Memahami Jalur Kabel pada Kiprok Honda Beat FI lama

Assalamualaikum bro, selamat malam. Pada update catatan kali ini kita akan membahas tentang jalur di kiprok Honda Beat FI lama, atau keluaran pertama yang masih stater kasar.

Pada motor beat fi keluaran pertama ini kiprok masih di pisahkan dengan ECM, tidak seperti pada beat FI generasi selanjutnya yang sudah lebih canggih.

Ok agar lebih mudah akan saya beri gambar kiprok nya.

Warna kabel kiprok Beat FI lama dan jalur nya.


Di kiprok tersebut terdapat 5 kabel, sekarang akan saya uraikan kemana saja jalur kabel tersebut.

Penjelasan Gambar.

W = kabel W "putih" ini dari spul, yang berfungsi sebagai spul pengisian, arus dari spul ini masih bertegangan AC (bolak balik) yang nantinya akan di ubah menjadi arus DC (searah) oleh regulator (kiprok).

Y = kabel Y "kuning" di cabang dari kabel putih dari spul, kabel ini berfungsi sebagai arus penerangan, dan kabel ini akan menuju ke saklar dimmer.

G = kabel G "hijau" sebagai massa body. Efek kabel massa di kiprok ini jika terputus juga sangat fatal, saat di kontak posisi ON motor tidak akan bereaksi walaupun dalam keadaan aki terpasang, jadi bisa diartikan mesin juga tidak dapat di hidupkan.

R/B = kabel R/B "merah/hitam" ini dari kiprok menuju ke kontak sebagai input nya (kontak). Kabel ini sudah ber arus DC hasil dari pengolahan regulator.

NB : saya melakukan pengecekan pada kabel tersebut dengan aki terpasang yang haasil nya di kabel tersebut langsung ada arus dari Aki.

Dan saat saya melepas aki, otomatis tak ada arus jika motor dalam keadaan mati, tapi saat mesin di hidupkan, kabel merah/hitam terdapat arus 12V DC.

R/W = kabel R/W "merah/putih" ini akan menuju ke (+) aki yang melalui sebuah sekring 15A. Kabel ini juga hasil dari pengolahan regulator/kiprok menjadi arus DC.

NB : pengecekan pada kabel R/W dalam keadaan motor terpasang aki, otomatis akan langsung ada arus 12V aki. Karena memang kabel nya menuju ke sana.

Tapi saat pengecekan kabel R/W dalam kondisi aki di lepaskan, kabel ini akan ada arus saat kita hidupkan mesin atau menyelah-nyelah dengan kick stater nya.

Jika di motor beat FI anda mengalami sering drop aki, coba anda periksa kabel merah/putih ini harus ada arus saat kita selah-selah kick stater dalam keadaan aki terlepas. Karena kabel ini yang akan mengisi Aki.

Membingungkan apa tidak sih penjelasan saya? Pokoknya di baca pelan-pelan sambil di praktekkan saja agar lebih mudah ya bro. Karena hanya segini kemampuan saya menjelaskan 🤭.

Baca juga

Sedikit bocoran, di motor Honda Beat FI lama ini sering terjadi trouble pada kabel stator atau spul nya sering putus karena tercepit klaim, biasanya yang terjadi pengisian aki tidak normal, motor sering mati sendiri. Saya pernah membahas nya di artikel kabel stator Beat FI sering terjadi putus.


Munkin itu saja yang bisa saya uraikan, jika masih bingung mari diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Maturnuwun..


Comments

  1. Kalau awam rasanya rumit ya..padahal bagi mas umam itu mekanan sehari hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Munkin artikel di sini hanya bisa di pahami orang yg bergelut di bengkel jg ya 😂.

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.