Memahami Jalur Kabel pada Kiprok Honda Beat FI lama

Assalamualaikum bro, selamat malam. Pada update catatan kali ini kita akan membahas tentang jalur di kiprok Honda Beat FI lama, atau keluaran pertama yang masih stater kasar.

Pada motor beat fi keluaran pertama ini kiprok masih di pisahkan dengan ECM, tidak seperti pada beat FI generasi selanjutnya yang sudah lebih canggih.

Ok agar lebih mudah akan saya beri gambar kiprok nya.

Warna kabel kiprok Beat FI lama dan jalur nya.


Di kiprok tersebut terdapat 5 kabel, sekarang akan saya uraikan kemana saja jalur kabel tersebut.

Penjelasan Gambar.

W = kabel W "putih" ini dari spul, yang berfungsi sebagai spul pengisian, arus dari spul ini masih bertegangan AC (bolak balik) yang nantinya akan di ubah menjadi arus DC (searah) oleh regulator (kiprok).

Y = kabel Y "kuning" di cabang dari kabel putih dari spul, kabel ini berfungsi sebagai arus penerangan, dan kabel ini akan menuju ke saklar dimmer.

G = kabel G "hijau" sebagai massa body. Efek kabel massa di kiprok ini jika terputus juga sangat fatal, saat di kontak posisi ON motor tidak akan bereaksi walaupun dalam keadaan aki terpasang, jadi bisa diartikan mesin juga tidak dapat di hidupkan.

R/B = kabel R/B "merah/hitam" ini dari kiprok menuju ke kontak sebagai input nya (kontak). Kabel ini sudah ber arus DC hasil dari pengolahan regulator.

NB : saya melakukan pengecekan pada kabel tersebut dengan aki terpasang yang haasil nya di kabel tersebut langsung ada arus dari Aki.

Dan saat saya melepas aki, otomatis tak ada arus jika motor dalam keadaan mati, tapi saat mesin di hidupkan, kabel merah/hitam terdapat arus 12V DC.

R/W = kabel R/W "merah/putih" ini akan menuju ke (+) aki yang melalui sebuah sekring 15A. Kabel ini juga hasil dari pengolahan regulator/kiprok menjadi arus DC.

NB : pengecekan pada kabel R/W dalam keadaan motor terpasang aki, otomatis akan langsung ada arus 12V aki. Karena memang kabel nya menuju ke sana.

Tapi saat pengecekan kabel R/W dalam kondisi aki di lepaskan, kabel ini akan ada arus saat kita hidupkan mesin atau menyelah-nyelah dengan kick stater nya.

Jika di motor beat FI anda mengalami sering drop aki, coba anda periksa kabel merah/putih ini harus ada arus saat kita selah-selah kick stater dalam keadaan aki terlepas. Karena kabel ini yang akan mengisi Aki.

Membingungkan apa tidak sih penjelasan saya? Pokoknya di baca pelan-pelan sambil di praktekkan saja agar lebih mudah ya bro. Karena hanya segini kemampuan saya menjelaskan 🀭.

Baca juga

Sedikit bocoran, di motor Honda Beat FI lama ini sering terjadi trouble pada kabel stator atau spul nya sering putus karena tercepit klaim, biasanya yang terjadi pengisian aki tidak normal, motor sering mati sendiri. Saya pernah membahas nya di artikel kabel stator Beat FI sering terjadi putus.


Munkin itu saja yang bisa saya uraikan, jika masih bingung mari diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Maturnuwun..

Comments

  1. Kalau awam rasanya rumit ya..padahal bagi mas umam itu mekanan sehari hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Munkin artikel di sini hanya bisa di pahami orang yg bergelut di bengkel jg ya πŸ˜‚.

      Delete
  2. Ass. Mas saya mau tanya, motor beat fi 2013 saya mati, saya cek dri spul, kabel putih ada arus, kabel kuning tdk ada, kabel putih kuning tdk ada. Gmna ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel putih dia spul pengisian, sedang kuning dan putih/kuning 2 kabel itu milik pulser, ngecek nya pakai multi.

      Delete
  3. Punya saya beat f1 stater kasar dari koil ada ada api tapi kecil kadang nggk ada . Dan tidak bisa hidup

    ReplyDelete
  4. Motor saya Beat injeksi PGMFI, aki motor sya sering tekor, ada yg tahan dua hari, satu minggu & satu bulan (sampai 3 kali saya ganti aki baru), sya sudah periksa ke ahhas, katanya semua arus pengisian normal, mlah disaranakan ganti aki baru, saya pun beli, tak lama dari itu tekor lagi, tiba2 mati total, lampu mati satater mati, tpi klo pke stater belakang masih hidup. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum..
    Om kalau beat fi lama ini pakai kiprok Yamaha 4 pin apa bisa. Karena ga ada jalur kontak.

    ReplyDelete
  6. Apakah RB dan RW bisa digabungin kalau ingin mengganti kiprok dgn 4 pin? yg hanya ada Kabel Putih, Hitam, Merah, Hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngakalinnya gitu soalnya kabel rw arusnya kurang dari 12v, tapi kabel rb arusnya 12v, akhirnya saya gabungin berharap aki tidak cepat tekor, karena mahal kiproknya πŸ˜‚

      Delete
  7. Saya punya beatFI stater kasar, cara merubah arus dc lampu depan, ngambil dari kabel mana yah.

    ReplyDelete
  8. Gan beat fi saya aki tekor terus....tp setelah ganti aki Baru dan Kiprok Baru tp tetap tekor aki nya.... Kira2 penyebabnya apa ?! (Ndase Mumet Gan 😴)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa aki motor hidup ora bos?

      Delete
    2. Maaf saya ikut koment nya. Kalo tanpa aki ga nyala, seolah-olah aki ga ngisi. Itu kenapa ya gan ? Kasus sama seperti mas waud. Trims

      Delete
    3. Maaf saya ikut koment nya. Kalo tanpa aki ga nyala. Seolah-olah aki ga ngisi? Itu kenapa ya gan? Kasus sama seperti mas waud. Trms

      Delete
    4. Cek jalur pengisian, biasanya dr spul kabel nya semi putus

      Delete
  9. Saya punya beat FI 2013,kabel putih ada setrum max 24V AC, tapi kabel kuning cuma 6 V DC
    Lampu depan mati

    ReplyDelete
  10. Motor saya beat fi lama 2012, mau tanya klo nyalain sen sm klakson berbarengan kenapa kayak aki lemah ya? Padahal aki baru, masalahnya dikabel yg mana ya?

    ReplyDelete
  11. Gan ..kiprok k25 dan kzl sama gak? Krna soket nya sama2 5p tksπŸ˜”

    ReplyDelete
  12. Bang mau nanya, aki motor saya sering drop, saya udah cek kabel dari spul panas sama regulator juga ikut panas, itu masalahnya dimana ya bangπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg konslet munkin, harus cek urut dari kabel spul

      Delete
  13. Mf om saya mau tanya nih kalo bit f1 THN 2014 statar kasar pengisian acunya berlebihan dan acu jg panas saya udah 3 x beli acu baru dan koprok panas itu bagian yg mana ya om yg harus di cek makasih sebelumnya πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  14. Om mau nanya beat fi saya keluar kode 7,8dan12.. sensor tp jalur injektor sama ISC.. semua udah d ganti bahkan sama kabel bodinya.. tapi tetep ga mau nyala.. setater ga mau idup

    ReplyDelete
  15. mau tanya apa kalau lampu kepalanya kurang terang bisa ada masalah di kiprok nya ga,, soalnya aki baru lampu baru masih aja kurang terang . malah sering banget ganti lampu kepala

    ReplyDelete
  16. Mas mau tanya motor saya beat fi 2013, kalo lampu kota nyalanya ga terang kenapa ya kira²? Udah coba saya ganti baru tapi nantinya redup lagi mas cahaya nya. Apakah harus saya ganti arusnya ke dc? Tapi takut aki tekor.. :).

    ReplyDelete
  17. Mau tanya mas , memangnya beat fi ,waktu keadaan mesin hidup ,lalu kita lepas salah satu kutub akinya , mesinnya mati ,? atau tetap hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap hidup, namun kalau mati, coba cek brp voltase pengisian nya, selama masih di atas 13v, berarti aman

      Delete
  18. om numpang tanya, Beat injeksi tahun 2014 trouble sama sekali ga ngisi akinya, aki full dinyalain sejam langsung turun ke 10 volt dalam waktu sejam, di cek kabel warna putih di kiprok. Jika langsam tegangannya 13 volt tapi jika di gas bisa sampe 16 volt, kabel RB/RW 12VOLT, kira kira apanya ya??

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.