Jalur Sistem Pengapian dan Penerangan Suzuki Satria F

Nek ora FU ora I love you,..🎵🎵 oooops teko-teko kok nyanyi. 😂 Haha.
Selamat malam dulur, di update artikel kali ini kita akan membahas jalur sistem kelistrikan di motor suzuki Satria F lur. Mumpung ada motor satria yang lagi di benerin dan saya lihat kelistrikan nya masih standar pabrik, ya saya catat saja. Buat catatan kita kalau nanti ada trouble kelistrikan di motor ini. 🤔

Motor Satria F ini cukup tenar di kalangan ABG ya lur, banyak tuh anak-anak SMA yang pada minta ortunya sampai minggat biar di beliin. Haha kasihan ya..

Laah malah bahas ke mana-mana, intinya di artikel ini kita akan memberikan foto warna kabel spul, CDI, dan kiprok beserta jalur kabel nya. Ok langsung saja.

Warna kabel Spul Suzuki Satria FU dan fungsinya.



Keterangan Gambar:
Bu/Y = biru/kuning.
W/R = putih/merah.
Y/W = kuning/putih.
G/W = hijau/putih.

Penjelasan warna Kabel spul.
Biru/Kuning = kabel pulser dari spul menuju CDI.
Putih/Merah = kabel pengisian dari spul menuju Kiprok.
Kuning/Putih = kabel penerangan dari spul menuju kiprok.
Hijau/Putih = Kabel massa dark spul menuju CDI.

Warna kabel CDI Suzuki Satria FU dan fungsinya.



Keterangan Gambar.
G/W = hijau/putih.
Bu/W = biru/putih.
O = orange.
Bu/Y = biru/kuning.
Bl/W = hitam/putih.
W/Bu = putih/biru.

Penjelasan Warna kabel CDI.
Hijau/putih = massa CdI dari spul.
Biru/putih = Tachometer menuju spedo.
Orange = arus 12v setelah kontak On.
Biru/kuning = kabel pulser dari spul.
Hitam/putih = kabel massa body.
Putih/Biru = kabel output menuju Coil.

Baca juga:

Warna kabel Kiprok Suzuki Satria F dan fungsinya.



Ketarangan gambar kiprok suzuki satria F.

Bl/W = hitam/putih.
Y/W = kuning/putih.
W/R = putih/merah.
R = merah.

Hitam/putih = massa body.
Kuning/putih = kabel penerangan dari spul.
Putih/merah = kabel pengisian dark spul.
Merah = arus 12v aki.

Nah itulah warna kabel dan fungsinya dari spul, CDI, dan Kiprok di motor suzuki satria F.

Jika ada yang membingungkan mari kita bahas di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Terimakasih


Comments

  1. Jalur yang ke kuil gk kluar api...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satria fu... Jalur yang ke kuil gk keluar api...??

      Delete
  2. Bang maaf mau nanya...klo dr sepul ada pengapian...tp di sambungin ke koil ilang apai nya knp bos...udah ganti koil baru jg ilang..td nya nyala mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya gmn, saya gagal paham, di urut lagi jalurnya

      Delete
  3. troble. aki tidak mengisi...spul kiprok udah di ganti baru tapi masi tetap pengisian aki tekor..kira kira apa ya.trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa aki motor hidup? Kalau iya, akimu yg gak bagus

      Delete
    2. Penyakit sama,, mentok di 12volt pas gas di geber

      Delete
    3. Cek spul, kiprok. Ganti ori bila perlu.

      Delete
    4. Bang motor saya Fu barong..

      Kenapa ya aki nya cepat tekor padahal udah ganti kiprox

      Delete
    5. cek spul, dan munkin akinya bisa jadi sudah lemah

      Delete
  4. Bang ...mf mau tanya. Setelah kunci kontak tak ganti baru ko malah ga bisa di setater &sepedo nya ga nyala .Terus saya slah mesin hidup & sepedo nya nyala gak terlihat kwh. Nya...
    Itu kenapa Bang?

    ReplyDelete
  5. Bang mau tanya nih motor satria f ane trouble di pengisian aki, kiprok udah ganti, sepul ganti, aki bagus tapi pas starter drop terus, itu kenapa ya bang?

    ReplyDelete
  6. Bang kalo motor fu tidak bisa ngecas aki, apa pnyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki msih bagus, tanpa aki motor tetap hidup

      Delete
    2. Aki msih bagus, tanpa aki motor tetap hidup

      Delete
    3. Tanpa aki kabel merah (di + aki) ada arus ndak?

      Delete
  7. Klo mau buat lapu led biar dc .
    d kiprok kabel warna kuning d cabut dan d sambung k +kunci kontk apa bener .?jadi masalh ga klo lampu depan d bikin dc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gitu, tp nanti aki akan cepet drop, jd harus ubah ke fullwafe

      Delete
  8. Fu ane kalo di gas RPM tinggi langsung mati om, los mesin mati, kelistrikan mati.
    Di kontak baru hidup lagi.
    Mohon pncerahan solusinya om

    ReplyDelete
  9. Bang mau nanya kalo montor tanpa aki montor mberet knapa bang? Trimakasih sebelumnyA

    ReplyDelete
  10. Kalo CDI nya berarti harus ganti ya bang?

    ReplyDelete
  11. Solusinya mas pakek projie biar aki ngak cepet drop gimana ya caranya?

    ReplyDelete
  12. Bg mau tanya ni klo pengapian ke busi hilang apa yg rusak ya? Padahal kuil sama CDI udh di ganti tapi blm ada juga api yg keluar ke busi nya...
    Sebelum nya hidup normal pakai batrai..
    Klo ngk pakai batrai hidup juga tapi klo di gas mati sendiri motor nya kayak kehabisan minyak

    ReplyDelete
  13. Bang kalo rpm spedo satria djarum nya gak naik pas di gas itu kenapa yha, kalo waktu kontak di on nin dia mau naik, tpi kalo pas di gas dia gak naik sama sekali apanya yg rusak bang ??

    ReplyDelete
  14. Pagi bang,kalau fu rakitan 2010 itu cdi nya tipe AHO atau Non AHO ya,dan kalau koil tidak ada mengeluarkan api tapi kabel yang dari cdi Ke koil ada apinya,padahal koilnya baru diganti.itu kira kira masalahnya ada dimana ya bang.mohon pencerahannya.makasih😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cdi ke coil ada berati bisa di pastikan coil nya, cobakan coil lain yg bener² sehat

      Delete
  15. bang mau tanya. Knapa ya fu saya angkatan pertama atau pas di gas spontan langsung mati. Speknya karbu pe28,stang seher punya megapro deng piston ukuran 6,6.

    ReplyDelete
  16. Bang efek magnet dibubut apa yya ,apa kah ngaruh kepenerangan lampu ,soal.nya satria fu punya gue pdhal udah ganti spul kiprok aki baru ori semua ,tpi lampu tetap putus" trus ,mohon pencerahan.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di bubut apanya.? Harusnya sih enggak..
      Coba cek lagi kabelnya.. trutama kuning/putih dr spul harus ke kiprok lalu baru cabang ke saklar lampu.

      Delete
  17. Mas kinci fu saya ilang solusinya lepas kabel yang warna apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lepas cover lampu, cari cabel merah dan orang lalu jumper jadi satu.

      Delete
  18. Mas..sya masih bingung sama penerangan jalurnya dari mana? Kok di kiprok yang ada hanya kabel pengisian dari spul dan ke aki,massa dan penerangan dari spur,trus kebel penerangan ke lampu dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penerangan lam[pu di cabang dari kabel penerangan yang dari spul, jd kabel penerangan yang dari spul bercabang ke kiprok dan ke saklar lampu

      Delete
  19. mas mau tanya fu saya mogok Uda cek busi, karburator,api juga ada gak bisa juga,,terakhir baterai di lepas fu nya hidup,,,masalah apa y mas,,🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu baterai di pasang tidak hidup,,baterai di cabut motor hidup tapi brebet begitu di sambungkan lagi ke aki normal lagi,,

      Delete
    2. Di urutkan lagi, memang ini tipe pengapian DC, tp tanpa aki pun motor tetap bisa hidup

      Delete
    3. tadi Uda d cek mas,,waktu di hidupkan dengan kick starter dalam keadaan menggunakan baterai, apinya yang keluar dari koil besar,,tapi ketika tidak pakai baterai api tidak ada mas,,,

      Delete
    4. kan sudah saya bilang cek kiprok, ada yg bermasalh di jalur pengisian mnurut saya

      Delete
  20. mas mau tanya motor fu saya dari koil gakeluar api dari cdi ga keluar api padahal cdi baru. aki baru. apa mungkin dari spul at pulser?
    cara cek tanpa alat multi tester gmana ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. input arus ke cdi sudah ada belum? kabel orange, kalau sudah ada bisa jadi pulser nya

      Delete
    2. Mau tanya kabel orange dari kiprok ke cdi keluar..tpi cdi ke koil ndak keluar itu apanya,,pulsernya apa gimana?

      Delete
  21. Sebelumnya pas nyala rpm atas ndak kuat knalpotnya meletus²

    ReplyDelete
  22. Lampu depan dan belakang sya di satria fu tidak hidup...setelah saya cek ada yg putus kabel di swict nya..apa boleh kabel kuning nya saya satuakan

    ReplyDelete
  23. Pada suzuki satria fu 2011...
    Troble : lampu depan dan belakang mati total.
    Setelah di periksa :saya menemukan ada kabel warna kuning yg berada di dalam switch lampu ada yg putus..setelah saya gabungan kan yg ptus tsb ke kabel warna kuning lampu saya hidup normal,akan tetapi lampu nyala terus dan tidal bisa di matikan melalui swict...apa yg terjadi apa bila saya ttp gbungkan smentra teima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak papa, munkin nanti efek nya di keawetan lampu, krn dia hidup trus.

      Delete
  24. Mau tanya bang. RpM speedo pas ngontak kalibrasi nah pas di gas mentok diangka 1 ga naek2 .kiprok udh gantian .lampu projie sering tekor juga ..itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba urut dulu kabel rpm nya,

      Soal lampu, jika make variasi kayak gt, harus rubah ke sistem fullwave biar aki gak tekor.

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.