Cara yang benar saat mengisi air zuur di battery tipe VRLA



Aki di motor-motor pengeluaran saat ini memang menjadi salah satu part vital, bukan hanya sebagai penyetabil sistem beban tapi karena kebanyakan motor sekarang sudah menggunakan sistem pengapian tipe DC dan sistem fuel injeksion.

tapi yang akan kita bahas kali ini bukan sistem pengapian ataupun sistem injeksinya ya lur, kum3n.com hanya akan memberikan tips saat mengisi air zuur di battery VRLA / aki kering.

Baca juga:
Jenis dan fungsi battery pada motor

Memang saat membeli aki kering ada yang sudah di isi air zuur dan di tutup dari pabrikan, tetapi ada juga yang air zuur nya terpisah, jadi kita mengisi sendiri agar aki bisa di gunakan.

Artikel ini saya tulis karena sering nya menemui aki yang mati padahal baru saja di ganti.

Setelah di periksa, ternyata penyebabnya air akinya bocor yang menyebabkan aki cepat mati.

Biasanya ini di sebabkan saat mengisi air zuur nya salah, jadi penutup aki buru-buru di pasang padahal air baru dalam proses penyerapan. Sedulur tau tidak, saat proses tersebut air aki akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil.

Naah jika saat proses itu kita tutup lubang nya, akan berakibat tekanan dari gelembung memaksa keluar lalu terjadi kebocoran dan air akan keluar.

Berikut ini kum3n.com akan memberi tips agar aki kering anda tidak bocor.

Proses pengisian air zur di aki kering.

Pertama kita buka dahulu segel dari pabrikan.
Lalu tancapkan air zuur yang sudah di sediakan di box aki,



Di proses ini anda biarkan sampai 20 menit, jika air masih belum habis lalu tepuk-tepuk wadah air zuur nya sampai habis.

Setelah air habis lalu tutupkan penyegel nya tetapi jangan rapatkan dahulu, agar proses penyerapan selesai. Karena kalau anda rapakan nanti air akan bocor dan keluar di sebabkan gelembung tadi.



Biarkan minimal 30 menit, kalau saya biasanya sampai 2-3 jam.

Baca juga:
Tips saat melepas dan memasang aki.

Setelah itu rapatkan tutupnya sampai benar-benar rapat,
Naah saya jamin pasti aki kering anda tidak akan bocor dan awet.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments