat esp ...
    kabel koil tidak ada api .
    ecu baru .
    kedipan miL tidak ada ..

    troubel nya apa ?

    ReplyDelete
  52. Min mau nanya motor beat street,kalau di hidupkan kunci kontak indikator semua tidak hidup,tapi kalau di engkol hidup ,mohon info nya min

    ReplyDelete
  53. Mas kalo kabel hitam putih dan hitam merah posisi of kontak tetep ada listrik knpa ya jadi lampu spido meter hidup terus terus motor brebet ga nembak nembak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ecm konslet, tp pastikan gak ada kabel yg jadi satu..

      Delete
  54. Mas mau tanya , motor saya beat pgm fi 2016 , saat di on kan ,,kelistrikan tdk ada yg hidup :
    1. Lampu spido mati
    2. Klakson mati
    3. Sein dan yg lainnya jg mati
    padahal 1 jam sebelumnya motor normal bs jalan . Di kick starter juga gak mau hidup , kira2 itu apanya ya ?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kabel kontak nya, dan cek kabel yang di soket ecm, seperti ini https://www.kum3n.com/2019/10/beat-esp-konta-norespon.html

      Delete
  55. Indikator mill hidub terus tampa kedip walopun udah di riset .dan lampu eco mati

    ReplyDelete
  56. Lampu spidometer honda beat 2015 menyala terus......itu apanya gan

    ReplyDelete
  57. Lampu spidometer honda beat 2015 menyala terus......itu apanya gan

    ReplyDelete
  58. Mas saya mau tanya klo mau pasang lampu led sebaiknya ambil dari positif dari jalur mana trims

    ReplyDelete
  59. Bos motor sayan beat esp 2017 kenapa kontak off tapi klakson sama lampu senja nya tetep nyala padahal sikring masih pada bagus..

    ReplyDelete
  60. Mas, itu gambar yg atas kan ada kabel hijau hitam, masuknya dimana & kabel apa ya?

    ReplyDelete
  61. Gan mau tanya saya beat esp tahun 2016 dengan keluhan di kontak on semua enggak nyala padahal aki bagus sekring aman jadi harus engkol, tapi pada saat motor nyala saya tekan tombol start sama rem ada bunyi di box sekring dan motor mati kira² kenapa ya gan

    ReplyDelete
  62. Gan mau nanya permsalahan pada beat esp tidak bisa stater karena drop accu , setalah diengkol bisa hidup jalan normal kemudian dimatiin kontak dan stater bisa kemudian stlah kontak off beberapa menit tidak bisa distater lagi.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas motor beat fi stater kasar pengapian koil hilang stater juga nggak mau api aki pun jaga habis di goyang kotak sekringnya kadang ada api koil kadang hilang lagi api koil nya

      Delete
    2. Kemungkinan ya itu di soket kotak sekring bermasalah

      Delete
  63. Kabel merah item kontak beat fi pas dionin pake konci kok ga idup yah mas, kalo pas dilangsungin baru dia nyala

    ReplyDelete
  64. Sore lur beat fi esp, coil keluarin asap Putih, dan kabel Hitam Putih di coil di Arus y, lama mati

    ReplyDelete
  65. Sore bos beat street fi 2018, motor tiba" mati pas dipakai indikasi tegangan aki turun perlahan terus mati, pas dicek aki masih bagus, kabel juga sudah di perbaiki yg putus masih sama maslahnya, kira" apanya ya bos??

    ReplyDelete
  66. bang, kalau sekring 5A sering putus kenapa ya? perkabelan aman semua. kira2 bagian mana yang kena ya bang?

    ReplyDelete
  67. Bang mau tanya , motor saya beat fi stater alus klo gk salah 2016, kontak on tidak nyala tidak bisa stater tidak bisa klakson
    Setelah disela/engkol saya kecilkan gas sampai mati dengan kontak masih on, abis mati semua masih on kelistrikan nya bakan stater juga bisa, tapi klo kontak off lalu ke on harus dingkol lagi

    Btw 3kali ganti sikring kontak dan sekarang bukan si sikring lagi masalahnya

    Kira kira apa ya bang..
    Semoga dijawab pertanyaanku yg udah 2thn gk ketemu solusi... Atas jawaban nya saya ucapkan terimakasih banyak dan semoga dimudahkan segala urusan nya... Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kasus seperti ini pernah saya temui,

      1, relay utama
      2, kabel yg menuju ecm ada yang semi putus, cek di bagian tekukan

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.